Pendaftar SNMPTN 2018 Naik Menjadi 586,154. Cek Peluang Kamu masuk PTN!

Dibandingkan tahun 2017, peserta SNMPTN 2018 meningkat 13.28 persen menjadi 586,154 siswa. Tahun lalu, siswa pendaftar yang sudah final berjumlah 515,415 siswa.  Hingga hari terakhir 6 Maret 2018 kemarin, pendaftar terdata mencapai 590.830 siswa. Sayangnya, sekitar 4 ribu lebih belum melakukan finalisasi. Trus, dari sekian banyak pendaftar, yang ikutan Bidikmisi berjumlah 144,781 siswa.

Btw, jumlah yang daftar SNMPTN hanya setengah dari jumlah siswa yang sebenarnya memenuhi syarat ikutan SNMPTN, yaitu 1,033,320 orang.

Kenapa lebih dari 400 ribu siswa memilih nggak ikutan SNMPTN? Ini bisa jadi karena mungkin mereka pengen masuk kampus lain (PTS/kuliah di luar negeri) atau bisa juga karena udah nggak pede duluan. Yang lebih miris lagi kalau mereka nggak daftar karena nggak bisa atau nggak mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.  

Lantas, gimana peluang masuk bagi yang telah mendaftar?

Nah, tahun lalu jumlah peserta yang diterima 101,906 siswa.  Tahun 2018, pengumuman resminya masih tanggal 17 April mendatang. Namun, menurut prediksi Youthmanual jumlah yang diterima kurang lebih sama dengan tahun lalu. Alasannya?

a. Jumlah PTN yang berpartisipasi di SNMPTN sama dengan tahun lalu, yaitu 85 kampus.

b. Aturan soal proporsi daya tampung SNMPTN minimal 30 persen juga nggak berubah sejak tahun 2017.

Mau tau gimana peluang masuk jurusan yang kamu incar? Cek saja keketatannya. Misalnya, pengen masuk Manajemen Unpad, berarti peluangnya 1.51 persen. Beuhhh, ketat ya, gaes? Atau prodi Pendidikan Dokter Gigi UI  memiliki keketatan 10.49 persen.

Peluang masuk prodi di Unpad dengan jalur SNMPTN selengkapnya bisa kamu cek di sini. Sedangkan daftar keketatan persaingan SNMPTN di UI bisa kamu lihat di sini.

Soal peluang masuk, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi adalah apakah kamu memenuhi aturan.

Memberikan dokumen yang nggak sesuai dengan ketentuan serta memasukkan data yang salah bakal membuat kamu tersingkir dari persaingan. Misalnya nih, kamu jago banget gambar dan pengen masuk jurusan seni rupa/desain. Tapi portofolio yang kamu masukkan nggak sesuai dengan tema yang ditentukan. Wah itu tandanya kamu nggak memperhatikan, bos. Jangan heran kalau nggak lolos.

Nah, karena periode daftar SNMPTN sudah berlalu, hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang masuk PTN adalah dengan BELAJAR dan BERSIAP. Buat apa? Ya untuk menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Yup, jika memang kamu berniat masuk PTN, jangan hanya mengandalkan SNMPTN. Kamu harus memaksimalkan setiap kesempatan yang diberikan, termasuk dengan mempersiapkan diri mengikuti jalur masuk lainnya.

Semoga berhasil!

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini.
 

Baca juga:

(sumber gambar: snmptn.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1