10 Kisah Pengorbanan Cinta Paling Legendaris Sepanjang Masa

When it comes to love, it’s all about sacrifice. Setuju nggak? “Nggaaakkk…” #kzl

Kalau nggak setuju, berarti kamu harus baca 10 kisah pengorbanan cinta sepanjang masa berikut ini. Dijamin pengorbanan yang ada dalam kisah-kisah ini—yang sebagian merupakan kisah nyata—bakal bikin kamu merenung dan baper. Sebelum baca, tarik nafas dalam-dalam dulu ya, sob, biar kamu setrong!

Dashrath Manjhi – Rela membelah gunung karena berduka (kisah nyata)

Dashrath Manjhi adalah seorang miskin yang tinggal di Gehlour, sebuah desa kecil di India. Pada suatu ketika, istri tercinta Manjhi jatuh sakit. Karena jarak tempuh antara rumah mereka dengan rumah sakit sangat jauh dan rutenya juga berbahaya, istri Manjhi nggak bisa mendapat perawatan yang memadai, hingga akhirnya ia meninggal.

Kisah Cinta 1 - Youthmanual

Manjhi sangat terpukul, dan nggak ingin orang-orang di desanya mengalami hal yang sama. Maka akhirnya, Manjhi memahat jalan sepanjang 110 meter dengan lebar 9,1 meter dengan cara memotong perbukitan batu di Gehlaur… dengan kedua tangannya sendiri! Tanpa mesin! Ia pun menyelesaikan pekerjaan memahatnya selama 22 tahun, dari tahun 1960 sampai 1983. Gara-gara aksinya ini, Manjhi sering disebut gila. Tetapi kegilaan Manjhi berhasil memberikan akses orang-orang di desanya ke layanan kesehatan. Sungguh, Manjhi cuma nggak mau seorang pun kehilangan orang yang dicintai seperti yang ia alami.

Bonnie dan Clyde – Dua antek kejahatan yang saling jatuh cinta (kisah nyata)

bonnie clyde

Cinta itu buta. Nggak peduli pasangan kita kelakuannya kayak apa, pokoknya head over heels, man! Bonnie pertama kali ketemu Clyde pada tahun 1930, saat Bonnie berumur 19 dan Clyde 21, dan mereka langsung saling jatuh cinta. Namanya juga saling cinta, ya, Bonnie sampai-sampai mendukung “profesi” Clyde sebagai kriminal. Ujung-ujungnya, mereka menjadi sepasang kekasih yang terlibat banyak kejahatan besar, seperti merampok dan membunuh. Setelah mereka meninggal pada tahun 1934 karena baku tembak dengan polisi, polisi menemukan banyak surat cinta yang dibuat Clyde untuk Bonnie, termasuk janji setia sehidup semati.

Romeo dan Juliet – Semua karena nama keluarga

romeo and juliet youthmanual

Hailee Steinfeld dan Douglas Booth berperan sebagai Juliet dan Romeo dalam film adaptasi tahun 2013

Romeo dan Juliet adalah karya sastra William Shakespeare yang bercerita tentang permusuhan dua keluarga besar, Capulet dan Montague. Permusuhan ini membuat Mas Romeo dari keluarga Montague dan Mbak Juliet dari keluarga Capulet nggak bisa bersatu, padahal mereka saling cinta. Mereka pun menikah diam-diam sebelum Romeo diasingkan karena terlibat pembunuhan yang sebetulnya terpaksa ia lakukan. Agar bisa kembali bertemu Romeo, Juliet pun meminum racun yang sebenarnya hanya membuat jantungnya berhenti berdetak selama 48 jam.

Namun, berita “kematian sementara” Juliet ini nggak sampai ke tangan Romeo, sehingga Romeo mengira Juliet benar-benar meninggal dan nggak bakal hidup lagi. Ia pun patah hati dan meminum racun sungguhan, tepat di saat Juliet bangun kembali. Melihat Romeo bunuh diri, Juliet pun ikut meminum racun sungguhan dan keduanya pun meninggal bersama. Tragis!

