Lintas Jurusan: Iya atau Tidak?

Pendaftaran SNMPTN 2019 tinggal sehari lagi, gaes. Tetapi masih banyak dari kalian yang belum mendaftar. Bahkan masih ada yang bingung buat ambil program studi apa di PTN nanti.

“Aku anak Saintek tetapi mau ambil Ilmu Komunikasi. Aku anak Soshum tetapi, kok, lebih mantap kalau ambil Ilmu Gizi, ya”.

Hayoo, adakah dari kalian yang masih perang batin buat lintas jurusan atau tidak hingga sekarang? “Eh, udah tidak, dong!!” “Iya, masih perang batin sampai lelah hati. Huhuhu”

Trus gimana pendaftaran SNMPTN 2019, 'kan, tinggal sehari lagi? Masih bisa nggak, sih, kalau mau lintas jurusan?

Pikirkan dengan baik-baik

Coba renungkan baik-baik, gaes, apakah keinginanmu untuk lintas jurusan itu memang keinginanmu sendiri? Bukan karena teman baik atau gebetanmu ingin kuliah disitu? Bukan karena gengsi atau faktor-faktor eksternal yang lain, ‘kan?

Lintas jurusan berarti kamu akan mengabaikan sebagian besar mata pelajaran yang selama ini telah menguras tenaga, pikiran, dan waktumu selama di sekolah, lho.

Jalur masuk kuliah turut menentukan

Seperti yang sudah sering dibahas di beberapa artikel Youthmanual, jika kamu menggunakan jalur SNMPTN, pilihan jurusan takkan berbeda dengan jurusanmu di sekolah saat ini, yaitu SAINTEK dan SOSHUM.

Jika kamu dikelas SAINTEK, ada baiknya pilihlah jurusan yang terbuka dan memiliki peluang untukmu, yaitu jurusan-jurusan SAINTEK saja. Demikian pula sebaliknya, jika kamu dikelas SOSHUM, ada baiknya pilihlah jurusan yang terbuka dan memiliki peluang untukmu, yaitu jurusan-jurusan SOSHUM saja.

Intinya, sih, kalau kamu ingin lintas jurusan, jalur masuk kuliah di PTN yang bisa kamu tempuh adalah melalui SBMPTN (UTBK)  atau Seleksi Mandiri. Bahkan untuk Seleksi Mandiri sekalipun, ya, tidak semua PTN membuka kemungkinan untuk lintas jurusan.

Siapkan rencana lain

Kamu bukan orang yang pesimis, kok, kalau kamu mempersiapkan rencana cadangan gegara lintas jurusan yang gagal. Justru malah sebaliknya, punya persiapan langkah selanjutnya saat rencanamu tidak berjalan sesuai harapan adalah tindakan yang bijak.

Seperti yang sudah disinggung di atas, kalaupun kamu tetap ingin kuliah di PTN dan lintas jurusan, kamu bisa mencobanya di SBMPTN (UTBK) dan Seleksi mandiri.

Apalagi, SBMPTN (UTBK) tahun ini, kamu bisa melakukan 2x tes, dan diambil hasil yang terbaik.  Jadi, pertimbangkan dan pikirkan secara baik-baik. Apakah ada kemungkinan untuk kamu memilih program studi Ilmu Komuikasi padahal kamu anak SAINTEK. Begitu sebaliknya, apakah ada kemungkinan kalau kamu memilih program studi Ilmu Gizi padahal kamu anak SOSHUM.

Atau kamu juga bisa untuk berkuliah di PTS? Tidak ada salahnya, bukan? Toh, PTS di Indonesia saat ini banyak yang sudah memilliki akreditasi dari BAN-PT.

Hanya saja, yang perlu kamu ingat adalah ada beberapa PTS yang tidak membuka kemungkinan lintas jurusan sama halnya dengan PTN, gaes. Namun, tetap ada, kok, PTS yang terbuka dan menerima kemungkinan lintas jurusan.

Caranya untuk mengetahui ada atau tidaknya PTN/PTS membuka lintas jurusan gimana? Ya, kamu harus rain-rajin cari tahu di website PTN/PTS masing-masing.

 Siap belajar keras dan belajar cerdas

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk tetap lintas jurusan dan diterima, berikutnya tinggal dipikir, nih, gimana caranya kamu melahap semua hal-hal baru saat di Perguruan Tinggi nanti, gaes. Buat kamu yang nantinya sudah keterima di SNMPTN pada tanggal 23 Maret 2019, kamu bisa memanfaatkan waktu sejak saat itu hingga masuk kuliah nanti dengan mempelajari hal-hal baru yang belum pernah kamu tahu sebelumnya.

Tetapi, kalau kamu keterimanya di SBMPTN atau Seleksi Mandiri dan sudah mendekati masa perkuliahan sebagai maba, siapkanlah tenaga, pikiran, dan waktumu untuk mencurahkan dan mempelajari bidang baru yang kamu ambil tersebut, ya.  

* Fyi, biasanya anak kelas SOSHUM tidak punya kesempatan untuk memilih jurusan-jurusan kesehatan dan kedokteran. Kenapa demikian? Sebab bidang-bidang tersebut memerlukan penguasaan materi SAINTEK yang kuat.

***

Meskipun pihak LTMPT dan pemerintah tidak menganjurkan untuk lintas jurusan di SNMPTN 2019,  lintas jurusan memang sah-sah saja untuk kamu lakukan, kok. Hanya saja, memang perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum kamu mengambil keputusan besar. Bukankah kita memang harus berpikir matang sebelum memutuskan apapun dalam hidup ini?

Jadi, buat kamu yang masih pikir-pikir dan belum mendaftar, kamu harus segera menetukan pilihan. Jangan sampai kamu kelamaan mikir dan malah menyia-nyiakan perpanjangan waktu pendaftaran SNMPTN 2019 yang telah diberikan pihak LTMPT, ya. Semoga berhasil!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: npr.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1