Apa Itu Konsistensi dan Bagaimana Hal Ini Bisa Mengantar Kamu Menuju Kesuksesan

Kalau kita berkesempatan untuk bertanya rahasia kesuksesan kepada para orang sukses di Indonesia maupun dunia, konsistensi pastilah menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka. Nggak peduli kecil atau besar sebuah hal, mereka melakukannya dengan konsisten dan nggak cepat menyerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konsistensi (kon.sis.ten.si) adalah ketetapan dan kemantapan dalam bertindak. Maksudnya, ketika seseorang konsisten, berarti dia mantap dalan melakukan suatu hal secara terus menerus. Misalnya, konsistensi untuk bermeditasi setiap pagi, konsistensi untuk menulis 1000 kata setiap hari atau konsistensi untuk menghapal kata-kata dalam bahasa Perancis setiap minggu.

Kekuatan konsistensi udah nggak diragukan lagi, gaes. Ini bisa bikin kamu semakin fokus sama proses yang kamu lakukan tanpa terbebani sama hasil yang harus kamu dapatkan.

Menurut situs medium, kalau kamu bisa belajar untuk konsisten dalam melakukan suatu hal, berarti kamu percaya sama perubahan yang sedang kamu usahakan. Meskipun perubahan itu hanya perubahan kecil setiap harinya, tapi kepercayaan diri semakin bertambah. Sehingga, kamu percaya bahwa kamu bisa menciptakan perubahan yang lebih besar.

Contoh kasus:

Saya punya dua orang teman. Keduanya sangat ingin menjadi penulis.

Teman pertama saya, si A, membeli banyak buku referensi menulis, rajin mengikuti kelas menulis, bergaul dengan banyak sekali penuis ternama. Kalau dia mau menulis, dia pasti nongkrong di coffee shop yang cozy dan menyetel musik-musik klasik. Namun, ia hanya melakukan hal ini ketika mood saja.

Teman kedua saya, si B, hanya membaca pengetahuan tentang menulis melalui internet saja. Namun ia melakukannya secara konsisten setiap malam sebelum tidur. Kemudian, is menulis dua lembar setiap hari, tanpa peduli apakah tulisannya akan diterima pembaca atau tidak.

Tentu saja, B sudah banyak menerbitkan buku dibanding A. Melakukan hal yang konsisten setiap hari, sekecil apapun itu, akan jauh lebih menghasilkan.

Bukan tentang besar kecilnya suatu hal, tapi seberapa konsisten kamu melakukannya.

Apa alasan lain yang bikin konsistensi bisa mengantar kamu menuju kesuksesan?

1. Konsistensi membuat keinginan kamu terus terjaga

Yes! Bener banget, gaes. Karena kamu melakukan hal kecil tersebut setiap hari, maka keinginan kamu akan terus terjaga. Kamu nggak merasa butuh persiapan besar untuk action. Makanya, “menyeburkan” diri terlihat mudah bagi kamu. Kamu seakan bisa melakukan tindakan kapan saja.

2. Konsistensi bikin kemampuan kamu semakin terasah

Ketika kita melakukan sebuah hal secara konsisten, maka kemampuan kita di bidang tersebut terus terasah. Misalnya, kalau kamu konsisten belajar bahasa Perancis setiap hari, tentu kemampuan kamu hari ini sedikit lebih baik dari pada kemarin dan begitu seterusnya.

“Ketika belajar hal baru terus menerus secara konsisten, kita menempa saraf kita untuk menjadi lebih terlatih” – Christine Comaford

3. Konsistensi bikin kamu lebih produktif

Kunci dari produktifitas adalah kedisiplinan. Nah, konsisten erat banget sama sikap disiplin. Kalau kamu punya rasa konsistensi dalam mengerjakan suatu hal, kamu akan secara sukarela menyingkirkan gangguan-gangguan kecil (kayak cek smartphone atau bengong!) demi menjaga konsistensi kamu. Makanya, hal ini tentu bikin kamu jauh lebih produktif dibanding orang-orang yang nggak konsisten.

Apa aja yang bisa kita lakukan untuk menjaga konsistensi?

Pertama, coba untuk memegang janji terhadap diri sendiri. Ingat, konsisten juga berarti nggak mengkhianati apa yang kamu janjikan untuk kamu lakukan. Misalnya, kalau kamu berjanji sama diri sendiri untuk bangun pagi setiap Minggu pagi dan berolahraga, maka kamu harus menghormati janji kamu tersebut.

Kedua, set target yang spesifik dan realistis. Nah, Youthmanual udah sering banget menyarankan supaya kamu membuat target dan langkah spesifik dalam melakukan sesuatu. Misalnya, kamu ingin bisa konsisten menabung untuk jalan-jalan di akhir tahun. Maka buatlah target spesifik berupa angka dari uang yang bisa kamu sisihkan setiap hari dan darimana uang tersebut akan kamu alokasikan.

Ketiga, selalu bersiap untuk gagal. Kenapa orang sukses bisa terus konsisten dalam mencapai tujuannya? Karena mereka menganggap bahwa kegagalan adalah hal biasa. Mereka bangkit lagi, melakukan evaluasi kemudian konsisten melakukan hal-hal yang bisa mendekatkan mereka ke tujuan tersebut. Kalau kamu merasa gagal, lalu menyerah, kamu akan berhenti melakukan sesuatu. Ujung-ujungnya, konsistensi cuma isapan jari!

 

(Sumber gambar: churchleaders-eszuskq0bptlfh8awbb.stackpathdns.com, fico.com, choosing4me.files.wordpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1