ITB dan UI Berhasil Menjadi Universitas Top Asia Tahun 2017 Versi Times Higher Education!

Pada tanggal 15 Maret lalu, Times Higher Education (THE) mengumumkan daftar World University Ranking dan Asia University Rangking tahun 2017 di Ulsan, Korea selatan. Hasilnya, tahun ini dua perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil meraih posisi di kedua daftar bergengsi ini. Kamu bisa tebak nama kampusnya, nggak?

Yup, dua kampus kece itu adalah Institut Teknologi Bandung‍ dan Universitas Indonesia‍!

Dari kurang lebih 300 perguruan tinggi yang berasal dari 24 negara di Asia (termasuk pendatang baru yaitu Sri Lanka, Kuwait, dan Filipina), dua perguruan tinggi Indonesia tersebut diakui sebagai bagian dari kumpulan universitas top di Asia tahun 2017. Pencapaian ini tentunya sangat membanggakan Indonesia di tengah ketatnya persaingan perguruan tinggi dalam berbagai bidang ilmu dan keterampilan.

1(sumber: Times Higher Education)

Sebagai pendatang baru, tahun ini ITB meraih pencapaian yang cukup baik dengan menempati peringkat 201-250, sedangkan UI menempati peringkat 251-300. Key statistics yang digunakan dalam penilaian perguruan tinggi ini berkisar pada jumlah mahasiswa aktif, jumlah mahasiswa internasional, rasio mahasiswa dengan tenaga pengajar, serta rasio gender mahasiswa.

Tahun lalu, hanya UI yang berhasil mendapatkan posisi di World University Ranking versi Times Higher Education dengan peringkat 601-800, lho. Dengan masuknya ITB sebagai “pemain” baru, bisa diprediksikan jika Indonesia bisa terus menghasilkan perguruan-perguruan tinggi kelas internasional untuk kedepannya. Keren!

***

Eniwei, faedah apa yang bisa kamu ambil dari informasi ini, gaes?

Pertama, hal ini tentunya bisa menjadi bahan refleksi bagi semua perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat step up the game dengan cara terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan untuk dapat mengejar posisi menjadi salah satu universitas top di Asia dan juga dunia.

Hal ini dapat memotivasi mereka untuk mendapatkan pengakuan di mata internasional dengan berusaha standar kualitas pendidikan dunia. Artinya, semakin banyak pilihan perguruan tinggi top Asia lokal untuk kamu pelajar di Indonesia! Hihihi.

Trus, informasi ini pun bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kampus yang tepat. Ingat, memilih kampus bukan semata-mata karena reputasi atau gengsi!

2

Dari key statistics penilaian yang disajikan, kamu bisa menilai kampus tersebut dari komposisi statistik yang kamu butuhkan dalam menunjang pengalaman berkuliah kamu. Sebagai contoh, kamu pengen banget bisa ngobrol dan berkonsultasi dengan tenaga pengajar seleluasa mungkin dalam perkuliahan, sehingga kamu butuh tahu berapa rasio antara pengajar dengan mahasiswa yang ada di suatu kampus. Semakin kecil rasionya, maka akan semakin besar peluang kamu untuk dapat berinteraksi dengan tenaga pengajar.

Begitu pula dengan kredibilitas kampus tersebut dalam hal akademik. Semakin sering karya ilmiah asal perguruan tinggi tersebut dijadikan bahan rujukan, maka artinya semakin bagus kualitas riset yang dimiliki. Semakin banyak jumlah mahasiswa internasional yang terdapat di perguruan tinggi juga dapat menjadi indikasi bahwa perguruan tinggi tersebut sudah memiliki international recognition.

Seperti hanya ITB dan UI, kamu juga bisa melihat informasi-informasi seperti ini di perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia. Di direktori kampus Youthmanual, nggak cuma hasil statistik, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikan sampai insider’s info dari para mahasiswa dan alumni yang berkuliah di perguruan tinggi tersebut untuk bahan pertimbangan kamu dalam memilih kampus. Semua lengkap kap kap!

Semoga kamu bisa memilih yang terbaik untuk masa depan kamu, ya!

Baca juga:

(sumber gambar: timeshighereducation.com, medium.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1