Cleopatra dan Marcus Antonius – Ancaman bagi Mesir (kisah nyata)

marc antony cleopatra

Aktor Elizabeth Taylor dan Richard Burton berperan sebagai Cleopatra dan Marc Antony dalam film adaptasi berjudul Cleopatra, tahun 1963

Kisah cinta sejati Marcus Antonius dan Cleopatra adalah salah satu cerita cinta paling legendaris sepanjang masa. Saking legendarisnya, kisah dua tokoh sejarah ini sampai dibuat naskah dramanya oleh William Shakespeare dan masih dipentaskan di seluruh dunia sampai sekarang. Awalnya, Antonius dan Cleopatra jatuh cinta pada pandangan pertama. Hal ini membuat keponakan Caesar, Oktavianus, khawatir mereka berdua kelak akan menjadi penguasa Mesir. Oktavianus pun menyatakan perang terhadap Antonius di Actium, Yunani. Ketika sedang berperang, Antonius mendapat berita palsu bahwa Cleopatra mati. Ia pun menghunuskan pedang ke tubuhnya sendiri. Ketika Cleopatra tahu tentang kematian Antonius, ia begitu berduka dan memutuskan ikut mengakhiri hidupnya dengan membiarkan ular berbisa menggigit dirinya.

Napoleon dan Josephine – Panglima yang jatuh cinta dalam amarah (kisah nyata)

napoleon josephine

Napoleon Bonaparte adalah panglima perang Perancis yang jatuh cinta pada Josephine, perempuan kaya raya dan lebih tua darinya. Mereka saling mencintai dan hidup bersama selama 15 tahun sebelum akhirnya bercerai karena Josephine nggak bisa memberinya keturunan. Pada tanggal 18 Juni 1815, di dekat kota Waterloo, sekitar 15 kilometer selatan ibukota Belgia, Napoleon memimpin pertempuran namun kalah. Kekalahannya di perang ini menjadi penutup lembaran hidup Napoleon sebagai Kaisar Prancis. Ia pun dibuang ke Pulau Saint Helena hingga wafat.

Konon, saat menghembuskan nafas terakhirnya, Napoleon menyebut sebuah nama: "Josephine."

Layla dan Majnun – Cinta yang membuat gila

layla majnun

Karya tenun dari negara Azerbaijan yang menggambarkan adegan kisah Layla dan Majnun

Layla dan Majnun adalah kisah cinta klasik dari Persia, yang lalu diadaptasi lagi oleh penyair Nizami Ganjavi. Ceritanya, Layla dan Qays adalah dua insan yang saling jatuh cinta di sekolah. Tetapi kisah cinta mereka nggak disetujui oleh ayah Layla, sehingga mereka nggak boleh ketemu satu sama lain. Akhirnya, Qays pergi menyendiri ke gurun pasir dan hidup bersama hewan-hewan. Qays jarang makan, menjadi kurus kering, lalu dikenal sebagai Majnun yang berarti “orang gila” dalam bahasa Arab. Ayah Layla tetap melarang Layla dan Majnun bertemu dan bahkan menikahkan putrinya dengan orang lain. Sampai keduanya wafat, Layla dan Majnun tetap saling mencintai dan keduanya dimakamkan berdampingan.

Elizabeth Bennet dan Darcy – Tentang harga diri dan prasangka

Kisah Cinta 6 - Youthmanual

Keira Knightly dan Matthew MacFadyen berperan sebagai Elizabeth Bennet dan Mr Darcy dalam film adaptasi Pride & Prejudice, tahun 2005

Diangkat dari novel klasik karya Jane Austen berjudul Pride and Prejudice, kisah cinta Elisabeth Bennet dan Fitzwilliam Darcy adalah salah satu kisah cinta favorit saya! Elizabeth adalah salah satu putri keluarga Bennet yang sangat sederhana dan menginginkan kelima putri mereka menikahi pria kaya raya agar hidupnya terjamin. Kebetulan, Mr. Darcy yang berpendidikan dan berasal dari kalangan terhormat baru saja pindah ke daerah tersebut, namun ia sangat nggak suka dengan pernikahan yang dilakukan karena alasan kekayaan. Meskipun begitu, Elisabeth mempunyai karakter yang menarik sehingga sukses membuat Mr. Darcy jatuh cinta. Awalnya, Mr. Darcy ditolak mentah-mentah oleh Elizabeth karena ia menganggap Mr. Darcy terlalu angkuh. Namun seiring waktu, Elizabeth sadar bahwa ia nggak bisa mencintai siapapun kecuali Mr. Darcy. Pokoknya, kisah cinta mereka—yang nggak mau bawa embel-embel harta dan status sosial—benar-benar bikin gemes deh, sob.

