Menu

Dear Fresh Graduate, Ingat 5 Hal Berikut Ini, Ya!

Ketika kamu baru saja dinyatakan lulus dalam suatu sidang skripsi atau tugas akhir, apa yang kamu rasakan? Senang, gembira, sedih atau merasa bangga? Setelah kamu menyelesaikan serangkaian upacara pengesahan kelulusan yang disebut sebagai "wisuda" apa yang kamu rasakan? Tentunya perasaan bangga, dong?

Nah, memang, gaes, ketika kamu baru saja lulus kuliah hal yang dirasakan tentunya adalah rasa bahagia. Rasa bahagia tersebut disebabkan karena kamu telah menyelesaikan masa kuliahmu dan juga karena kamu berhasil menyelesaikan tugas akhir dari masa kuliahmu.

Well, meskipun kamu merasa senang dengan kelulusanmu, ada beberapa hal, nih, yang perlu kamu ingat. Hal ini tentunya akan bermanfaat untukmu dikemudian hari, gaes. Hal apa saja, ya, yang perlu kamu ingat?

1. Jangan takut gagal

Buat kamu yang baru saja lulus dan sedang mencari pekerjaan, carilah pekerjaan sebanyak-banyaknya. Jika kamu nggak diterima disuatu perusahaan, janganlah kamu patah semangat atau malah takut gagal, ya, gaes!

Perlu kamu ketahui, ada, lho, orang di luar sana yang memiliki banyak pengalaman kerja namun ditolak berkali-kali saat ia ingin melamar pekerjaan di tempat lainnya. Maka dari itu, gaes, kalau kamu adalah seorang freshgraduate dan kamu sering ditolak oleh perusahaan-perusahaan maka janganlah takut gagal, ya. Pada dasarnya penolakan itu suatu hal yang wajar, kok, dalam pencarian kerja.

2. Idealis boleh, tapi jangan lupakan realita, ya

idealisme

Nah, kesalahan terbesar dari seorang freshgraduate atau orang yang baru lulus adalah terlalu idealis. Well, sebenarnya menjadi idealis itu bukanlah suatu kesalahan, gaes, asalkan kamu nggak melupakan realita yang ada.

Misalnya, nih, kamu memiliki idealisme yaitu ingin sukses bersama band yang kamu buat. Akan tetapi pada realitanya, membuat band nggak semudah itu dan nggak semenghasilkan itu di awal perintisannya. Pada akhirnya, kamu tetap berusaha membuat band tapi kamu pun memiliki pekerjaan tetap yang sesuai dengan passion-mu yang lain. Nah, hal yang seperti ini lah, yang harus kamu lakukan: mengejar idealisme tanpa melupakan realita yang ada.

3. Maksimalkan usaha

Ketika saya baru lulus kuliah, saya kira, mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang mudah. Apalagi kalau kamu memiliki IPK yang tinggi, pasti akan lebih mudah. Tapi ternyata, setelah dijalani, mencari pekerjaan nggak semudah yang dibayangkan, gaes. Faktanya mencari pekerjaan itu melelahkan.

Nah, maka dari itu, ketika kamu lulus dari kuliah, cobalah maksimalkan usahamu dalam mencari pekerjaan. Yang tadinya kamu hanya melamar melalui media lowongan kerja di internet, sekarang kamu harus coba untuk mendatangi job fair - job fair yang ada. Hal yang harus kamu ingat ialah usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil

4. Asah skill sebelum mendapatkan pekerjaan

asah skills

Sebelum kamu bekerja, kamu bisa banget, kok, mengasah skill yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa mencari skill baru yang bisa kamu asah setelahnya. Kamu bisa menemukan skill baru dan juga mengasah skill lamamu dengan cara mengikuti berbagai macam kegiatan.

Misalnya, nih, kamu memiliki skill menggambar, kamu bisa mengasah skill ini dengan cara mengikuti acara atau kegiatan yang berhubungan dengan gambar-menggambar. Selain itu, kamu mau memiliki skill baru yaitu membuat desain grafis, kamu juga bisa belajar bersama temanmu yang menguasai hal tersebut.

5. Jangan malas-malasan di rumah

Yap, setelah lulus kuliah, pasti yang ada dipikiranmu ialah santai-santai sejenak. Kalau menurut saya, jangan sampai kamu terlalu lama bersantai-santai, ya. Memangnya kenapa, sih, kok, nggak boleh terlalu lama bersantai? Karena biasanya, ketika kamu sudah terlalu lama bersantai, kamu akan merasa malas untuk melakukan apapun. Nggak mau, kan, menjadi seseorang yang pemalas?

***

Yak, meskipun kamu merupakan seseorang yang baru saja lulus kuliah, tetap saja ada hal-hal yang perlu kamu ingat dan terapkan. Ketujuh hal di atas merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan dan terapkan demi masa depan yang lebih cerah! Hehe.

Bagi kamu yang belum berkuliah atau masih berkuliah, ketujuh hal di atas masih bisa kamu praktekkan, kok. Tentunya ketujuh hal di atas, akan memberikanmu banyak manfaat jika kamu mempraktekannya. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: piah.com, kampoengsmuda.org, business2community.com)

LATEST COMMENT
Shahfa Ananda | 40 menit yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 11 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 14 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 15 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 16 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©