Menu
Arm-Chair

Teknisi Ilmu Forensik

Hukum dan Kriminalitas


  • Gaji rata-rata

    5jt - 5jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Teknisi Ilmu Forensik?

Mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis bukti fisik terkait investigasi kriminal. Melakukan tes pada senjata atau zat, seperti serat, rambut, dan tisu dalam rangka menentukan arti untuk penyelidikan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

5jt - 5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Analis Laboratorium Kejahatan
Teknisi Tempat Kejadian Kejahatan
Penyelidik Kejahatan
Penguji Ilmu Forensik
Spesialis Forensik

Tugas

Mencatat dan menyiapkan laporan untuk setiap rincian penemuan, metode investigasi, dan teknik laboratorium
Mengumpulkan bukti dari tempat kejadian, kemudian menyimpannya dengan aman 
Memberikan kesaksian di pengadilan mengenai investigasi atau metode/penemuan analitis 
Menggunakan perlengkapan fotografi atau video untuk mendokumentasikan bukti atau tempat kejadian 
Melakukan kunjungan ke rumah duka, memeriksa adegan kejahatan, dan menghubungi sumber lain untuk mendapatkan bukti atau informasi terkait penyelidikan 
 

Pengetahuan

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.

  • 3

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 4

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 5

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©