5 Alasan Kenapa Generasi Penerus Bangsa Nggak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019

Tahun 2019 adalah tahun yang spesial bagi seluruh rakyat Indonesia, gaes. Mengapa demikian? Adakah yang tau?

Ya, benar sekali! Di bulan April mendatang, Indonesia mengadakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin bangsa—mulai dari pemilihan presiden, wakil presiden sampai anggota legislatif.

Seluruh rakyat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya—termasuk kamu yang merupakan pemilih pemula dalam pemilu tahun ini. Ya, mungkin masih banyak dari kamu yang cuek soal pemilu. Apalagi saat melihat sosial media yang saling “sindir” dan “serang” antar masing-masing pendukung.

Meskipun demikian, kita sebagai anak muda nggak boleh apatis dengan pemilu tahun ini, lho. Kenapa? Yuk, simak alasannya di bawah ini. 

1. Menjunjung jiwa demokrasi

demokrasi

Pemilu adalah salah satu cerminan dari demokrasi. Dalam pemilu, rakyat bisa memilih langsung para calon yang mereka anggap pantas dan mampu untuk memimpin negara tercinta ini.

Dengan berpartisipasi dalam pemilu, kamu telah menjadi bagian masyarakat yang menjunjung tinggi demokrasi. Selain itu, kamu juga menggunakan hak pilihmu untuk kepentingan bangsa dengan menunjuk calon yang layak untuk duduk di bangku pemerintah.

2. Masa depan bangsa berada di tangan anak muda

Taukah kamu, Indonesia itu adalah salah satu negara dengan angkatan anak muda terbesar di dunia, gaes—yang artinya sumber daya manusia dengan usia produktif di negara kita ini sangatlah besar.

“Anak muda adalah generasi penerus bangsa”. Pernyataan itu sangatlah benar. Oleh karena itu, pada pemilu kali ini kamu nggak boleh apatis. Serius, deh, masa depan bangsa ini ada dalam tanganmu. Generasi yang terdahulu perlahan akan berganti dengan jiwa muda dan saat ini adalah waktu-nya kamu untuk ikut serta memajukan bangsa dan negara.

3. Melakukan perubahan lewat aksi yang nyata

Selain sebagai cerminan pilu, pemilu adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukan perubahan bagi bangsa lewat aksi nyata. Sebagai generasi muda—apalagi kalau pemilih pemula, inilah saatnya kamu jadi bagian dalam perubahan tersebut, gaes.

Iya memang, sih, bahas politik bikin sakit kepala. Ditambah adanya “perang” antar masing-masing pendukung yang saling menjatuhkan. Tapi semua itu nggak boleh jadi alasan kamu buat masa bodoh sama bangsa ini.

Gunakan hak pilihmu sesuai kata hati. Tapi, ingat, tugas kamu nggak cuma sekedar memilih aja, lho. Tapi, kamu juga harus turut mengawasi, supaya para pejabat pemerintah yang kamu pilih bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

4. Memberi kesempatan kepada calon potensial untuk memimpin bangsa

Negara Indonesia kita ini, negara yang sangatlah besar. Sebab itu, butuh orang-orang yang bijak dan kompeten untuk bisa memimpin bangsa. Nah, melalui pemilu merupakan sarana untuk memilih calon potensial bagi mereka yang layak mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Sekali lagi, pilih yang menurut kamu mampu, ya! Nggak cuma mengumbar janji belaka—apalagi sampai lalai sama tanggung jawabnya untuk menjalankan tugas yang sudah diamanatkan oleh rakyat.

5. Bagian dari cinta tanah air

cinta tanah air

Dengan nggak apatis sama pemilu, kamu sudah menunjukkan kecintaanmu pada tanah air, lho. Kok bisa? Ya, soalnya kamu sebagai generasi muda, mau perduli akan dunia politik yang sudah sangat rumit dan penuh tipu daya ini. Hihihi.

***

Nah, itulah alasan kenapa sebagai generasi muda, kita nggak boleh apatis akan masa depan negara ini, gaes. Menyemarakkan pemilu bisa dimulai dengan hal-hal kecil, lho—seperti nggak menyebarkan hoax, ujaran kebencian ataupun hal negatif lainnya.

Dan berbeda pilihan adalah hal yang sangat amat wajar sekali. Karena itulah, pemilu nggak boleh menjadikan kita terpecah belah. Jadi, jangan lupa gunakan hak pilih kamu untuk Indonesia yang lebih baik, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: faktualnews.co, brilio.net, cpps.ugm.ac.id)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1