Menu

Harga Rokok di Indonesia Naik 10 Kali Lipat. Setuju?

Menurut The World Bank, banyak studi menunjukkan bahwa kenaikan pajak rokok—yang otomatis bikin harga sebungkus rokok melambung juga—menurunkan jumlah perokok serta menurunkan angka kematian akibat rokok.

Trus, golongan perokok yang paling banyak terpengaruh sama kenaikan harga rokok adalah perokok generasi muda. Jelas lah, ya. Daripada buat beli sebungkus rokok yang mahal, uang saku mending dipakai buat beli pulsa, jalan-jalan, atau belanja online deh, sis!

Makanya, berbagai kawasan—terutama di negara maju—berlomba-lomba menaikkan pajak rokok. Di Melbourne Australia, misalnya, harga sebungkus  rokok Marlboro di atas dari Rp250,000, lho! Sementara di London dan New York, harganya sekitar Rp180,000. Malah kabarnya, pemerintah Australia akan menaikkan lagi pajak tembakau mereka, sehingga harga sebungkus rokok di sana bisa nyaris mencapai Rp400,000.

Giling, muahal amat? Bisa kali, buat belanja di Zara?! Well, pemerintah Australia, sih, merasa harga kesehatan warganya jauh lebih mahal, ya. Apalagi kalau kenaikan harga ini bisa mengurangi angka perokok, terutama perokok generasi mudanya. Lagian uang hasil pajak tembakau yang tinggi itu bisa dipakai untuk hal-hal bermanfaat, seperti penanggulangan penyakit serta menambah fasilitas kesehatan.

rokok

Nah, kalau harga rokok di Indonesia berapaan, sih? Di Jakarta, harga sebungkus rokok Marlboro nggak nyampe Rp20,000, aja cuy! Murah! Apalagi kalau cuma beli sebat, yekan?

Nggak heran kalau harga rokok di Indonesia adalah yang paling murah sedunia. Pantesan perokok di Indonesia semakin “meriah” juga!

Akibatnya nggak usah ditanya. Angka pengidap penyakit akibat rokok di Indonesia terus menanjak. Belum lagi perokok pasif yang jadi korban *cry*.

Coba, deh, liat daftar perbandingan harga rokok di berbagai belahan dunia yang dirangkum media Business Insider tahun 2015 lalu.

youthmanual - harga rokokIndonesia, paling buncit amat?

Setuju nggak kalau pajak rokok di Indonesia dibuat jadi lebih tinggi, dan harga rokok di Indonesia dinaikkan 10 kali lipat, bahkan 20 kali lipat seperti di Australia? SAYA, SIH, SETUJU!

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia!

(sumber gambar: voaindonesia.com, blog-netizen.com, businessinsider.com)

LATEST COMMENT
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 46 menit yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 3 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 7 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Masbro | 20 jam yang lalu

Terimakasih sudah mau berbagi info <a href="https://www.kampusajaib.com/2017/08/berkas-wajib-untuk-pelamar-bidikmisi.html">syarat kelengkapan berkas bidikmisi</a> kak,

Syarat Kelengkapan Dokumen dan Berkas SBMPTN, SNMPTN, Bidikmisi, Serta Ujian Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©