Mengatur Keuangan Jadi Gampang Banget dengan Aplikasi Money Lover

Tulisan ini adalah hasil karya peserta #KelasKreatifYM Content Creating – Blogging Workshop yang telah terpilih sebagai salah satu pemenang lomba blogging di akhir acara.

Oleh Ananda Vikry Pratama

Merasa susah mengatur keuangan? Atau mungkin sering mengalami skenario seperti ini?

Saat awal bulan:

“Yakin, deh, uang bulan ini bakal lebih dari cukup!”

Saat pertengahan bulan:

“Lho, kok, uang gue tinggal segini? Mana cukup sampai akhir bulan? Duh!”

Wah, berarti kamu belum mampu mengelola keuangan kamu, sob! Padahal kalau kata penulis keuangan Dave Ramsay, “Anda harus berkuasa atas uang atau kurangnya uang selamanya akan menguasai Anda.”

Yup, mengelola keuangan itu penting, soalnya seberapa banyak pun uang yang kamu punya, kalau nggak dikelola, uang tersebut nggak akan bertahan lama.

Untungnya, sekarang ini ada aplikasi canggih yang bisa membantu kamu mengelola keuangan bernama Money Lover!

Money Lover adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu mengatur keuangan kamu dengan berbagai fiturnya yang lengkap, tapi tetap user friendly.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kamu harus memasukkan total uang yang kamu punya, baik uang cash maupun uang di bank. Kemudian aplikasi ini akan membagi uangmu ke dua “dompet” virtual, yaitu dompet uang tunai dan dompet uang yang ada di rekening bank kamu.

Trus maanfaatkan, deh, dua fitur Money Lover yang paling penting, yaitu…

1. Pencatatan Transaksi

“Dua minggu lalu gue beli apa aja, ya? Yah, lupa!”

Selalu kepengen memantau pengeluaran kamu, tapi lupa melulu? Nah, Money Lover bisa mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan, baik per hari, per minggu, per bulan maupun per tahun. Selain itu, kamu juga bisa membuat rencana transaksi di masa yang akan datang.

money lover aplikasi

Asyiknya, di aplikasi ini, kamu juga bisa mencatat rincian di setiap transaksi kamu, termasuk rincian kategori transaksi (makanan, hiburan, dsb), lokasi, bertransaksi untuk siapa dan acara apa. Kamu bahkan dapat meng-attach foto pendukung sebagai “bukti” transaksi. Lengkap!

2. Pencatatan Hutang-Piutang dan Tagihan

Berhutang dan memberi piutang itu memang sebaiknya dihindari, tapi yang namanya manusia, kadang-kadang kepepet juga, ya. Nggak apa-apa, sih, asalkan hutangnya dilunasi dengan tepat waktu.

Nah, Money Lover juga menawarkan fitur hutang-piutang dan tagihan, lho Jadi, di fitur ini, kamu bisa membuat catatan hitung-piutang serta tagihan yang kamu punya. Sama seperti pada fitur pencatatan transaksi, kamu juga bisa melengkapi catatan hutang-piutang dan tagihan ini dengan berbagai rincian.

Yang paling penting, aplikasi ini punya fitur reminder, jadi kamu nggak akan lupa untuk membayar atau menagih hutang!

money lover

***

Selain fitur Transaksi dan pencatan Hutang-Piutang, Money Lover juga punya fitur diagram yang melaporkan dan menganalisa alur kondisi pemasukan dan pengeluaranmu selama periode tertentu, serta fitur rencana anggaran dan tabungan.

Asyiknya lagi, aplikasi ini punya lebih dari 100 pilihan mata uang internasional dan 30 pilihan bahasa, lho, termasuk mata uang Rupiah dan bahasa Indonesia. Yay! Selamat tinggal Google Translate!

Punya banyak gadget? Tenang! Money Lover bisa menyinkronkan keuanganmu di empat gadget sekaligus, kok. Jadi kamu nggak perlu pakai repot.

Money Lover dapat diunduh secara gratis di Android, IOS, atau Windows Phone. Tapi kalau kamu mau punya versi premiumnya, kamu harus beli aplikasi ini. Pada versi premium Money Lover, kamu akan mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti fitur memindahkan transaksi ke Ms Excel, nggak ada iklan yang mengganggu, bisa membuat “dompet virtual” sebanyak-banyaknya, dan sebagainya.

Oya, jangan khawatir soal keamanan, sebab aplikasi ini dapat diproteksi oleh PIN yang kamu buat sendiri.

Intinya, aplikasi ini oke banget untuk kamu yang ingin mengatur keuangan kamu dengan lebih baik. Yuk, gaes, manfaatkan!

(sumber gambar: play.google.com/Money Lover)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1