Menu

Agenda Kegiatan Juli 2019: Pengumuman SBMPTN Hingga Tahun Ajaran Baru 2019/2020

Walau masih suasana liburan, ternyata ada banyak agenda di sepanjang Juli 2019. Di bulan Juli, kita memasuki paruh kedua tahun 2019. Resolusi apa aja nih, yang terlupakan? Hehe.. Bagi pelajar sendiri, bulan Juli istimewa karena merupakan awal tahun ajaran baru. Sedangkan bagi calon mahasiswa, bulan Juli bisa menjadi penentuan: diterima atau tidak. Semoga kita semua tetap semangat, ya!  

* 1 Juli: Hari Buah. Buah sangat penting lho, untuk kesehatan kita, dan idealnya seseorang mengonsumsi beragam buah setiap hari. Khasiat buah akan lebih baik jika dimakan langsung ketimbang dijadikan jus. Makanya, mendingan alokasi budget buat nyemil diganti dengan nge-buah.  

* 2 Juli: Hari Kelautan Nasional

* 5 Juli: Hari Bank Indonesia

* Awal Juli: Bagi pelajar, nikmati sisa liburanmu. Bagi mahasiswa, biasanya liburan masih panjaaang.

* 9 Juli: Pengumuman SBMPTN, yang rencananya dilakukan pukul 15.00. Cek Instagram Youthmanual untuk update-nya.

Biasanya, hanya sekitar 20 persen pendaftar yang diterima. Untuk yang belum diterima, masih ada kesempatan pada seleksi mandiri, mendaftar di PTS, atau mengulang tahun depan.

* Sepanjang Juli: Masa pendaftaran dan tes seleksi mandiri. Di antaranya SIMAK UI (pendaftaran hingga 10 Juli, tes 21 Juli), Seleksi Mandiri ITB (pendaftaran hingga 12 Juli, tes keterampilan 13 dan 14 Juli, pengumuman 18 Juli), serta jadwal seleksi mandiri lainnya yang bisa kamu cek di sini:

Info lengkap jadwal seleksi mandiri 2019

* 14 Juli: Hari Pajak

* 15 Juli: Hari pertama tahun ajaran baru 2019/2020. Ada juga sebagian sekolah yang masuk seminggu sebelumnya, yaitu pada tanggal 8 Juli. Kamu termasuk yang mana, nih?

Anyway, bagi yang baru masuk SMA, mungkin saja akan mengalami beberapa masalah seperti merasa salah penjurusan, nggak nyambung dengan teman dan lainnya, baca solusinya di sini:

Antisipasi 5 Problem di Awal Masuk SMA

* 15 Juli: World Youth Skills Day yang digagas oleh PBB. Tujuannya untuk mengembangkan potensi diri anak muda dan mengatasi masalah yang dihadapi seperti kemiskinan, ketidakadilan berbasis gender, pengangguran, dan lainnya.   

* Pertengahan Juli: Beberapa kampus memulai semester pendeknya masa ini. Apa itu SP atau semester pendek? Cek di sini.

* 23 Juli: Hari Anak Nasional

* 30 Juli: International Day of Friendship. Memiliki teman memang menyenangkan. Tapi ada 11 tipe teman yang perlu dihindari karena termasuk toxic friends.  Kayak gimana, sih?

a. Kalau omongan dia seringkali membuat kita down, menyakitkan, dan merendahkan.

b. Posesif abis sampai sampai nggak rela kita main dan dekat dengan orang lain.

c. dan seterusnya bisa kamu baca di sini

(Sumber foto: pexels.com)

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 5 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 14 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©