Menu

Vokasi UI Buka Prodi Pariwisata di Awal Februari Nanti, Lho!

Kabar gembira buat kamu yang hobi travelling, gaes. Yups, program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia alias UI ini membuka peminatan baru dan kekinian—yaitu Usaha Perjalanan Wisata dan MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions) pada program studi Pariwisata.

Kerjasama dengan asosiasi ternama

Seperti yang dilansir Kompas, Budiman Mahmud Musthofa, Ketua program studi Pariwisata Vokasi UI mengatakan bahwa pihak kampus akan memfokuskan lulusan program studi ini ke bidang Bisnis Travel dan MICE karena kemajuan di bidang pariwisata saat ini sangatlah pesat. Bahkan, menurutnya kunjungan wisata ke Indonesia diprediksi menembus angka 20 juta di tahun 2019.

Budiman menambahkan untuk menunjang pembelajaran program studi Pariwisata, UI bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dan berbagai asosiasi lainnya.

“Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa dapat magang di perusahaan naungan asosiasi-asosiasi tersebut serta program studi ini kelak juga bisa memperoleh masukan secara berkala tentang kebutuhan di industri pariwisata sehingga dapat diadaptasi dalam perihal kurikulumnya," ujar Budiman.

Kompetensi utama

* Program studi Pariwisata Vokasi UI memiliki keunggulan menghasilkan Ahli Madya Pariwisata yang bisa bersaing secara global dan memiliki kompetensi ahli, profesional, dan siap diserap dunia kerja.

* Kurikulum di Vokasi UI menekankan pada praktik sebanyak 70% dan teori sebanyak 30%. Selain itu, tenaga pengajar di program studi Pariwisata Vokasi UI merupakan para tenaga ahli berpengalaman serta dosen UI lintas ilmu sesuai dengan kebutuhan mata kuliah.

* Lulusan program Pendidikan Vokasi Pariwisata akan memiliki 5 kompetensi utama di bidang pariwisata yaitu pengelolaan usaha jasa perjalanan wisata, penerapan konsep manajemen dalam kegiatan usaha pariwisata, penerapan konsep excellent service, kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing dalam kegiatan usaha perjalanan wisata penerapan konsep sosial budaya dan ekologi, etika profesi pariwisata dalam pekerjaannya serta kemampuan teknologi informasi dalam kepariwisataan.

* Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran selama 6 semester, lulusan program studi ini akan memperoleh minimal 1 sertifikat kompetensi  dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Universitas Indonesia yang berlaku secara nasional maupun internasional di samping ijazah Diploma Tiga Periwisata dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par).

***

Program studi ini terbuka bagi siswa/i SMA/SMK atau sederajat dengan jalur masuk melalui Jalur PPKB UI (jalur penerimaan berdasarkan prestasi akademis di sekolahnya) dan SIMAK UI yang akan dibuka pendaftarannya pada 4 Februari 2019.

Jadi, kalau kamu suka jalan-jalan atau punya impian buka bisnis travel, program studi dari Vokasi UI ini sangat amat disayangkan buat dilewatkan begitu saja, gaes. Soalnya, kapan lagi, ‘kan, kamu bisa menjalankan minat kamu ini sebagai karir menjanjikan di masa depan dengan menekuni secara akademis?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: incontinencesupermarket.co.uk)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Syafara nur Jannah | 8 jam yang lalu

Kirain jurusan dokter forensik dibedain jurusan dokter pada umumnya

Mengenal Serba-Serbi Profesi Dokter Forensik
arinal izzay | 14 jam yang lalu

go visit : http://news.unair.ac.id/2018/09/10/manajemen-perhotelan-unair-siapkan-mahasiswa-hadapi-dunia-kerja/

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja
Muhammad Qasthari | 20 jam yang lalu

Kalau kita ambil Geoteknik prospek kerja kedepan bisa ke tambang kan ya?

Serba Serbi Cabang Ilmu Peminatan yang Ada di Jurusan Teknik Sipil
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©