6 Alasan Kenapa Kamu Harus Bersyukur

Bersyukur menjadi suatu hal yang sering disarankan oleh banyak orang ketika kamu sedang mengalami berbagai masalah. Misalnya, nih, ketika kamu sedang sedih-sedihnya nggak diterima di universitas favoritmu, banyak dari teman-temanmu yang menyarankanmu untuk selalu bersyukur karena di luar sana masih banyak orang-orang yang ingin berkuliah namun memiliki kemampuan yang kurang memumpuni.

Selain itu, walau pun kamu sedang nggak mengalami permasalahan, pasti, banyak dari orang-orang yang selalu mengingatkanmu untuk selalu bersyukur. Misalnya seperti kamu harus bersyukur karena kamu masih bisa makan makanan yang enak, tidur di tempat yang nyaman, masih bisa bersekolah, masih bisa berjalan dan berlari, masih bisa melihat, masih bisa mendengar dan sebagainya.

Well, karena bersyukur merupakan suatu hal yang baik, pasti banyak orang-orang di sekitarmu yang mengingatkanmu untuk selalu bersyukur. Memangnya kenapa, sih, kita harus selalu bersyukur? Wah, ada banyak alasan, gaes, kenapa kamu harus bersyukur! Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus bersyukur!

1. Dapat menerima dan mencintai dirimu apa adanya

Yes, dengan kamu memiliki rasa syukur, pasti kamu akan lebih menerima dirimu dengan apa adanya. Kamu juga nggak akan membandingkan dirimu dengan orang lain karena dengan bersyukur, kamu tahu bahwa ada sesuatu yang baik dan hebat di dalam dirimu.

Misalnya, nih, kamu ada seseorang yang pintar, rajin, pantanf menyerah dan selalu berusaha untuk mencapai sesuatu. Meskipun ada saatnya kamu nggak bisa meraih apa yang kamu inginkan, kalau kamu memiliki rasa syukur, kamu nggak akan membenci kapasitas yang dimiliki oleh dirimu. Melainkan kamu akan lebih dapat menerima kegagalan tersebut sebagai keberhasilan yang tertunda.

2. Mengurangi rasa iri

Nah, apa, sih, yang kamu rasakan ketika kamu merasa iri kepada seseorang? Lelah? Sakit hati? Merasa dirimu nggak bisa apa-apa? Atau ada lagi perasaan lainnya yang lebih parah? Kalau kamu memiliki perasaan-perasaan seperti yang telah disebutkan secara terus menerus, pastinya capek banget, kan, gaes?

Agar kamu tidak memiliki perasaan yang seperti ini, ada baiknya kalau kamu harus lebih bersyukur atas apa yang telah kamu miliki. Misalnya, nih, kamu sekarang memiliki gadget keluaran beberapa tahun yang lalu, sedangkan teman-temanmu memiliki gadget yang teranyar. Kalau kamu nggak bersyukur, pasti kamu bertanya-tanya kenapa kamu nggak memiliki gadget terbaru seperti temanmu, kenapa temanmu bisa punya gadget terbaru dan sebagainya. Coba kalau kamu lebih bersyukur, mau temanmu memiliki gadget teranyar sekali pun, kamu pasti nggak akan terganggu dengan hal tersebut.

3. Enjoying life

Nah, kalau kamu nggak irian dan kamu bisa lebih mencintai dirimu dengan apa adanya, kamu pun bisa menikmati hari-harimu tanpa perasaan-perasaan yang menyebalkan.

Ketika kamu menikmati hidupmu, mau sebesar apapun tanggung jawab yang kamu terima, sebesar apapun beban yang akan kamu hadapi dan sebagainya, pasti, kamu akan menjalaninya tanpa perasaan-perasaan yang menyakiti dan membebani dirimu.

4. Lebih sehat

Tahu kah kamu? Penyakit bisa muncul karena perasaan yang kita rasakan dan juga pikiran-pikiran yang kita pikirkan, lho. Nah, mencari penyakit gampang banget, kan? Karena mencari penyakit merupakan suatu hal yang mudah, pencegahannya pun terbilang mudah juga, gaes. Kunci utama untuk mencegah penyakit ialah selalu bersyukur.

Contohnya, nih, kamu bersyukur dengan apa yang kamu punya. Kamu nggak iri dan nggak selalu memikirkan apa yang orang lain punya. Kamu menjalani hidupmu dengan senang tanpa memikirkan apa yang dimiliki oleh orang lain. Coba kamu bandingkan kalau kamu memiliki perasaan iri dan nggak bersyukur, tiap hari kamu akan mengeluh, nggak percaya diri, merasa selalu kurang dan sebagainya. Akhirnya, kamu pun bisa jatuh sakit karena hal tersebut. Jangan sampai, ya, gaes.

5. Lebih optimis

Dengan kamu yang selalu bersyukur, kamu pasti akan lebih optimis dalam menjalani hidup. Kok, bisa, ya? Ya, bisa, dong, gaes. Dengan bersyukur terhadap diri kamu sendiri, kamu bisa menerima kekurangan dan kelebihanmu. Kelebihan yang kamu miliki bisa kamu tingkatkan dan kekurangan yang kamu miliki nggak jadi penghalang bagi kamu, melainkan kamu bisa menutupnya dengan kelebihan yang kamu miliki.

6. Kunci kebahagiaan

Ketika kamu bersyukur, kamu nggak akan merasa kekurangan apapun. Ketika kamu bersyukur, apapun yang nggak enak akan terasa enak. Dengan kamu bersyukur, beban pun menjadi terasa ringan. Nah, dengan kamu bersyukur, meskipun kamu memiliki banyak beban, rintangan dan sebagainya, hal tersebut nggak akan menghalangimu untuk selalu bahagia

***

Yep, ketika kamu menemukan berbagai nasehat agar kamu menjadi pribadi yang lebih bersyukur, jangan marah atau bosan mendengarkannya, gaes. Kenapa? Karena dengan bersyukur kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Nah, mulai dari sekarang, yuk, perbanyak rasa syukur kita terhadap apa yang telah kita punya atau kita miliki. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1