Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Nggak Cuma dari Pendidikan Formal

Meskipun kurikulum sekolah atau perguruan tinggi negeri dan swasta sudah semakin bagus, tapi nggak bisa dipungkiri bahwa banyak skills yang kita butuhkan di masa depan nggak masuk dalam pembelajaran di bangku pendidikan formal. Terutama bagian soft skills nih, gaes. Misalnya, kemampuan berkomunikasi dengan baik dan kepemimpinan yang oke.

Hal ini menjadi alasan kenapa belajar dari pendidikan formal memang nggak bakal cukup untuk meraih kesuksesan. Mereka yang udah sukses duluan juga setuju banget sama hal ini.

Berikut alasan yang harus kamu pertimbangkan tentang kenapa kamu harus belajar nggak cuma dari pendidikan formal.

1. Terbiasa memotivasi diri sendiri

Belajar sendiri, kayak les bahasa, belajar menjahit atau memasak, belajar public speaking dan lain sebagainya, biasanya dilakukan atas motivasi kamu sendiri. Maksudnya, hal-hal yang kamu pelajari di luar kelas pastinya kamu pilih berdasarkan passion atau sesuatu yang kamu rasa bermanfaat buat kamu. Sehingga, kamu belajar memotivasi diri sendiri dan bergerak bukan karena hal tersebut wajib diberikan kamu.

Ini menjadi perbedaan besar antara belajar sendiri dan belajar di kelas. Kalau di kelas, mau nggak mau, suka nggak suka kamu akan belajar berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan. Sehingga, kamu nggak belajar untuk mencari tahu apa passion kamu dan nggak memotivasi diri kamu lebih besar.

2. Mencari sumber lain akan membuat pengetahuan kamu lebih dalam

Selengkap-lengkapnya bahan pembelajaran di kelas, pastinya nggak bisa mengajarkan kamu secara mendalam. Misalnya, ketika kamu masuk jurusan Hubungan International dan belajar soal Teori Diplomasi, beberapa SKS nggak bakal bisa mengurai pelajaran tersebut secara lebih mendalam. Untuk memahaminya lebih tajam, dan mengasah perspektif lain, kamu harus mencari sumber lain and go deeper!

Asik banget kan, gaes, kalau kamu bisa mengetahui hal-hal lain yang baru terkait mata pelajaran tertentu?!

3. Karena keahlian teknis tetap harus diiringi dengan soft skills yang baik

As I said before, nggak semua kemampuan yang kita perlukan di masa depan, diajarkan di kelas. Misalnya, cara membangun network, memimpin, menjadi pendengar yang baik, dan masih banyak lagi. Makanya, nggak heran kalau pesan para orang sukses untuk anak muda adalah IKUT ORGANISASI di usia muda. Karena pada dasarnya, organisasi mengajarkan kita hal-hal yang nggak dipelajari di kelas.

Keahlian teknis yang kamu pelajari di kelas juga nggak akan bisa banyak bermanfaat kalau nggak diiringi soft skills yang oke. Misalnya, kamu tahu soal teori bisnis dan ingin menjalankan bisnis sesuai dengan ilmu yang kamu dapatkan lewat pendidikan formal. Tapi, kamu nggak belajar soal manajemen dan kerjasa sama tim secara langsung. Maka ketika kamu membuka bisnis beneran, kamu bakal kelabakan berhadapan dengan dunia bisnis yang sebenarnya. Atau misalnya, kamu tahu banyak soal teknik arsitektur, tapi nggak bisa berkomunikasi dengan klien. Sehingga, langkah kamu untuk jadi arsitek yang sukses agak terhambat.

Yuk, semangat belajar bukan hanya dari pendidikan formal, tapi juga pendidikan informal!

 

(Sumber gambar: pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1