Menu
Arm-Chair

UI/UX Designer

Digital, Komputer & Informatika


  • Gaji rata-rata

    4.8jt - 8.3jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu UI/UX Designer?

Menciptakan desain interface (antarmuka) guna meningkatkan pengalaman pengguna baik itu untuk aplikasi berbasis web atau mobile. UI/UX Designer harus memiliki kemampuan untuk memahami perilaku pengguna dan memiliki kejelian untuk membangun sebuah desain yang efektif dan efisien untuk pengguna. Selain itu juga memiliki keterampilan menciptakan design UI dan mampu menerjemahkan persyaratan tingkat tinggi berdasarkan pola interaksi pengguna, dan mengubahnya menjadi sebuah user interface yang indah, intuitif, dan fungsional.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.8jt - 8.3jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Web desainer
desainer grafis
UI/UX Designer
mobile developer
desainer Aplikasi

Tugas

Berkolaborasi dengan manajemen produk dan teknik untuk mendefinisikan dan menerapkan solusi inovatif untuk arah produk, visual dan pengalaman
Melaksanakan semua tahap desain visual dari konsep akhir tangan-off untuk engineering
Memberi konsep ide asli yang membawa kesederhanaan dan keramahan pengguna (desain user friendly)
Membuat wireframes, storyboard, arus pengguna, arus proses dan peta situs untuk berkomunikasi secara efektif interaksi dan desain ide-ide
Mempresentasikan desain kepada rekan-rekan dan para pemangku kepentingan tingkat eksekutif

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemrograman

Menulis program komputer untuk berbagai tujuan.

Analisis Sistem

Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

  • 5

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

Cerita terkait profesi ini

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©