Definisi Mahasiswa Sukses Menurut Para Alumni

Definisi “sukses” menurut setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang mendefinisikan orang sukses sebagai orang yang bisa membawa dampak buat masyarakat, ada yang mendefinisikannya sebagai orang yang punya banyak teman, dan banyak lainnya.

Nah, Youthmanual penasaran sama definisi “mahasiswa sukses” menurut para alumni, soalnya bagaimanapun juga, mereka telah melewati masa perkuliahan sehingga mereka punya definisi “mahasiswa sukses” yang lebih luas. Yuk, simak pendapat para alumni berikut ini!

Widdy P Anggreni
Lulusan Academy Secretary & Management Don Bosco, jurusan Sekretaris

Mahasiswa sukses itu mahasiswa yang kalau ujian nggak perlu nyontek, karena artinya dia mau berusaha semaksimal mungkin untuk berdiri sendiri. College isn’t about getting high scores. It’s about having principles that you will always hold, even after you graduated.

Septa Mellina
Lulusan Universitas Indonesia, jurusan Public Relation

Mahasiswa bisa dibilang sukses kalau hal-hal yang dia pelajari selama kuliah bisa mengubah cara pikirnya jadi lebih terbuka, bijak, dan dewasa. Punya IPK tinggi itu bagus, tapi lebih bagus lagi kalau kuliah bisa membentuk pemikiran dan karakter kita jadi lebih baik.

Amira Puji Mahanani
Lulusan Universitas Negeri Jakarta, jurusan Sastra Inggris

Menurut gue, mahasiswa sukses bukanlah mahasiswa yang punya nilai bagus, melainkan mahasiswa yang punya skill dan networking yang luas sejak dia masih kuliah. Karena menurut gue, nilai bagus belum tentu membuat seorang mahasiswa jadi cepat dapat kerja. Tapi yang lebih keren lagi, sih, kalau seorang mahasiswa bisa kuliah sambil kerja! +1000 banget, deh!

Definis Sukses 1 - Youthmanual

Fatimah Ibtisam
Lulusan Universitas Indonesia, jurusan Sastra Inggris dan Penyiaran

Mahasiswa sukses itu mahasiswa yang berhasil menikmati dan memanfaatkan kehidupan kampusnya, tetapi nggak lupa untuk bertanggung jawab serta menjadi orang yang berguna bagi lingkungannya. Dua hal ini menurut saya susahnya minta ampun, lho, soalnya nggak gampang untuk bersikap responsible setiap saat. Pasti ada saatnya kita kepengen berbuat semaunya atau spontan tanpa mikir—namanya juga mumpung muda, ya!—dan nggak mau ribet mikirin cara supaya jadi berguna buat lingkungan atau orang lain. Makanya, mahasiswa yang sudah aware dan melaksanakan hal-hal tersebut sejak awal berarti sudah colong start untuk sukses.

Firda Fadillah
Lulusan Universitas Bina Nusantara, jurusan Business Management

Mahasiswa sukses itu mahasiswa yang bisa lulus dengan nilai sempurna karena jadi membanggakan orang tua, atau yang lulus tepat waktu atau lebih cepat supaya nggak nyusahin orangtua. Kalau bisa jadi mahasiswa seperti itu, menurut aku udah sukses banget. Soalnya, kita nggak tahu umur orang tua akan sampai kapan. Jadi mahasiswa lebih baik segera menyelesaikan kewajiban kuliahnya, deh.

Adi Suryadi
Lulusan Universitas Indonesia, jurusan Magister Hubungan Internasional

Kalo menurut gue, mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang bisa mengajari atau membantu temannya dalam perkuliahan. Trus, setelah lulus, dia bisa berkarier dengan baik hingga akhirnya menjadi pimpinan di perusahaan tempatnya bekerja.

Deni
Lulusan Universitas Muhammadiyah Jakarta, jurusan Komunikasi

Mahasiswa sukses itu mahasiswa yang meninggalkan kesan dan pengaruh yang positif untuk junior-juniornya, serta selalu dikenang dan jadi panutan yang baik bagi teman-teman kuliahnya. Jadi legenda, lah, pokoknya! Sehingga walaupun sudah lulus dari kampus, namanya tetap harum. Parfum, kali! Hehehe...

Definisi Sukses 2 - Youthmanual

Silviani Sabita
Lulusan Universitas Indonesia, jurusan Sastra Rusia

Menurut gue, mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang bisa mengatur waktunya dengan baik. Mereka bisa menyelaraskan antara waktu bersosialisasi dan berorganisasi di kampus,  waktu belajar, serta waktu bersenang-senang dengan teman-teman. Kalau mau cari pacar sekalian juga nggak masalah, sih!

Hardi Candra
Lulusan Lancaster University, jurusan Multimedia System

Mahasiswa sukses, tuh, mahasiswa yang nggak cuma belajar dari buku, tetapi juga dari lingkungan. Hal-hal yang kamu dapatkan semasa kuliah bukan cuma pelajaran, tetapi juga pengalaman, cara bersosialisasi, dan kerasnya kehidupan. Kedengarannya lebay, tapi beneran, lho! Selain itu, mahasiswa sukses juga berarti mahasiswa yang bisa mendapat pengalaman di luar comfort zone-nya. Jadi, kalau ada kesempatan, jangan takut merantau jauh untuk kuliah, walaupun di sana kamu harus kerja part time jadi tukang cuci piring, penjaga toko baju, atau resepsionis untuk bertahan hidup.

Razki Raditya,
Lulusan Universitas Atma Jaya, jurusan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris

Menurut gue, mahasiswa sukses itu bukan selalu berarti mahasiswa yang lulus tepat waktu atau lulus dengan IPK tinggi. Juga bukan selalu berarti mahasiswa yang setelah lulus langsung bekerja di perusahaan ternama dengan gaji besar. Di kepala gue, definisi mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang mampu membuka kesempatan kerja untuk orang lain, juga mahasiswa yang berani mengambil tantangan dan risiko untuk jatuh-bangun. Sayangnya, gue pun belum sampai pada tahap itu. Doain, ya!

(sumber foto: edu.au, jasonthamdotcom, yes30.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1