Menu

Youthmanual Catalyst: Frequently Asked Question

Gaes, Youthmanual senang banget melihat antusiasme kalian dengan program terbaru Youthmanual untuk kamu para anak muda pembawa perubahan, Youthmanual Catalyst. Kami pun mengumpulkan berbagai pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh kamu-kamu yang kepo dan tertarik untuk ikutan.

Buat kamu-kamu yang masih bingung mengenai teknis, persyaratan, sampai peran dan benefit apa aja yang bakal kamu dapatkan dengan menjadi bagian dari Youthmanual sebagai Youthmanual Catalyst, ada Jasmine dan Iie yang beberapa waktu lalu menyempatkan diri untuk menjawab segala kegundah gulaan kamu dalam sesi Instagram Live. Simak rangkuman FAQs dibawah ini, ya!

YM Catalyst

Q: Kak, boleh jelasin dengan singkat, nggak, tentang program Youthmanual Catalyst?

A: Simpelnya, Youthmanual Catalyst adalah kegiatan kerelawanan yang diinisiasi Youthmanual berskala nasional dan bertujuan memberikan wadah buat pelajar SMA untuk mengembangkan diri dan berbuat sesuatu di lingkungan sekitar.

Youthmanual Catalyst terbentuk karena banyaknya pelajar SMA/sederajat yang memiliki aspirasi dan peduli dengan generasinya, tapi dari sekian banyak forum dan komunitas anak muda yang ada, mereka nggak bisa menemukan wadah yang paling tepat untuk bersuara dan aktif membawa perubahan di sekitar.

Q: Jadi, kalau aku gabung menjadi Youthmanual Catalyst, otomatis aku menjadi bagian dari Youthmanual?

A: Yes, betul!

Q: Kenapa untuk pelajar SMA/sederajat, sih?

A: Dari sekian banyak forum dan komunitas anak muda yang ada, nggak banyak yang bisa menjadi wadah yang dapat dimanfaatkan dengan pelajar SMA sesuai dengan kemampuan dan kapasitas mereka.

Padahal, peran dan sudut pandang yang dimiliki oleh pelajar SMA/sederajat terhadap lingkungannya nggak kalah kecenya, lho, dengan temen-temen mahasiswa, dan tentunya memiliki dampak yang nggak kalah besar untuk lingkungan dan generasinya. Itulah alasannya Youthmanual Catalyst ditujukan untuk pelajar SMA, agar mereka mampu berkontribusi dan membawa perubahan sejak dini.

Q: Aku mau banget ikutan, tapi agenda aku di kelas 12 padet banget. Aku takut dengan gabung Youthmanual Catalyst bakal mengganggu kegiatan akademikku. Gimana, ya?

A: Kita emang nggak membatasi siswa kelas 12 untuk bergabung menjadi Youthmanual Catalyst. Tapi, sekali lagi, kamu harus paham dulu dengan kemampuan dan kapasitasmu, dan semua kembali lagi dengan komitmen dan alasanmu dalam menjadi Youthmanual Catalyst.

Tenang aja, Youthmanual bakal senang hati berbagi tips dan trik cantik soal manajemen waktu untuk siswa kelas 12 yang jadi Youthmanual Catalyst. Asal ada niat, pasti kamu bisa.

Q: Gimana kalau yang lagi gap year? Masih boleh ikutan jadi Youthmanual Catalyst, nggak?

A: Masih dong, ah. Bahkan, kita nyaranin banget buat kamu-kamu yang lagi menjalani gap year untuk gabung menjadi bagian dari Youthmanual Catalyst. Kamu bisa manfaatkan waktu luangmu yang relatif lebih banyak dibanding pelajar SMA/sederajat untuk mencari pengalaman berorganisasi, dan tentunya memberikan dampak yang luar biasa ke lingkunganmu. Saik!

Q: Apakah keanggotaan Youthmanual Catalyst berlaku untuk seumur hidup?

A: Keanggotaan aktif Youthmanual Catalyst hanya berlaku untuk satu tahun ajaran. Which is, kalau kamu gabung di tahun ini, kamu akan menjadi bagian dari Youthmanual Catalyst batch 2017/2018.

