Menu
Arm-Chair

Search Engine Marketing Spesialis

Pemasaran, Penjualan, dan Pelayanan


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 7.4jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Search Engine Marketing Spesialis?

Ahli dalam bidang pemasaran digital berbasis Search Engine. Bertugas melakukan riset, memahami kata-kata kunci (keywords), dan melakukan pemasangan iklan berbasis teks atau gambar dalam mesin pencari, misalnya Google, BING. SEM Spesialis biasanya membantu fungsi pemasaran digital dengan tujuan meningkatkan awareness, traffic, ataupun konversi penjualan melalui iklan di search engine.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 7.4jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

SEM Specialist
Search Marketer
SEM Manager
Head of Search
Search Engine Consultant

Tugas

Mengeksekusi berbagai kampanye pemasaran digital berbasis Search Engine, mengumpulkan dan menganalisa data serta kata kunci (keywords) untuk mencapai hasil maksimum dari kampanye pencarian di internet
Melacak, melaporkan, dan menganalisa website agar sesuai dengan budget
Melakukan optimasi copy (konten) dan landing laman (halaman pada situs yang pertama dikunjungi konsumen)  untuk marketing mesin pencarian
Meneliti dan mengimplementasikan rekomendasi keyword discovery (kata kunci yang dicari) dari mesin pencari
Melakukan pemasangan iklan untuk kata kunci tertentu dan membuat teks atau kreatif yang sesuai

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 4

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©