Menu

Universitas Dian Nuswantoro Buka UKM e-Sport Buat Para Pecinta Game!

Siapa di sini yang nggak suka bermain game? Semua orang (utamanya generasi millennials) pastinya nggak lepas dari dunia game. Apalagi, saat ini udah muncul cabang olahraga baru bernama e-Sport. Terlepas dari pro kontra kemunculan e-Sport, nyatanya industri game makin berkembang dan punya sumbangsih besar dalam bidang kreatif, lho. 

Melihat perkembangan dunia game yang makin pesat, menjadikan itu sebagai sebuah peluang, salah satunya datang dari universitas. Yups, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmi membuka UKM e-Sport di tahun ajaran 2018/2019. Bahkan, Udinus jadi universitas pertama di Indonesia yang membuka program pembinaan setingkat UKM  di bidang e-Sport.

penandatanganan MoU

Universitas yang berlokasi di Semarang ini resmi menjalankan program tersebut pada tahun ajaran 2018/2019. Pihak universitas juga telah menandatangani MoU dengan Indonesia e-Sport Association (IeSPA) dalam upaya mempromosikan serta menghasilkan atlet e-Sport professional yang bisa menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.

Nicodemus Widiutomo, selaku pembina Program e-Sport Udinus melihat bahwa saat ini bermain game bukan sekedar hobi atau mengisi waktu luang aja. Ternyata di balik itu, ada potensi yang bisa digali dari dunia game jika dapat dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, kini bermain game di Udinus menjadi program pembinaan setingkat UKM yang bisa diambil oleh mahasiswa/mahasiswi yang punya minat dan bakat di bidang tersebut.

“Titik berat dari program ini adalah pembekalan keterampilan, pengetahuan, dan karakter yang akhirnya memunculkan calon atlet e-Sport profesional yang menjadi teladan bagi generasi selanjutnya,” ungkapnya.

Ada Pendampingan Bagi Mahasiswa Agar Tidak Kecanduan Bermain Game

Meski punya banyak manfaat, nyatanya bermain game masih dipandang kurang baik.  Para orang tua bakal khawatir kalau anaknya kecanduan game dan malas belajar atau melakukan aktivitas lain di luar bermain game. Yang lebih menyedihkannya lagi, ya, gaes, para gamer ini selalu dicap punya masa depan yang suram. Huft!

Menyangkut hal itu, pria yang juga menjabat Ketua Umum IeSPA Jawa Tengah ini, nggak memungkiri bahwa masih ada pandangan semacam itu di masyarakat—terutama orang tua.

Oleh karenanya, Udinus menyediakan fasilitas dan pendampingan pribadi kepada mahasiswa/mahasiswi-nya agar tidak kecanduan bermain game. Bagaimanapun pendidikan tetap menjadi prioritas utama pihak kampus. Bahkan mereka akan turut memantau dan mengevaluasi nilai akhir dari setiap mahasiswa/mahasiswi yang akan mengiikuti program ini.

Nimo TV Bantu Wadahi Pemain Game Pemula Belajar Tentang e-Sport

Program e-Sport di Udinus ini mendapatkan berbagai dukungan di berbagai pihak. Salah satunya datang dari platform livestreaming Nimo TV.  

Pihak Udinus menyambut baik kehadiran Nimo TV. Bagi mereka, kemunculan layanan semacam ini berguna bagi gamer pemula yang ingin terjun langsung untuk menekuni dunia e-Sport. Gamer dapat mempelajari teknik-teknik dalam beberapa judul game dari video yang tersedia di Nimo TV. 

Nimo TV

"Di platform tersebut, kita dapat belajar bahwa untuk bisa menjadi pemain profesional di game tertentu butuh waktu, dedikasi, latihan rutin setiap hari, dan juga uji strategi secara berkala dan  terstruktur. Ini kunci untuk terbentuknya atlet e-Sport yang kami harapkan," tutur Nico.

