Menu
Arm-Chair

Ahli Teknik Energi

Ilmu Pengetahuan & Teknologi


  • Gaji rata-rata

    4.1jt - 7.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Teknik Energi?

Merancang, mengembangkan, atau mengevaluasi proyek atau program yang berhubungan dengan energi untuk mengurangi biaya energi atau meningkatkan efisiensi energi selama perancangan, pembangunan, atau tahap renovasi konstruksi. Dapat mengkhususkan diri dalam sistem listrik; pemanas, ventilasi, dan sistem pendingin udara (HVAC); bangunan hijau; penerangan; kualitas air; atau pengadaan energy.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.1jt - 7.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Proyek Distrubusi Generasi
Ahli Efisien Energi
Ahli Energi
Manajer Energi
Ahli Solusi Lingkungan
Ahli Energi Industri
Ahli Verifikasi dan Pengukur
Ahli Penguji dan Pengimbang

Tugas

Mengidentifikasi peluang penghematan energi dan membuat rekomendasi untuk mencapai penggunaan energi yang lebih efisien
Mengelola pengembangan, merancang, atau pembangunan proyek konservasi energi untuk memastikan penerimaan anggaran dan jadwal, kesesuaian dengan hukum federal dan Negara, atau kepatuhan dengan spesifikasi yang disetujui
Melakukan audit energi untuk mengevaluasi penggunaan energi, biaya, atau tindakan konservasi 
Mengawasi dan menganalisa konsumsi energi
Melakukan pemodelan energi, pengukuran, verifikasi, pelaksanaan, atau pelaksanaan kembali
 

Pengetahuan

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Fisika

Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Cerita terkait profesi ini

Rizal Harun Al Rasyid

PT PLN Persero

Q:Deskripsi profesi?
A:Pengatur jaringan tegangan di APD BANTEN
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©