Menu
Arm-Chair

Manajer Produksi Industri

Manajemen dan Bisnis


  • Gaji rata-rata

    7.7jt - 10.9jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Manajer Produksi Industri?

Mengawasi jalannya kegiatan produksi sehari-hari. Ia merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan kerja dan sumber daya yang diperlukan untuk pembuatan produk sesuai dengan spesifikasi biaya, kualitas, serta kuantitas.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

7.7jt - 10.9jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Area Pembangkit
Manajer Produksi Umum
Koordinator Manufaktur
Manajer Manufaktur
Manajer Pembangkit
Senior Manajer Pembangkit
Manajer Line Produksi
Manajer Kontrol Produksi
Manajer Produksi
Manajer Sub-Pembangkit

Tugas

Meninjau jadwal pengolahan atau pesanan produksi untuk membuat keputusan mengenai kebutuhan persediaan, kebutuhan staf, prosedur kerja, atau tugas-tugas mengingat keterbatasan anggaran dan kendala waktu
Mengarahkan atau mengkoordinasikan produksi, pengolahan, distribusi, atau kegiatan pemasaran organisasi industri
Mengembangkan atau menerapkan pelacakan produksi atau sistem kontrol kualitas, menganalisis produksi, kontrol kualitas, pemeliharaan, atau laporan operasional lainnya, untuk mendeteksi masalah produksi
Mengulas operasi dan berunding dengan staf teknisi atau administratif untuk menyelesaikan masalah produksi atau pengolahan
Memperkerjakan, melatih, mengevaluasi, memberhentikan staf serta mengatasi keluhan personel

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Administratif

Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Matematika

Menggunakan atematika untuk menyelesaikan masalah

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©