Nimo TV Apresiasi Keterlibatan Udinus Di Dunia e-sport

Melihat industri game dan e-Sport kian bertumbuh di Indonesa, Kevin Raharja, Head of Marketing Nimo TV Indonesia mendukung langkah Udinus membuka program e-Sport bagi generasi milenials. Menurutnya, keseriusan dan perhatian yang ditunjukkan oleh Udinus jadi momentum berkembangnya industri game di Indonesia. Dirinya percaya bahwa bermain game nantinya bukanlah sebuah hal yang dipandang sebelah mata.

Melihat fenomena itu, Nimo TV berkomitmen untuk membantu perjalanan industri game di tanah air lewat beragam konten berkualitas yang bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja oleh pecinta gamer di Indonesia.

"Kami memfasilitasi mereka untuk berinteraksi, mengasah talenta sekaligus memperkenalkan industri game dan e-Sports kepada masyarakat manfaat dari industri ini bisa dirasakan secara lebih luas oleh masyarakat," ungkap Kevin. 

Selain belajar untuk menjadi seorang gamer profesional, kalian juga bisa memanfaatkan Nimo TV untuk menggali ilmu menjadi komentator dalam sebuah pertandingan online. Wihh, menarik banget, ‘kan?

Program e-Sport Udinus Mencangkup Semua Hal Dalam Dunia e-Sport

Program e-Sport Udinus ini mencangkup semua hal dalam dunia eSport, lho. Mulai dari pemain e-Sport profesional, e-Sport coach, e-Sport manager, e-Sport analist, Broadcaster hingga menjadi e-Sport Event Organizer.

eSport

Dengan begitu, kalian bisa melihat bakat dan minat kalian dimana. Mungkin ada yang cocoknya jadi pemain, broadcaster dan lain sebagainya. Semuanya sama pentingnya, kok. Kamu pikir aja kalau semua mau jadi pemain, terus yang jadi pelatih, manajer sama yang ngurus siapa?

UKM e-Sport Terbuka Untuk Semua Mahasiswa/Mahasiswi Udinus

Program e-Sport Udinus ini nggak terbatas untuk satu jurusan aja, lho. Siapapun kamu dari jurusan manapun bisa mendaftar program e-Sport Udinus. Pokoknya, selama kalian tercatat sebagai mahasiswa Udinus.

Dalam program e-Sport Udinus, kalian nggak cuma diajarin buat meningkatkan skill dan mengatur strategi bermain game aja. Namun, karakter dan sikap juga menjadi perhatian Udinus. Bagi Udinus, program ini nggak cuma sekedar mencetak mahasiswa/mahasiswi yang jago nge-game. Melainkan diarahkan menjadi seorang professional dalam bidang e-Sport.

Nico pun juga menambahkan bahwa mahasiswa/mahasiswi yang mengambil program e-Sport Udinus akan diberikan reward berupa uang saku bulanan, lhooo. Nico berharap dengan pemberian reward bisa menambah motivasi mahasiswa/mahasiswi (yang mengikuti program tersebut) agar bisa berprestasi di bidang e-Sport.

Oyaaa, pihak universitas memberlakukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika kalian akan mendaftar program ini. Kalian perlu menyiapkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi serta uang pendaftaran sebesar Rp 200 ribu. Jangan lupa pula untuk mengisi form IeSPA Jawa Tengah yang secara online agar kamu bisa memperoleh surat rekomendasi untuk mendaftar.

Jadi, tertarik untuk mendaftar nggak, gaes?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: godolansemarang.blogspot.com, dinus.ac.id, gamebrott.com, iespajateng.org)

LATEST COMMENT
Iss kom | 6 jam yang lalu

Kak bagaimana jika sudah mendaftar utbk, tapi tidak jadi ikut karena satu dan lain hal? Apakah ada konsekuensi?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

syaratnya sih sesuai dengan jalur yang ditempuh, seperti SBMPTN atau SNMPTN. tapi kalau poltekkes aku gak tau karna aku kuliah di universitas

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

materi fisikadiperlukan saat mempelajari pola respirasi manusia, dll. jd inget lg pelajaran waktu SMA

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
julie haryanie | 9 jam yang lalu

Kak, kalau peserta bidikmisi bisa mengikuti ujian berapa kali?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Tisam Ali | 1 hari yang lalu

Tidak Nurul :)

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©