Nutrifood Leadership Award, Program Traveling Nutrifood untuk Mencetak Para Pemimpin Muda Indonesia

Minggu lalu, Youthmanual berkesempatan hadir di acara Nutrifood Leadership Award yang diadakan oleh Nutrifood Indonesia untuk memperkenalkan para pemimpin muda pemenang program kepemimpinan.

Ini merupakan tahun ke-11 Nutrifood Leadership Award, lho! Dan di tahun ke-11 ini, baik para awardees maupun kegiatan mereka, semakin seru dan bikin iri banget! Nggak heran kalau setiap tahun mahasiswa pendaftar yang pengen jadi peserta, berjumlah ribuan orang.

Apa, sih, Nutrifood Leadership Award itu?

Nutrifood Leadership Award merupakan salah satu inisiatif Nutrifood di bidang pendidikan untuk memberikan apresiasi bagi para mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dalam bidang kepemimpinan.

Sebanyak 10 mahasiswa-mahasiswi inspiratif hasil audisi dari empat kota, dengan berbagai latar belakang prestasi dan organisasi, difasilitasi untuk mengembangkan karakter kepemimpinan mereka melalui kegiatan jelajah inspirasi ke daerah pelosok di Indonesia.

Ke-10 awardees ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok, dimana masing-masing kelompok berkesempatan mengunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung dan suku Boti di Nusa Tenggara Timur, agar mereka dapat mempelajari kearifan lokal yang berkaitan dengan kepemimpinan, sekaligus melakukan kontribusi sosial.

Nutrifood percaya bahwa kegiatan ini bisa jadi salah satu sarana pembelajaran untuk mengembangkan karakter sebagai pemimpin, serta memperkaya wawasan dan pola pikir.

Mbak Dian Mariani, Nutrifood Human Resources Manager, bilang “Nutrifood sebagai learning organization, percaya bahwa pengembangan sumber daya manusia sangatlah penting. Sebuah organisasi yang manusianya terus belajar, akan menunjang terciptanya inovasi. Oleh karena itu, bidang pendidikan menjadi salah satu fokus utama kami. Tidak hanya peduli pada pengembangan SDM internal, namun kami juga memfasilitasi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui Nutrifood Leadership Award. Program ini adalah salah satu kontribusi Nutrifood di bidang pendidikan yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat bahwa Indonesia memiliki banyak calon pemimpin di masa yang akan datang.”

Pada acara awarding ini, hadir juga Kang Anto Motulz, seorang travel sketcher, sebagai sosok yang memiliki hobi travelling dan telah merasakan manfaat dari hobinya tersebut, khususnya dalam pengembangan karakter seorang pemimpin.

Kang Motulz bercerita, “Ketika menggambar saya berkesempatan untuk mengenal warga lokal, dari situ saya banyak belajar tentang kepekaan sosial, yang tentu menjadi kriteria penting bagi seorang pemimpin. Indonesia sudah memasuki kondisi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sehingga mereka yang bertahan adalah mereka yang memahami root culture, agar tidak dapat tergantikan dengan pekerja-pekerja dari negara lain.”

Sampai sekarang nih, gaes, alumnus Nutrifood Leadership Award udah tersebar dan terjun dalam berbagai bidang, seperti bekerja di perusahaan dan NGO, baik nasional maupun multinasional, menjadi entrepreneur dan social entrepreneur.

Gimana, sih, proses seleksi Nutrifood Leadership Award ini?

Mahasiswa manapun di seluruh Indonesia boleh ikut, lho. Selama kamu duduk di semester 2 hingga 8, dengan IPK minimal 3,00, menunjukkan potensi kepemimpinan di organisasi atau komunitas, memiliki ketertarikan untuk travelling dan belajar dari orang lain, memiliki kepribadian yang baik, kemampuan komunikasi dan semangat kolaborasi yang tinggi, serta berintegritas, kamu bisa ikut program ini.

Proses Seleksinya sendiri dibagi menjadi beberapa bagian:

Seleksi Berkas

  • Setiap formulir pendaftaran yang masuk akan dilihat, dinilai, serta dipertimbangkan.
  • Sebanyak kurang lebih 200 peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas diundang ke seleksi audisi sesuai dengan areanya masing-masing. Saat mendaftar, peserta diminta untuk memilih kota terdekat untuk mengikuti audisi apabila nanti terpilih.
  • Peserta yang lolos di tiap area akan dihubungi melalui e-mail dan daftar namanya ditampilkan dalam blog Nutrifood.

Seleksi Audisi

  • Setiap kota akan diikuti oleh maksimal 50 peserta. Dalam audisi ini, selain menunjukkan kemampuan menanggapi isu-isu nasional maupun internasional, peserta juga akan mengikuti rangkaian permainan terkait kepemimpinan.
  • Dari seluruh peserta, akan dipilih 50 Semifinalist yang berhak mengikuti interview di Jakarta. Akomodasi Semifinalist ditanggung oleh Nutrifood.

Interview Semifinalist

  • Dalam tahap semifinal, peserta akan menjalani serangkaian tantangan termasuk di dalamnya interview dengan CEO dan Top Management Nutrifood.
  • Setelah tahap semifinal usai, terpilih 10 finalis yang berhak mengikuti rangkaian karantina Nutrifood Leadership Award di Jakarta.

Final

  • Karantina diadakan pada 3-7 November 2016 di Jakarta
  • Finalis diberikan kesempatan untuk merancang dan melakukan perjalanan ke destinasi yang menarik di Indonesia untuk menggali local wisdom mengenai kepemimpinan dan belajar hal lainnya dari daerah tersebut.

Buat kamu yang ketinggalan, jangan sungkan buat mencoba tahun depan!

Terus siapa aja pemenangnya? Dan dari universitas mana?

Pastinya 10 awardees yang terpilih merupakan sosok-sosok yang unik dengan program kepemimpinan yang sangat inovatif. Mereka bukan cuma berkarakter sebagai pemimpin, tapi juga punya kualitas menjadi tim yang bisa dipimpin.

Mau kenal lebih jauh sama para pemimpin muda Nutrifood Leadership Award ini? Dan penasaran gimana cerita mereka selama di Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung dan suku Boti di Nusa Tenggara Timur?

Pantengin terus jurnal Youthmanual ya, gaes! Dijamin kamu semakin terinspirasi untuk berkontribusi lebih besar buat Indonesia.

 

(Sumber gambar: Nutrifood, Iyank)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1