10 Catatan Seru dan Unik yang Terjadi Sepanjang 10 Hari Olimpiade Rio 2016

Sejak pembukaaan Olimpiade Rio 2016 sepuluh hari lalu, tepatnya tanggal 6 Agustus 2016, banyak banget catatan kejadian seru dan unik di pesta olahraga akbar ini. Berikut 10 rangkumannya.

1. Oksana Chusovitina adalah seorang atlet senam asal Ukraina. What’s so spesial about her? Keistimewaan Oksana adalah, tahun ini adalah kali ke-7 ia ikutan Olimpiade, sejak penampilan perdananya di Olimpiade Barcelona 1992, 24 tahun yang lalu! Kini, di usia 41 tahun, Oksana masih tetap semangat dan giat latihan.  

Walaupun nggak bawa pulang medali, Oksana tetap tampil hebat. Rencananya, ia akan kembali tampil di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.  

2. Sebaliknya, Olimpiade tahun ini adalah Olimpiade terakhir bagi si "dewa air", Michael Phelps. Tahun ini, sang perenang kebanggaan Amerika Serikat menutup karirnya dengan meraih emas Olimpiade-nya yang ke-23. WOW!

3. Ada satu perenang muda yang nggak pernah diperhitungkan, namun nggak disangka-sangka sukses mencuri medali emas dari Michael Phelps. Ia sukses memenangkan emas untuk kategori gaya kupu-kupu 100 meter, sementara Phelps meraih perak. Dia adalah Joseph Schooling, 21, asal Singapura.

Joseph merupakan perenang Singapura pertama yang lolos kualifikasi final Olimpiade, kemudian berhasil meraih emas. By the way, sejak kecil Joseph mengidolakan Phelps, dan dulu mereka pernah foto bareng.

4. Ryan Lochte, perenang Amerika Serikat, sempat mengalami kejadian menegangkan di luar area pertandingan. Saat hendak pulang ke penginapan atlet, Lochte dan tiga orang atlet lainnya dirampok oleh orang bersenjata yang menyamar sebagai polisi. Kepalanya sempat ditodong pistol! Untungnya, Lochte nggak terluka.

(Kemudian, diberitakan kalau ternyata Lochte dkk nggak memberikan keterangan yang tepat. Jadi, sebenarnya mereka nggak dirampok. Waduh!)  

5. Pengalungan medali merupakan momen paling mengharukan sekaligus paling membahagiakan bagi para pemenang. Tetapi mungkin bagi He Zi, diver asal Cina yang meraih perak, happy-nya jadi dobel.

Soalnya, ketika ia baru turun dari podium, cewek manis ini disambut sang kekasih yang langsung... berlutut melamarnya!  Pacarnya adalah Qin Kai, sesama atlet dari Cina, yang memberikan cincin dan bunga pada He Zi. He Zi pun menyambutnya dengan tangisan. Nangis bahagia plus syok, maksudnya. Ciyeeee!

he zi qin kai lamaran di olimpiade

6. Sejak pertama kali ikut Olimpiade pada tahun 1948, Puerto Rico belum pernah sekalipun mendapatkan medali emas. Namun tahun ini, atlet Puerto Rico Monica Puig akhirnya mencatatkan sejarah baru dengan memenangkan medali emas di nomor tunggal tenis, setelah mengalahkan petenis Jerman, Angelique Kerber.

Atlet underdog tersebut nggak menyangka bakal menang, “I never imagined in my wildest dreams that this would happen," ujarnya.

7. Atlet sepeda Kristin Armstrong memenangkan emas Olimpiade ketiganya sehari sebelum ia berulang tahun ke-43. Wow! Kerennya lagi, Kristin bukan hanya seorang atlet. Sehar-hari, ia bekerja di rumah sakit sekaligus seorang ibu.

"Banyak orang mengatakan bahwa [atlet] pasti berhenti di umur tertentu [untuk ikut berkompetisi dan berprestasi]. Menurut saya, ada banyak atlet yang membuktikan bahwa anggapan itu tidak benar,” ungkapnya.

8. Tahun ini, kostum para atlet Olimpiade semakin beragam, termasuk para muslimah yang memakai hijab. Mulai dari atlet voli hingga atlet atletik yang Muslimah, semuanya tampil pede dan nyaman dengan pakaian olahraga serba tertutup.

Bahkan untuk pertama kalinya dalam sejarah, ada atlet berhijab di tim Amerika Serikat, yaitu Ibtihaj Muhammad yang behasil membawa pulang medali perunggu untuk cabang olahraga anggar.

ibtihaj muhammad medali perunggu olimpiade

9. Usain Bolt, pelari asal Kenya yang kabarnya merupakan salah satu atlet dengan penghasilan terbesar di dunia, kembali mencatat prestasi dengan menjadi sprinter pertama yang memenangkan tiga medali emas di nomor 100 meter putra. Ia pun masih punya kesempatan mendapatkan medali di nomor 200 meter.

Minggu depan, tanggal 21 Agustus 2016, Usain akan berulang tahun ke-30. Pas banget, deh, Usain menghadiahi dirinya sendiri dengan medali emas hasil kerja kerasnya!

10. Di nomor lari 400 meter, pelari muda Afrika Selatan Wayde Van Niekerk membuat kejutan. Nggak hanya keluar sebagai juara, cowok berusia 24 tahun ini juga memecahkan rekor yang dipegang Michael Johnson selama 17 tahun.

Wayde menjadi manusia tercepat di nomor 400 meter dengan catatan waktu 43.03 detik, mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 43.18 detik.

Kerennya lagi, sang pelatih yang sangat berperan dalam prestasi gemilang Wayde adalah Ann Botha, seorang wanita berusia 74 TAHUN. Canggih!

niekerk rekor lari olimpiade ann botha pelatih 74 tahun

Baca juga:

(sumber gambar: Clive Rose/Getty Images, thepostgame.com, AFP/Getty Images, Tom Pennington/Getty Images, dailymail.co.uk )

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1