Menu
Arm-Chair

Youtuber

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    2.9jt - 10.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Youtuber?

Seorang/ sekelompok orang yang memiliki channel Youtube sendiri, membuat, menayangkan vlog, dan mencari subscribers. Awalnya, Youtuber hanya sekadar hobi, namun kini, bila diseriusi, bisa dijadikan profesi profesional. Seorang youtuber mendapatkan penghasilan dari mesin iklan Google untuk setiap iklan yang ditayangkan dan juga dari klien/brand yang bekerja sama secara langsung.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

2.9jt - 10.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Vlogger
Youtuber
Content Creator for Youtube

Tugas

Mencari ide dan menyusun konsep vlog
Membuat video, baik memproduksi sendiri maupun dengan bantuan (menyewa) pihak lain Kemudian, secara rutin mengunggah vlog
Membuat vlog yang disukai target penonton, sehingga angka trafiic (pengunjung channel youtube) menjadi tinggi, serta  berusaha menarik subscribers (pelanggan) di channel Youtube miliknya
Bertanggung jawab terhadap segala isi vlog dan isi channel Youtube miliknya
Sebagian Youtuber ada yang tampil, bahkan menjadi peran utama, dalam vlog yang mereka unggah

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Persuasi

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 3

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 4

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©