Menu

Selain IPB, Unhas Juga Buka Jalur Masuk Khusus Bagi Ketua Osis

Pada tahun lalu,  Institut Pertanian Bogor (IPB) telah memberikan undangan khusus untuk para pelajar yang menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya (Baca selengkapnya di: Hai Ketua OSIS, IPB Memberikan Undangan Khusus Masuk PTN, Lho!). Nah, nggak kalah menarik dari IPB. Di tahun 2019 ini, Universitas Hasanuddin (Unhas) juga membuka jalur khusus bagi ketua OSIS, lho.

Jalur masuk menuju Unhas

Sebagai sebuah universitas, pastinya Unhas akan kembali menerima mahasiswa baru di tahun 2019 ini. Seperti biasa, ada beberapa jalur yang bisa kalian tempuh untuk masuk di Unhas. Di antaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Untuk jalur Mandiri sendiri, di Unhas terbagi lagi menjadi beberapa jalur—yakni jalur Penelusuran Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK) serta Non Subsidi.

Untuk pertama kalinya, universitas yang memiliki julukan kampus merah tersebut akan membuka jalur baru bernama Jalur Bakat dan Kepemimpinan. Ini merupakan jalur khusus bagi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah aka OSIS dari sekolah terbaik di setiap kabupaten se-Sulawesi Selatan (Sulsel).

Soft skill leadership yang utama

Wakil Rektor Unhas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes mengatakan bahwa terobosan ini tercipta karena Unhas merupakan lembaga pendidikan yang ikut memikirkan soal regenerasi kepemipinan bangsa. Untuk menciptakan regenerasi itu, salah satu upaya yang dilakukan Unhas adalah dengan merekrut anak-anak bangsa yang udah punya kapasitas kepemimpinan sejak dini —yakni para ketua OSIS.

“Bagaimana pun ketua OSIS sudah punya pengalaman dan karakter kepemimpinan dan setelah masuk di Unhas nantinya akan diasah bakat keorganisasian kemahasiswaannya serta tidak luput juga kecerdasan akademiknya. Dengan demikian, terciptalah alumni yang bisa bersaing di luar dalam hal kepemimpinan atau malah menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” terangnya seperti yang dikutip dari detiknews.

Persyaratan khusus

Dari keteragan pihak Unhas ke media beberapa waktu lalu, mereka mengatakan ada persyaratan khusus yang diterapkan kampus ini untuk memberikan bebas tes masuk kepada siswa yang hendak mendaftar lewat jalur ini. Salah satunya adalah peringkat sekolah terbaik di kabupatennya.

Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa untuk saat ini, Unhas hanya menyediakan kuota sebanyak 24 calon mahasiswa aja. Unhas hanya akan memilih satu Ketua OSIS di sekolah terbaik di setiap kabupaten.

Pihak Unhas juga telah menyediakan empat tim sosialisasi untuk setiap sektor wilayah. Adapun sektor tersebut di antaranya wilayah Toraja dan Palopo, sektor Bone, Wajo dan Soppeng, sektor Bulukumba dan Selayar, serta sektor Makassar dan sekitarnya.

Jika ada ketua OSIS dari sekolah terbaik di kabupaten tertentu dinyatakan lulus di perguruan tinggi lain dan dia lebih memilih perguruan tinggi tersebut, maka pihak Unhas akan mencari Ketua OSIS di sekolah terbaik urutan kedua untuk diundang di jalur ini.

Selain itu, pihak kampus juga menyatakan bahwa para ketua OSIS berhak memilih semua jurusan yang ada di Unhas. Namun, ketika ada dua orang ketua OSIS memilih jurusan yang sama, maka mereka akan diseleksi lagi dengan melihat nilai rapornya selama mereka duduk di bangku sekolah.

Berkas yang harus dipersiapkan

Adapun beberapa berkas yang harus kalian siapkan sebelum mendaftar jalur ini.  Berkas-berkas tersebut adalah lampiran foto, fotokopi rapor dan surat keterangan dari sekolahyang menyatakan bahwa kalian emang pernah menjabat sebagi Ketua OSIS di sekolah tersebut. Ingat, ketua kelas dan ketua OSIS itu berbeda, ya!

***

Hal ini merupakan kabar gembira bagi siswa SMU/SMK dan sederajat yang menjabat Ketua OSIS se-Sulsel karena mereka bisa bebas tes masuk Unhas. Rencananya seleksi masuk untuk jalur tersebut mulai disosialisasikan di bulan Januari ini.

Satu lagi, rajin-rajin berkunjung ke situs resminya Unhas (unhas.ac.id) untuk melihat info terbaru seputar penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, ya. Good luck, gaes!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: pendaftaranmahasiswa.web.id)

 

LATEST COMMENT
Iss kom | 6 jam yang lalu

Kak bagaimana jika sudah mendaftar utbk, tapi tidak jadi ikut karena satu dan lain hal? Apakah ada konsekuensi?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

syaratnya sih sesuai dengan jalur yang ditempuh, seperti SBMPTN atau SNMPTN. tapi kalau poltekkes aku gak tau karna aku kuliah di universitas

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

materi fisikadiperlukan saat mempelajari pola respirasi manusia, dll. jd inget lg pelajaran waktu SMA

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
julie haryanie | 9 jam yang lalu

Kak, kalau peserta bidikmisi bisa mengikuti ujian berapa kali?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Tisam Ali | 1 hari yang lalu

Tidak Nurul :)

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©