Menu
Arm-Chair

Bendahara dan Kontroler Keuangan

Perbankan & Keuangan


  • Gaji rata-rata

    4.4jt - 6.6jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Bendahara dan Kontroler Keuangan?

Bendahara dan Kontroller bertanggung jawab dalam mengendalikan dan mengawasi keuangan perusahaan, tetapi mereka punya peran yang berbeda. Controller biasanya berkonsentrasi pada apa yang sudah terjadi di dalam sebuah perusahaan. Mereka menyiapkan pernyataan finansial dan laporan lain, berdasarkan kegiatan yang sudah berlalu. Bendahara fokus pada pada luar perusahaan dan berinteraksi dengan para bankir, pemegang saham dan calon investor yang menyediakan modal. Namun baik bendahara maupun kontroler sama-sama mengarahkan kegiatan finansial, seperti perencanaan, perolehan, dan investasi dari sebuah perusahaan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.4jt - 6.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Pimpinan Finansial (CFO)
Pimpinan Finansial Sekolah
Pengarah Keuangan
Direktur Keuangan
Manajer Keuangan
Wakil Presiden Keuangan
Pengendali
Bendahara

Tugas

Mengawasi pegawai yang mengerjakan laporan keuangan, akuntansi, tagihan, daftar gaji dan anggaran
Mengatur dan mengarahkan perencanaan keuangan, pembuatan anggaran, pemerolehan, dan investasi keuangan semua atau sebagian dari perusahaan
Mengembangkan aturan pengendalian, panduan dan prosedur internal untuk aktivitas semacam administrasi anggaran, manajemen tunai dan hutang, serta akuntansi
Memiliki pengetahuan terkini tentang peraturan, imbauan dari negara, standard akuntansi saat ini
Menyiapkan atau mengarahkan persiapan pembuatan laporan keuangan, laporan aktivitas bisnis, prediksi posisi keuangan, anggaran tahunan, dan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh lembaga yang berwenang

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.

Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cerita terkait profesi ini

Aulia Suryantari

PT PLN (Persero) Kantor Pusat

Q:Deskripsi profesi?
A:menganalisa transaksi keuangan perusahaan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©