Menu

5 Alasan Kenapa Kamu Belum Menemukan Minatmu

Nggak bisa dipungkiri, permasalahan yang kerap terjadi di dunia remaja yaitu mengenali minat, bakat, dan passion yang dimiliki. Sebelum berbicara lebih jauh, saya mau nanya, nih, gaes. Sudahkah kamu tahu apa itu minat, bakat, dan passion?

Oke, saya kasih tahu definisi singkat mengenai ketiga hal tersebut. Minat adalah suatu keinginan yang mendorong kamu untuk fokus pada suatu hal. Bakat adalah suatu keahlian alami yang kamu miliki sejak lahir. Sedagkan, passion adalah suatu dorongan besar/gairah yang bisa menciptakan keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu.

Nah, bicara mengenai minat atau keinginan, tentu setiap orang memiliki keinginan yang sangat beragam dan berbeda-beda. Ada yang sudah tahu ingin menjadi apa dan langkah apa aja yang harus diambil untuk mewujudkannya. Ada juga yang realistis karena menyadari, minatnya nggak sejalan dengan kebutuhan atau tuntutan hidupnya.

Ada juga yang masih bingung dengan apa yang diinginkan. Setelah lulus sekolah, bingung mau ambil jurusan kuliah apa. Kemudian, setelah lulus kuliah nanti bingung mau kerja di mana, dan lain sebagainya.

Efeknya, orang lain akan menganggap kamu seperti nggak punya rencana dan impian. Padahal belum tentu seperti itu. Karena mengenali minat, bakat, atau passion yang sesuai memang butuh waktu.

Terus kenapa, sih, seseorang itu belum mengetahui apa minat yang ada pada dirinya? Penyebabnya mungkin karena 5 alasan berikut ini.

1. Belum mengenali diri sendiri

Belum menemukan dan mendalami minat memang terdengar klise. Padahal kamu setiap hari bertemu dengan keadaan, lingkungan, dan orang yang beragam.

Mungkin, salah satu penyebabnya karena kamu belum mengenali diri kamu dengan baik. Atau bisa jadi kamu masih bingung karena ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirikan—mulai dari gengsi hingga merasa kalau nggak mungkin bisa berkembang dengan kesukaan yang dipilih.

Ada baiknya, kalau mulai saat ini kamu bisa mempelajari hal-hal apa aja yang bisa membuat kamu menjadi dirimu sendiri. Jangan takut untuk menjadi unik dan berbeda.

2. Belum siap menghadapi tantangan

Memilih satu, dua atau tiga minat untuk dikembangkan memang ada tantangannya, gaes. Apalagi kalau kamu ingin memasukkan minatmu itu ke dalam salah satu cara untuk kehidupan yang lebih baik. Misalnya aja dalam mencari jurusan kuliah atau untuk menghasilkan uang.

Yang perlu diingat, yang memilih jurusan kuliah atau profesi berdasarkan apa yang mereka minati bukan hanya kamu saja. Itu artinya, persaingan pasti akan selalu ada.

Nah, kalau kamu terus menerus merasa nggak siap sama kemampuanmu, kamu akan membuang-buang waktu, gaes. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu mulai berani mencoba apa yang menjadi minatmu.

3. Banyak hal yang ingin dicoba

mencoba hal baru

Di usia 17-25, biasanya seseorang cenderung melaukan pencarian jati diri dengan mencoba berbagai hal baru. Tapi tanpa disadari, banyak hal yang kamu suka itu bisa membuat kamu bingung menentukan apa yang menjadi minat terbesar dalam hidupmu.

 Atau justru, dari banyaknya hal baru yang sudah kamu coba, kamu bisa jadi menemukan kegiatan yang disukai.

Terus gimana caranya kita tahu minat terbesar kita dari beragam hal yang baru sudah kita coba?

Gampang, gaes. Tanda-tandanya adalah kegiatan tersebut timbul dari dalam diri sendiri, kegiatan yang nggak bosan untuk kamu ulang, dan kegiatan yang kamu lakukan tanpa terpaksa.

4. Masih mencari pengalaman

Kamu pernah bertemu orang yang bingung menjelaskan minat dan ketertarikannya seperti apa? Tunggu… jangan langsung di-judge yang aneh-aneh dulu, ya, gaes.

Seperti yang udah disinggung di atas, orang yang seperti ini sedang berpetualang mencari pengalaman yang bisa membuatnya belajar dan menemukan hal yang sesuai. Karena mereka sadar kalau ternyata ada banyak hal yang bisa didapatkan dari mengambil langkah kecil yang berani.

Atau bisa jadi karena mereka sedang mematahkan perkataan orang-orang yang kurang memberikan dukungan dengan mencoba pengalaman-pengalaman baru yang menantang. Orang yang memutuskan untuk melakukan hal seperti ini memang nggak bisa dipaksakan. Sebab, hanya diri sendiri yang paham kapan harus berhenti.

Nah, kalau kamu ada di posisi ini juga jangan lupa untuk mengisi berbagai kegiatan atau pengalaman barumu dengan hal yang positif dan kreatif, ya.

5. Nggak terbuka sama hal-hal baru

Kalau ada orang yang selalu mencoba hal-hal baru, ada juga, lho, orang-orang yang nggak terbuka sama hal-hal baru. Penyebabnya bisa dua. Pertama karena kamu nggak mau keluar dari zona nyaman. Kedua karena nggak percaya bahwa apa yang disukai itu bisa diwujudkan, bahkan bisa membuat kamu jauh lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Rugi banget, deh, kalau kamu jadi orang yang seperti ini. Soalnya, selama pengetahuan dan pandanganmu sempit, kamu nggak bisa mencoba hal baru yang mungkin aja menjadi minat kamu nanti.

***

Itulah 5 alasan kenapa seseorang belum bisa menemukan minatnya. Kalau menurut saya, sih, nggak usah khawatir atau bingung kalau kamu belum menemukan minat yang cocok hingga saat ini. Soalnya Youthmanual bisa membantu kamu menemukan apa yang menjadi bakat, minat, dan passion tanpa ribet-ribet di sini, gaes.

Kalau kamu sudah tahu minat yang sesuai dengan bakat dan passion yang kamu miliki, maka kamu hanya perlu mengembangkannya dan kemudian mengaplikasikannya. Jangan hanya berpangku tangan apalagi bermalas-malasan setelah kamu mengetahui apa yang menjadi minat, bakat, dan passionmu. Soalnya, kalau seperti itu, kamu akan terkalahkan oleh orang lain yang nggak berbakat, tetapi mau belajar dan berusaha dengan keras.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: anyaworksmart.com, thedailyquipple.com)

LATEST COMMENT
Fajar Haryadi | 8 jam yang lalu

UI itu secara resmi masuk Provinsi DKI Jakarta (meskipun sebagian kampus dan rektorat masuk Depok). Hanya warga DKI Jakarta saja yg bisa mendaftar SNMPTN ke UI. Sementara ITB itu kampus utamanya di Kota Bandung.

UI Versus ITB, Mana yang Lebih Unggul?
Aldayra Putri | 1 hari yang lalu

di desain interior ini nantinya bekerja sebagai apa ya?

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dhania Nur Indah | 1 hari yang lalu

Kak maksudnya pengetahuan umum itu apa ya?materinya apa aja ya kak?

Serba Serbi Selma dan Sekolah Vokasi Universitas Brawijaya 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©