Menu

Yuk Intip Karya dan Inovasi Kece Mahasiswa Telkom University Di Indonesia Science Day 2018!

Memperingati hari jadi yang ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar event dengan tema Indonesia Science Days di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) pada 20 - 22 April 2018. Sebagai perguruan tinggi yang fokus pada pengembangan dunia teknologi dan informasi, Telkom University turut andil dengan memamerkan beberapa hasil karya mahasiswa sebagai bentuk kontribusi di bidang ilmu pengetahuan.

Eniwei, PPIPTEK sendiri merupakan wahana yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya siswa untuk bisa belajar dengan baik dan mudah. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Riset Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Nasir pada sambutannya.

"Di wahana ini mereka bisa bermain, tapi juga bisa mendapat ilmu pengetahuan dengan baik."

Di ajang ini, mahasiswa Telkom University menampilkan karya dan inovasi mereka yang sungguh kekinian lagi berfaedah. Beberapa karya tersebut adalah robot Nova, aplikasi cek gula darah (Glucoby), Aplikasi cek Hemoglobin (HBey), Energy Counter, aplikasi game tradional Bakiak, Laser Range Finder, dan troli digital.

Menurut Bapak Menteri, peminatan bidang anak bisa terlihat dari wahana yang disukai. Hal tersebut tentunya dapat membantu wali untuk mengarahkan minat didik kedepannya.

"Coba tanyakan wahana mana yang disuka? Itu akan mencerminkan anak suka di bidang apa saat dewasa nanti." jelas Pak Nasir.

Booth Telkom University pada hari pertama setidaknya dikunjungi oleh ratusan siswa dan mahasiswa yang berkunjung ke PPIPTEK. Termasuk kunjungan Menteri Ristekdikti, yang sempat menjajal aplikasi Glucoby dan HBey. Wah, dari namanya aja udah futuristik banget. Serasa nontong film Sci-fi gitu, hihihi.

Glucoby dan HBey sendiri merupakan sebuah aplikasi yang membantu penggunanya untuk mengecek kadar gula darah dan anemia hanya menggunakan smartphone. Keren abis nggak, sih?

"Semoga PPIPTEK kedepannya mampu mencerdaskan anak bangsa, mendorong anak mencintai ilmu-ilmu pengetahuan dengan cara berbeda dan menjadi sarang ilmu pengetahuan." tutupnya.

Nah, buat kamu yang punya minat untuk mendalami bidang iptek dan STEM di masa depan nanti, rasanya sayang banget kalau kamu sampai ngelewatin event ini. Yuk segera cus ke TMII untuk mempelajari dan mengapresiasi ilmu dan karya jempolan kakak-kakak Telkom hari ini University di Indonesia Science Day!

Baca juga:

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 5 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 14 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©