Menu

Resolusi 2019: Sayangi Bumi dan Jadikan Dirimu Sebagai Pribadi yang Lebih Baik!

Wah, tahun 2018 sudah berlalu, nih, gaes, dan sekarang kita sudah berada di awal tahun 2019, jadi, selamat tahun baru, ya! Biasanya, nih, hari pertama di tahun yang baru sering dikatakan sebagai lembaran buku pertama, yang dimana segala hal baru dimulai.

Hari pertama di tahun baru, biasanya, dijadikan sebagai hari yang baik untuk memulai sesuatu. Banyak dari orang-orang mulai menetapkan goals atau resolusi mereka di hari pertama di tahun yang baru. Kamu, sudah menetapkan goals atau resolusimu, belum? Kalau belum, coba, deh, baca artikel ini dulu:

Sadarkah kamu? Dengan semakin bertambahnya tahun maka semakin renta juga bumi kita ini. Kalau kamu mencari gambar perbandingan bumi dulu dan sekarang,  pasti, kamu bisa dengan mudah melihat perbedaannya.

Perbedaan yang terjadi di bumi antara dulu dan sekarang, juga dikarenakan oleh manusia. Banyak sekali manusia yang menebang pohon, menghasilkan polusi, pembakaran hutan, pembuangan limbah industri ke laut dan sebagainya. Semakin tua bumi ini, seharusnya, kita pun harus merawatnya.

resolusi sayangi bumi

Duh, ngerawat bumi harus seperti apa, ya? Nah, mumpung sekarang masih di awal tahun 2019, yuk, buat resolusi-resolusi yang selain dapat membuatmu menjadi lebih disiplin, tetapi, resolusi tersebut juga dapat merawat bumi agar menjadi tempat yang lbaik untuk ditempati oleh semua makhluk hidup!

1. Mengurangi penggunaan kantong plastik

kurangi sampah plastik

Memang, plastik merupakan suatu benda yang memiliki peranan dalam kehidupan manusia, salah satunya yaitu kantong plastik. Tetapi, kamu pasti sudah tahu bahwa kantong plastik merupakan benda yang sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik tersebut dapat mengendap di dalam tanah selama bertahun-tahun.

Kantong plastik, ketika dibuang ke laut akan menjadi sampah. Selain mengotori laut, sampah kantong plastik dapat mengakibatkan banyaknya binatang-binatang laut yang mati. Binatang-binatang laut tersebut mati dikarenakan beberapa hal seperti memakan kantong plastik, bagian tubuh yang tersangkut di kantong plastik sehingga nggak bisa berenang bebas dan sebagainya.

Maka dari itu, yuk, kurangi penggunaan kantong plastik dengan cara mengganti kantong plastik dengan tote bag atau tas kanvas. Jadi ketika kamu belanja di supermarket, minimarket, atau pasar, kamu bisa memasukkan semua belanjaanmu di tote bag atau tas kanvas tersebut.

2. Mengurangi penggunaan listrik yang tidak penting

kurangi penggunaan listrik

Sering nggak, sih, kamu meninggalkan TV yang menyala begitu saja di rumah? Atau sering, nggak, sih kamu menyalakan lampu kamar tetapi kamu sendiri pergi meninggalkan kamarmu? Nah, hal seperti ini harus dikurang-kurangi, gaes.

Lho, emang kenapa harus dikurangi-kurangi? Kamu perlu tahu, dengan menghemat penggunaan listrik, sama saja seperti kamu mengurangi pembakaran energy fosil yang dapat menyebabkan global warming.

Nah mulai dari sekarang, yuk, kalau kamu tidak ingin menonton, matikan TV-mu. Ketika kamu sedang di luar kamar, matikan lampu di kamarmu. Kalau kamu dan keluargamu lagi menginap di suatu temoat, coba titip rumahmu ke tetangga sebelah untuk mematikan dan menyalakan lampu luar rumahmu.

3. Mengurangi penggunaan kertas dan tisu

kurangi kertas dan tisu

Nah, buat kamu anak kuliahan yang sedang mengerjakan skripsi, coba deh, ketika kamu print draft skripsimu, gunakanlah kertas-kertas bekas. Biasanya, kertas bekas masih memiliki halaman kosong di belakangnya, nah kamu bisa mem-print draft skripsimu dilembaran kosong tersebut.

Selain penggunaan kertas, kamu juga bisa mengurangi penggunaan tisu. Kamu harus tahu pembuatan empat puluh lembar tisu membutuhkan satu pohon dewasa yang berumur enam tahun. Coba bayangkan kalau kamu menggunakan tisu berlembar-lembar selama satu tahun. Sudah berapa pohon yang ditebang?

4. Menanam dan merawat tumbuhan

tanam tunbuh-tubuhan

Kamu harus tahu, satu pohon dapat menghasilkan oksigen untuk dua orang. Nah, dari hal tersebut seharusnya kita semua tahu kalau pohon merupakan suatu makhluk hidup yang bermanfaat bagi manusia. Selain bermanfaat dalam menghasilkan oksigen, pepohonan di daerah pegunungan atau perbukitan dapat bermanfaat untuk menjaga tanah agar tidak longsor.

Seharusnya, kalau kamu membutuhkan pepohonan untuk membuat kertas, tisu, kayu untuk pondasi rumah dan sebagainya, kamu juga harus menanam pepohonan agar pohon yang ditebang tergantikan kembali dengan pepohonan yang baru. Cobalah memulai dengan menanam dan merawat pepohonan di halaman rumahmu atau sekitar rumahmu.

5. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

kurangi penggunaan kendaraan pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi memang memberikan kemudahan, akan tetapi, polusi yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan global warming. Karena kendaraan umum saat ini sudah sangat nyaman jika dibandingkan pada masa lalu, yuk, manfaatkan kendaraan umum untuk berpergian kemana pun.

***

Kelima resolusi tersebut selain dapat membantu bumi, tentunya, dapat membantumu untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Kamu bisa lho menjadi seseorang yang disiplin karena kelima resolusi di atas. Kok, bisa? Ya, iya dong! Misalnya nih, ketika kamu menanam pohon, pasti kamu harus menyiramnya setiap hari dan merawatnya. Kegiatan baru yang dilakukan secara terus menerus akan membuatmu lebih disiplin.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seseorang yang lebih aware terhadap detail. Misalnya, nih, ketika kamu terbiasa mematikan lampu saat nggak digunakan, berarti, kamu aware dengan detail. Kok bisa? Mungkin banyak orang yang menganggap remeh tentang mematikan lampu saat nggak digunakan, tetapi, kalau kamu aware berarti kamu detail terhadap sesuatu yang orang lain anggap remeh atau sebagai masalah kecil. Terkadang, hal kecil atau yang biasa diremehkan oleh orang lain, tanpa disadari, merupakan suatu hal yang penting, lho.

Selain itu, kelima resolusi di atas dapat menjadikan kamu sebagai seseorang yang peduli dengan keadaan sekitar, akan terbiasa struggling, menjadi seseorang yang terbiasa menghemat dan masih banyak lagi!

Wah, ternyata, selain membantu bumi, resolusi tersebut dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ya. Nah, dari kelima resolusi di atas, yuk, pilih salah satu untuk dijadikan resolusimu di tahun 2019! Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: studentshow.com, missmillmag.com,youtube.com, environewsnigeria.com, specialbranch247.co.uk)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 6 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 9 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 17 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©