Menu

Manfaat yang Kamu Dapatkan Setelah Menonton Debat Pertama Capres dan Cawapres 2019

Semalam, Kamis 17 Januari 2019, debat Capres dan Cawapres yang pertama telah berlangsung dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi dan Terorisme, gaes. Nah, pasti ada, dari kita yang berkata  “Yaelah, apa, sih, pentingnya nonton debat?” atau “Duh, berat banget topiknya. Aku, ‘kan, masih belum punya hak buat milih tahun ini”. Sedih banget, deh, kalo ada dari kita yang punya pikiran seperti itu.

Padahal, kita sebagai generasi bangsa nggak boleh acuh terhadap politik, lho. Kita harus senantiasa mengikuti perkembangan politik. Caranya gimana? Salah satu caranya, ya, dengan mengikuti jalannya debat Capres dan Cawapres tahun ini.

Selain mengikuti perkembangan politik, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan setelah nonton debat Capres dan Cawapres semalam. Apa aja? Langsung simak di bawah ini.

1. Menambah pengetahuan

Seperti yang kita tau, dalam debat Capres dan Cawapres yang pertama tadi malam. Kita disuguhkan beberapa tema di antaranya adalah Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi dan Terorisme, gaes.

Nah, ketika kita mengikuti jalannya perdebatan, pengetahuan kita akan semakin bertambah luas dan berkembang, lho. Kita akan mendapatkan setidaknya tambahan pengetahuan baru dari pemikiran para Capres dan Cawapres.

2. Memperdalam wawasan politik

Pesta Demokrasi memberikan kita pemahaman terhadap politik. Debat Capres dan Cawapres pastinya akan memberikan gagasan politik yang luar biasa.

Gagasan politik tersebut memberikan pemahaman politik yang baik untuk kita, sehingga pemahaman politik kita akan semakin bertambah.

3. Sarana mengetahui kualitas Capres dan Cawapres

Sebagai seorang pemilih (apalagi pemilih pemula) kita harus mengetahui kualitas Capres dan Cawapres yang kita pilih.

Salah satu jalan untuk mengetahui kualitas dari Capres dan Cawapres, yaitu dengan melihat gagasan dan juga program-program yang akan dilaksanakan mereka.

Gagasan dan program-program yang akan dilaksanakan mereka bisa kita lihat lewat ajang perdebatan Capres dan Cawapres. Karena selain perdebatan, Capres dan Cawapres juga diberikan waktu untuk memaparkan visi-misi yang mereka punya.

4. Memantapkan pilihan

Sebagian besar di antara kita, pasti udah ada yang menetukan pilihan. Tapi pasti ada juga dong yang belum punya pilihan.

Nah, melalui visi-misi dan gagasan politik yang dipaparkan para calon Capres dan Cawapres, tentunya kita bisa jadi menentukan pilihan dan bisa lebih memantapkan lagi sapa yang harus kita pilih untuk memimpin negara Indonesia.

5. Bentuk kesadaran demokrasi

Pemilu merupakan pesta demokrasi yang udah sepatutnya kita semua (sebagai warga negara) harus menyambutnya dengan antusias. Pesta demokrasi akan menentukan nasib kita untuk 5 tahun yang akan datang, lho.

Dengan mengikuti perkembangan politik lewat debat Capres dan Cawapres, kita bisa melihat sosok calon pemimpin bangsa berserta program-programnya dan menjadi salah satu bentuk kesadaran demokrasi.

***

Nah, ini dia nih jadwal 4 debat Capres dan Cawapres ke depannyaa!

jadwal debat

Jadi, buat kalian yang semalam belum nonton, jangan sampai kelewatan nonton debat Capres dan Cawapres berikutnya, gaes! Dan tetap jaga kerukunan, ya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: breakingnews.co.id, official instagram: @beneran.indonesia)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©