Hei Mahasiswa, Sebenarnya Perempuan Kalian Anggap Penting Nggak, Sih?

Ceritanya, nih, Amerika Serikat berencana membuat desain baru uang kertas $10 mereka. Desain baru ini akan diluncurkan taun 2020 (masih lama, yes?), bertepatan dengan dirgahayu ke-100 Amandemen ke-19 Undang-Undang Amerika Serikat.

Serunya, tokoh yang bakal ditampilkan di uang kertas $10 ini adalah perempuan. Terakhir kali ada perempuan muncul di uang kertas Amerika Serikat, tuh, seabad yang lalu, lho. Tokohnya adalah Martha Washington, muncul di uang kertas $1 dari taun 1891-1896. Kacian. Udah nongolnya seabad yang lalu, cuma sebentar pula.

Apa, sih, syarat bisa muncul di uang kertas Amerika Serikat? Yang pasti harus orang Amerika, dan punya jasa besar terhadap negara. Syarat lainnya? Harus udah al-mar-hum.

Oya, syarat tambahan untuk tokoh yang akan ditampilkan di uang $10 yang akan datang: harus punya peran dalam demokrasi Amerika Serikat.

Nah, minggu lalu, kantor berita CNN mengadakan acara debat para kandidat presiden dari partai Republik. Salah satu pertanyaan untuk ke ke-11 kandidat adalah: menurut Anda, siapa, sih, tokoh perempuan Amerika Serikat yang pantas ditampilkan di uang kertas $10 nanti?

Berikut jawaban masing-masing kandidat:

But guess what? Istrinya Mike Huckabee, ibunya Ben Carson, dan anaknya Donald Trump bukanlah orang-orang yang punya jasa penting terhadap negara. Masih idup semua lagi! Yang lebih lucu, Margaret Thatcher dan Mother Theresa bukan orang Amerika, keleus.

Kayaknya, sih, mereka becanda. Meskipun begitu, I still wonder, apakah para kandidat ini sebenarnya kenal tokoh-tokoh perempuan di negaranya sendiri. Memang becanda atau (diam-diam) ngeles?

Kasus yang nggak kalah “menarik” adalah aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah mahasiswa kelompok Lingkar Studi Ciputat, 10 September kemarin.

Tuntutan mereka sih standar, yaitu mendesak para kepala negara agar mundur karena dianggap gagal menepati janji politiknya. Yang nggak standar adalah cara demonya, yaitu dengan memakai pakaian dalam wanita plus topeng wajah Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK.

Mungkin maksudnya kepengen demo dengan cara yang edgy tajem-tajem gimanaaa gitu, ya. Eeh, ternyata senjata makan tuan, karena cara mereka malah dianggap gagal paham dan diprotes dimana-mana.

Protesnya adalah: kenapa musti mengibaratkan presiden dan wakilnya sebagai perempuan gitu, sih?

Apakah maksud mereka perempuan itu lemah, second-class citizen, dan nggak mampu menjalankan pemerintah? Dan kalau dilihat dari kostum beha-nya, cuma bisa mengandalkan fisik dan bodi demi kekuasaan?

Saya pribadi nggak terganggu dengan aksi demonya sendiri, kok. Cuma, seperti banyak netizen lainnya, saya terganggu dengan caranya, yang seakan berpesan bahwa wanita itu lemah, penakut, dan nggak mampu jadi pemimpin.

Apalagi yang menyampaikan anggapan ini bukan sekedar masyarakat biasa, tetapi mahasiswa, yang katanya adalah agen perubahan negara.

Tapi, gimana negara bisa berubah, ya, kalau “agen”nya aja masih misoginis. Hai, mahasiswa LSC, pernah tau soal Mbak Marsinah nggak, ya? Minimal kenalan sama ibu-ibu Rembang ini, deh.

Jadi, para kandidat dari partai Republik serta para mahasiswa yang terhormat, bagi kalian, perempuan sebenarnya sudah dianggap penting belum, sih?

(sumber foto: Aktual)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1