Menu

Gen Z, Ini 5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik Buat Kamu

Jaman sekarang, udah banyak sekali, lho, jurusan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bisa kamu pilih. Nggak cuma itu, ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, gaes. Diantaranya adalah akuntansi, multimedia, administrasi perkantoran, pariwisata, tata boga, tata busana, farmasi, seni tari, teknik komputer dan jaringan serta masih banyak yang lainnya.

Ya, namanya juga SMK. Pastinya murid-muridnya akan diberikan keahlian khusus sesuai dengan jurusan yang telah dipilih.

Nah, buat kamu yang sedang bingung akan melanjutkan sekolah ke SMK atau SMA atau buat kalian yang udah duduk di bangku SMK tapi masih merasa kurang ngena di hati. Coba deh, baca kelima alasan mengapa SMK bisa jadi pilihan terbaik buat para gen Z berikut ini.

1. Kamu akan merasakan serunya Praktek Kerja Lapangan

PKL

Saat kamu masih duduk di bangku SMK, kamu wajib menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL atau On The Job Training memberikanmu kesempatan untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, gaes.

Kamu akan bekerja sesuai dengan jam kerja yang berlaku di perusahaan tempatmu PKL. Selama beberapa bulan, kamu bukan lagi seorang murid SMK aja, tapi juga merupakan pegawai di perusahaan tersebut. Kamu bisa melihat dan merasakan langsung dunia kerja yang sesungguhnya.

Bila beruntung, kamu juga akan digaji oleh perusahaan tempat kamu PKL, lho. Biasanya sih, gajinya cuma untuk mengganti biaya transportasimu selama PKL aja. Ya, lumayanlah buat traktir-traktir orang tua/saudaramu atau membeli suatu barang yang kamu suka. Hihihi.

2. Di SMK, kamu akan dianggap sebagai orang dewasa, bukan lagi anak-anak

Untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja, sekolah SMK selalu berusaha untuk menciptakan sikap disiplin yang ketat. Soalnya, setelah lulus SMK, murid-muridnya diharapkan bisa langsung memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga kerja yang profesional.

Oleh karena itu, saat SMK kamu akan belajar tentang bagaimana caranya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, atasan serta kolega. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana caranya mengatasi masalah, keluhan pelanggan sampai keselamatan kerja dan kesehatan di lingkungan kerja.

3. Bisa tetap lanjut kuliah

Kuliah

Buat kamu yang mau milih SMK, tapi (suatu saat) kamu mau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi juga nggak masalah, lho, gaes. Kamu tetap bisa lanjut kuliah kok, walaupun ijazah terakhirmu SMK, bukan SMA.

Oyaa, kamu juga bisa memilih program studi yang sama dengan jurusanmu saat SMK atau milih jurusan yang lainnya.

4. Bisa langsung kerja

Seperti yang udah disinggung di atas, SMK menawarkan keahlian khusus yang nantinya (setelah lulus SMK) bisa langsung kamu gunakan untuk melamar pekerjaan—baik itu di SMK negeri maupun swasta.

Agar selulus SMK, para muridnya bisa langsung bekerja sesuai dengan jurusannya saat selesai sekolah nanti. Pihak sekolah juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang terkait dengan jurusan yang ada di sekolah masing-masing.

Intinya, sekolah akan membantu menyalurkan murid-muridnya ke sejumlah perusahaan yang udah memiliki kerja sama dengan mereka.

5. Bisa kerja sambil kuliah dengan biaya sendiri

Bekerja sambil Kuliah

Karena setelah lulus SMK kamu udah bisa langsung kerja dan melanjutkan kuliah, kamu juga bisa melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan, lho.

Hebatnya lagi, karena telah memiliki penghasilan sendiri, kamu udah nggak perlu minta bantuan orang tua untuk membiayai kuliahmu. Alhasil, kamu bisa bekerja sambil kuliah dengan dana yang kamu dapatkan dari hasil jerih payahmu sendiri.

Wahh, kalo udah begitu, orang tuamu pasti bangga deh!

***

Nah, itulah kelima alasan mengapa SMK bisa jadi pilihan terbaik untuk para gen Z saat ini. Semoga bermanfaat, gaes.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: pngimage.net, studybreaks.com, madisonparkhs.org, youtube.com)
 

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©