Menu
Arm-Chair

Arsitek Jaringan Komputer

Digital, Komputer & Informatika


  • Gaji rata-rata

    4.5jt - 7.2jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Arsitek Jaringan Komputer?

Merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer dan informasi, seperti jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet, extranet, dan data jaringan komunikasi lainnya. Melakukan penelitian dan merekomendasikan jaringan hardware, data komunikasi dan perangkat lunak yang membantu efisiensi dan efektifitas jaringan/komunikasi perangkat Internet dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.5jt - 7.2jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Analis Jaringan
Konsultan Jaringan
Network Engineer
Network Manager
Systems Engineer

Tugas

Merancang dan mengimplementasikan jaringan  komputer dan informasi, seperti jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet, extranet, dan data jaringan komunikasi lainnya
Melakukan pemodelan jaringan, analisa, dan perencanaan Mendesain jaringan dan langkah-langkah keamanan komputer
Melakukan penelitian dan merekomendasikan jaringan hardware, data komunikasi dan perangkat lunak yang membantu efisiensi dan efektifitas jaringan/komunikasi perangkat Internet dalam sebuah perusahaan/organisasi
Menyesuaikan ukuran jaringan untuk memenuhi volume atau kapasitas
Berkomunikasi dengan pelanggan, departemen-departemen terkait untuk menentukan kebutuhan pelanggan

Pengetahuan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Telekomunikasi

Pengetahuan transmisi, penyiaran, peralihan, kontrol, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Analisis Sistem

Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.

Analisis Operasi

Menganalisa kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat desain.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©