Salim dan Anarkali – Kisah cinta pangeran dengan pelacur (kisah nyata)

Kisah Cinta 5 - Youthmanual

Pada suatu ketika, putra besar Kaisar Mughal Akbar yang bernama Salim jatuh cinta kepada pelacur cantik bernama Anarkali saat pandangan pertama. Sang ayah, Kaisar Mughal Akbar tentu aja nggak bisa terima bahwa anaknya jatuh cinta pada seorang pelacur. Ia pun memfitnah Anarkali agar namanya jadi semakin buruk. Ketika Salim tahu bahwa fitnah itu dibuat oleh ayahnya sendiri, ia menyatakan perang dan siap melawan kaisar. Tapi tentu aja Salim nggak sanggup melawan pasukan ayahnya. Ia kemudian ditangkap dan akan dihukum mati. Namun Anarkali mau mengorbankan dirinya untuk Salim. Anarkali pun dimakamkan hidup-hidup di dalam dinding bata tepat di depan mata Salim!

Shah Jahan dan Mumtaz Mahal – Bangunan putih lambang cinta (kisah nyata)

Kisah Cinta 4 - Youthmanual

Pada tahun 1612, seorang gadis remaja bernama Arjumand Banu menikahi kaisar muda penguasa Kekaisaran Mughal bernama Shah Jahan. Kaisar muda ini harus menunggu empat tahun, lho, untuk bisa menikahi Banu, di tanggal yang ditetapkan oleh para ahli astrologi sebagai “tanggal baik”. Setelah menikah, Banu diberi nama Mumtaz Mahal, yang artinya permata istana, berhubung Shah Jahan memang sangat cinta mati kepada istrinya. Setelah Mumtaz Mahal meninggal pada tahun 1629 di usia 39 tahun, kaisar Shah Jahan yang berduka memutuskan untuk membuat monumen yang terdiri dari 43 jenis batu permata, dibangun oleh 20,000 pekerja dan 1,000 gajah, serta butuh 22 tahun untuk selesai didirikan. Bangunan ini kemudian diberi nama Taj Mahal. Setelah meninggal, Shah Jahan akhirnya dimakamkan di samping istri tercintanya di dalam Taj Mahal.

Queen Victoria dan Prince Albert – Berpakaian hitam selama 40 tahun (kisah nyata)

queen victoria

Ratu Victoria dari Inggris dulu menikahi Pangeran Albert yang sangat dikagumi karena kejujuran, ketekunan, dan pengabdian kepada keluarganya. Ratu Victoria, yang waktu itu harus memimpin Inggris, sangat mengandalkan saran suaminya dalam urusan mengatur negara, terutama dalam hal diplomasi. Ketika Pangeran Albert meninggal pada tahun 1861, Ratu Victoria sangat patah hati. Beliau sampai nggak mau tampil di depan umum hingga mendapat kritik besar dari masyarakat Inggris. Baru pada tahun 1866 Ratu Victoria kembali menjalankan parlemen. Namun sejak itu, setiap hari ia mengenakan pakaian berwarna hitam selama selama 40 tahun demi mengenang Pangeran Albert, sampai ia sendiri wafat di tahun 1901. Tetapi, di bawah kepemimpinan perempuan yang berduka, Inggris justru tumbuh menjadi negara super power yang dijuluki "the sun never set.”

(sumber foto: telegraph.co.uk, yareah.com, cbgt.com, indiatimes.in, biography.com, edweek.org, jmgkingdotcom.files.wordpress.com, hankeringforhistory.com, blogvot.ru, movieblogbuster.com, wikipedia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1