Menu
Arm-Chair

Pengusaha/Wirausahawan

Manajemen dan Bisnis


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Pengusaha/Wirausahawan?

Merencanakan, menjalankan, serta mengkoordinasikan sebuah kegiatan usaha secara independen. Tugas seorang pengusaha meliputi membuat kebijakan, mengawasi jalannya usaha, hingga mengatur penggunaan materi dan sumber daya manusia untuk kemudian bisa dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Entrepreneur
Pengusaha
Wirausahawan
Wirausahawati
Businessman
Businesswoman
Business Owner

Tugas

Menjalankan kebijakan, tujuan, goal, serta prosedur yang ditetapkan perusahaan
Mengawasi dan mengkoordinasikan bagian bisnis, keuangan, produksi, budget (supaya efisien dan maksimal) dalam usaha yang dijalankan
Mengatur pekerjaan pegawai dan melakukan review
Merencanakan dan menjalankan aktivitas usaha yang butuh koordinasi berbagai pihak seperti promosi dan penjualan, serta menerapkan strategi marketing
Memantau supplier dan memastikan mereka bekerja dengan efisien dan efektif seperti yang dibutuhkan perusahaan
Mengevaluasi hasil penjualan, aktivitas usaha dan lainnya untuk mengukur pencapaian perusahaan Kemudian menganalisa bagian yang memerlukan pengurangan atau peningkatan budget

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

  • 3

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 6

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 7

    Reaksi yang Cepat - kemampuan untuk merespon secara cepat (dengan tangan, jari, atau kaki) pada sebuah sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyalnya muncul.

Cerita terkait profesi ini

UTARI OCTAVANTY

PT Aruna Jaya Nuswantara

Q:Deskripsi profesi?
A:menjadi founder dari sebuah startup sama seperti menjadi pengusaha pada umumnya, yaitu mendirikan usaha yang menguasai ilmu manajemen mulai dari keuangan, produksi, sumberdayamanusia, dll.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©