Tapi, kamu tetep bisa menjadi bagian dari Youthmanual meskipun kamu udah nggak menjadi anggota aktif Youthmanual Catalyst dengan menjadi Mentor Youthmanual. Dengan peran yang berbeda, tentunya tugas dan kewajibanmu sebagai Mentor pun juga akan berbeda. Tapi, peran kalian tetep sama-sama jadi agen perubahan, kok, gaes.

Q: Apa, sih, maskud dari “perubahan” yang harus dibawa seorang Youthmanual Catalyst?

A: Berhubung kamu anak SMA, kamu harus bisa membawa “perubahan” berupa menyebarluaskan pentingnya perencanaan masa depan sejak dini kepada teman-temanmu sesama pelajar.

Dengan melakukan apa? Banyak banget! Kamu bisa membuat diskusi kecil-kecilan untuk membahas isu pendidikan terkini yang terkait dengan perencanaan masa depan. Kamu juga bisa menyelenggarakan diskusi serupa dengan skala yang lebih besar sebagai sebuah project yang digarap bersama para Youthmanual Catalyst lainnya yang berada di wilayahmu.

Trus, kamu juga berkesempatan untuk membuat konten-konten kece berupa tulisan atau video yang inspiratif di Youthmanual, juga ikutan kampanye My Life Goals yang disebarluaskan di berbagai media sosial Youthmanual.

Q: Wah, untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, para Youthmanual Catalyst bakal diberikan persiapan khusus dari Youthmanual, nggak?

A: Pastinya. Jadi, selama bulan November-Desember, tim Youthmanual akan memberikan briefing dan guidance untuk para Youthmanual Catalyst mengenai peran dan tugas-tugasnya selama aktif menjadi Youthmanual Catalyst. Proses ini akan dilakukan baik secara online maupun offline. Jadi, jangan khawatir kalau kota domisilimu relatif jauh dan kamu nggak berkesempatan langsung hadir dalam proses ini.

Setelah itu, baru, deh, kamu siap untuk melakukan tugas-tugasmu sebagai Youthmanual Catalyst yang baik dan benar di lingkunganmu pada bulan Januari.

Q: Artinya, dalam waktu dekat, Youthmanual bakal mengadakan acara khusus untuk Youthmanual?

A: Bener banget! Tunggu informasi selanjutnya dalam waktu dekat, ya!

Q: Apa aja tahapan yang harus aku lewati untuk bisa menjadi Youthmanual Catalyst?

A: Pastinya, kamu harus daftarkan diri dulu ke link ini sebelum tanggal 12 November 2017. Jangan lupa isi semua pertanyaan dengan lengkap agar kamu bisa lolos tahap screening tanpa hambatan.

Trus, tim Youthmanual akan menyeleksi profil masing-masing kandidat dari berbagai angle. Salah satunya adalah… yup, profil Instagram kamu. So, pastikan akun Instagram kamu jangan di-setting menjadi private, ya.

Q: Apakah bakal ada kuota penerimaan berdasarkan wilayah?

A: Ada, berdasarkan jumlah pendaftar Youthmanual Catalyst di wilayah tersebut. Tapi jangan khawatir, semakin banyak pendaftar Youthmanual Catalyst di wilayahmu, maka akan semakin besar kesempatan Youthmanual Catalyst terbentuk di kotamu. Maka dari itu, yuk ajak teman-teman satu geng kamu untuk jadi Youthmanual Catalyst!

Q: Untuk menjadi Youthmanual Catalyst, adakah biaya yang harus dibayar?

A: Nope. Untuk gabung menjadi Youthmanual Catalyst, kamu nggak perlu membayar sepersen pun, alias GRATIS!

Karena kegiatan ini merupakan kegiatan kerelawanan, kamu nggak memiliki kewajiban untuk membayar apa pun ke Youthmanual, dan Youthmanual juga nggak memberikan materi apapun. Untuk menjadi Youthmanual Catalyst, kamu cukup modal komitmen aja, kok!

Q: Apa lagi, nih, Kak, yang harus aku tahu untuk mempersiapkan diri menjadi Youthmanual Catalyst?

A: Semua informasi yang perlu kamu tahu tentang program Youthmanual Catalyst bisa kamu baca di artikel berikut ini, ya.

Semangat perubahan!

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 5 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 13 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©