Menu

Sistem Penilaian SBMPTN 2018 Mengalami Perubahan, Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

Sistem peniliaian SBMPTN menjadi salah satu hal yang paliiiing sering menjadi bahan bisik-bisik tetangga menjelang pelaksanaannya. Sering kali, strategi belajar untuk menghadapi ujian yang satu ini didasarkan oleh sistem penilaian tersebut. Setuju nggak? Saya begitu dulu soalnya, hehe.

Kita semua tau mengenai perbedaan nilai untuk soal yang benar, salah, dan tidak diisi. Yep, penghitungan nilai mentah yang kita tahu dan telah resmi diumumkan oleh panitia selama ini kurang lebih sebagai berikut:

  • Benar: +4

  • Salah: -1

  • Kosong/tidak diisi: 0

Sayangnya nih, gaes, nggak ada penjabaran lebih lanjut mengenai pengolahan nilai mentah tersebut. Jadilah kita (atau setidaknya saya, dulu) melakukan aksi tebak-tebak buah manggis untuk menentukan mana soal yang harus saya kerjakan dengan benar, dan mana yang bisa saya ikhlaskan untuk salah maupun nggak diisi.

Apakah kamu begitu juga?

Kalau iya, sayangnya, tahun ini mungkin kamu harus merevisi strategi belajarmu nih gaes, karena beberapa waktu yang lalu media sosial sempat dihebohkan oleh berubahnya sistem penilaian SBMPTN 2018.

Wait, what?!

...Ya. Kamu nggak salah baca, tahun ini sistem penilaian SBMPTN 2018 mengalami perubahan, alias nggak lagi mengikuti aturan bobot untuk soal yang benar, salah, dan tidak diisi seperti yang sudah disebutkan di atas. Waduh, jadi gimana dong?

Berdasarkan informasi dari akun twitter resmi Sekre SBMPTN, bobot nilai SBMPTN tahun ini ditentukan oleh tingkat kesulitan dari soal. Jadi, misalkan kamu berhasil menjawab 10 soal dengan benar, belum tentu nilai akhirmu nanti sama dengan temanmu yang juga menjawab 10 soal dengan benar. Karena, bisa jadi 10 soal yang kamu jawab adalah soal-soal dengan tingkat kesulitan tinggi, sementara 10 soal yang dijawab oleh temanmu adalah soal-soal dengan tingkat kesulitan rendah.

sistem penilaian sbmptn 2018

FYI, soal-soal di SBMPTN tahun ini nantinya akan dibagi ke dalam 3 tingkatan yaitu: Sulit, Sedang, dan Mudah.

Jadi, gimana dong bobot pasti dari setiap soal pada sistem penilaian SBMPTN 2018 ini?

Pada Senin (4/10) akun twitter resmi Sekre SBMPTN mengumumkan sistematika penilaian SBMPTN yang dijabarkan sebagai berikut:

sistem penilaian sbmptn skor soal sbmptn 2018

 

Jadi, jika berdasarkan informasi tersebut maka terdapat 3 tahapan utama dalam sistem penilaian SBMPTN 2018 ini.

Tahap I: jawabanmu dan seluruh peserta SBMPTN lainnya se-Indonesia akan diproses dengan memberi skor 1 untuk jawaban yang benar dan 0 untuk jawaban yang salah atau nggak diisi. Jadi, di sistem baru ini nggak ada lagi tuh yang namanya nilai minus untuk jawaban yang salah.

Tahap II: setelah melalui skoring di tahap pertama, tahap selanjurnya adalah melakukan klasifikasi karakteristik soal yang ditentukan dari berapa banyak peserta yang bisa mengerjakan soal tersebut. Semakin banyak peserta yang bisa mengerjakan sebuah soal, maka kemungkinan soal tersebut diklasifikasikan sebagai soal yang 'Mudah' pun semakin besar. Sebaliknya, semakin sedikit peserta yang bisa mengerjakan sebuah soal, maka kemungkinannya soal tersebut diklasifikasikan sebagai soal yang 'Sulit'.

Tahap III: karakteristik soal yang sudah ditentukan dari tahap II selanjutnya digunakan untuk menghitung skor tiap peserta. Tahap penghitungan ini sepenuhnya bakal dilakukan oleh tim yang memiliki kompetensi dalam bidang pengujian, pengukuran, dan penilaian.

Nah, tapi buat kamu yang penasaran mengenai sistem penilaian SBMPTN 2018, khususnya tentang bagaimana cara menghitung skornya, kamu bisa membaca di Cara Menghitung Skor SBMPTN 2018 dan Strategi yang Bisa Kamu Terapkan.

So gaes, daripada percaya dengan informasi yang simpang siur sumbernya, lebih baik kamu meningkatkan persiapanmu belajar SBMPTN mulai dari sekarang. Nggak ada kata terlambat kok untuk belajar, selama kamu memiliki kemauan yang kuat, pasti kamu akan menemukan jalannya. Dan satu lagi, usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil.

Selamat berjuang, teman-teman! Jangan patah semangat!

Baca juga:

(sumber gambar: twitter.com/SekreSBMPTN)

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 4 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 18 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 20 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 24 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©