Menu

8 Alasan Kenapa Program Studi yang Akan Kamu Ambil Nanti Harus Murni Pilihan Hatimu

Setelah tamat SMA/sederajat (maybe juga ada yang dari SMK/sederajat) kebanyakan dari kamu pasti ingin melanjutkan pendidikannya di dunia perkuliahan. Melanjutkan perkuliahan tentunya bukan perkara mudah, gaes.

Banyak kegalauan yang akan kamu hadapi—terutama dalam masalah memilih program studi kuliah. Bahkan ada juga dari kamu yang merasa frustasi karena banyaknya pengaruh dari teman, orang tua, guru dan saudaramu yang turut serta menentukan program studi yang harus kamu ambil.

Kalau sudah kejadian di atas, itu sangat disayangkan. Karena menurut saya pribadi, sih, ada baiknya kamu harus punya pilihan sendiri dalam menentukan program studi yang akan kamu ambil di kampus nanti, gaes.

Seperti menentukan pasangan hidup, memilih program studi harus benar-benar matang. Kenapa? Selain memilih program studi akan menentukan hal terbesar untuk pendidikan dan karirmu ke depannya, ada beberapa alasan lain kenapa program studi yang akan kamu ambil nanti harus murni pilihan hatimu. Simak berikut ini!

1. Jujur pada pilihan hati

jujur

Memilih keputusan apapun dalam hidup itu harus didasarkan pada kejujuran. Cobalah terbuka dan jujur, gaes. Tanyakan pada hatimu apakah program studi pilihanmu adalah benar-benar tepat untukmu ke depannya? Apakah program studi pilihanmu sudah kamu pertimbangkan secara matang?

2. Enjoy your choice, itu menyenangkan

Menjalani sesuatu sesuai pilihan hati memanglah menyenangkan, gaes. Kamu akan menjalani hari-hari perkuliahanmu nanti dengan semangat dan penuh rasa optimis. Ibarat suka sama orang lain kamu pasti bakal penasaran dan kepo terus sama si dia. Nah, begitu jika kamu memilih program studi sesuai pilihan hatimu.

Dijamin, kamu pasti bakalan senyaman itu buat belajar!

3. Kamu sudah mau kuliah, harus mencoba mengambil keputusan sendiri

mengambil keputusan sendiri

Sejatinya, antara SMA dan kuliah adalah masa transisi. Kamu harus mampu berpikir secara matang dan penuh pertimbangan. Keberanian dijalan yang benar adalah karakter generasi muda yang patut kamu terapkan, lho.

Termasuk berani juga dalam menolak paksaan orang-orang yang menyuruh kamu memilih program studi yang nggak kamu sukai. Tapi, ingat, ya, menolak dengan baik-baik. Seperti memberikan pegertian kepada orang tuamu, mengenai program studi yang akan kamu pilih, prospek karier ke depan, dan lain sebagainya.

4. Kamu yang akan menjalani perkuliahanmu

Mau kemana kamu lanjutkan pendidikanmu, itu tanggung jawabmu. Kamu yang menjalani kuliahmu, kamu yang akan berjuang dan belajar keras di bangku perkuliahan. Maka nggak ada salahnya, dong, memilih apa yang ingin kamu jalani.

5. Jikalau ada hambatan dalam menjalani kuliah, kamu yakin itu memang risiko yang pastinya bisa kamu hadapi

risiko

Jika suatu saat kamu menghadapi masa-masa sulit, mengeluh atau patah semangat dalam perkuliahanmu maka kamu harus bisa menguatkan dirimu sendiri. Ingat, apapun keputusan yang kamu pilih itu adalah tanggung jawabmu sepenuhnya!

Jadi, jangan mudah mengeluh, ya! Karena setiap keputusan dan pilihan pasti ada risiko yang bisa kamu atasi dengan baik.

6. Kamu nggak akan setengah hati menjalani perkuliahan

Jika program studimu memang mantap dan murni pilihan hatimu, nggak akan, deh, ada kata setengah hati menjalani kuliah. Kamu pasti akan all out baik waktu dan tenaga kamu agar bisa optimal menjalani kuliah.

7. Kamu juga tahu apa yang terbaik untuk masa depanmu

percaya pada diri sendiri

Memang terkadang nasihat dan saran dari orang lain ada baiknya. Namun, kamu juga harus percaya pada diri sendiri bahwa kamu juga tahu apa yang terbaik bagi hidupmu.

Eh, tanpa menolak mentah-mentah saran dari orang lain, nih. Ada baiknya kamu juga memasukkan saran tersebut sebagai list pertimbanganmu jika mereka ada benarnya.

8. Yakinlah suatu saat kamu akan jadi orang sukses karena pilihan terbaikmu

Sukses dengan passion kamu sendiri pasti sangat membahagiakan. Yakinlah program studi yang kamu pilih adalah jalan yang terbaik untuk mengantarkanmu pada kesuskesanmu. Tetap positive thinking dan dengarkan kata hatimu.

***

Nah, pastikan kamu memang memilih program studi kuliah sesuai kata hatimu, gaes! Jangan sampai gegabah dan menyesal pada akhirnya.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: happinessmatters.com, theworddepartment.co.uk, youtube.com, kidshelpline.com.au, businesshorsepower.com)

LATEST COMMENT
Yunda Pazira | 47 menit yang lalu

Kalo tahub ini diambil, terus tahun depan ikut sbmptn gimana?? Takutnya aku bakalan sulit menjalani kehidupan kampus yg gak aku minati

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Muhamad Fauzi Permana | 1 jam yang lalu

Mau tanya juga kak, Saya kan dari SMK Jurusan Komputer Jaringan, Saya bingung mau ngambil Saintek/Soshum Test UTBK nya..

Q & A SBMPTN: Jadwal, Pilihan Prodi, dan Serba-Serbi SBMPTN 2018
Monica Sri | 2 jam yang lalu

Stress gua sama pelajaran biologi, padahal gua masuk ini supaya menghindari itungan, ternyata busetdah itungan nya seabrek, laporan gak kelar-kelar, berusaha enjoyed tapi stress gk ketulungan, dan buat badan ekstrak pegel banget

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Kenny Anaga | 2 jam yang lalu

Kak, kalau membatalkan pendaftaran UTBK gelombang 2, bisa mendaftar lagi nggak?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dito Savero | 3 jam yang lalu

Anak ipa bisa masuk fsrd gak?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©