Menu

Manfaat Main Game untuk Anak Muda dan Universitas yang Menyediakan Jurusan Game di Indonesia

Salah satu kekhawatiran orang tua ketika melarang kita bermain game adalah karena kegiatan yang satu ini memang seringkali bikin kecanduan. Soalnya, kalau sudah keasikan main game, kita bisa lupa makan, lupa mandi, lupa belajar bahkan lupa nama sendiri. Halah!

Makanya sob, salah satu cara untuk tetap menjaga supaya kita nggak kecanduan adalah dengan disiplin menetapkan jam bermain game. Misalnya, dalam sehari kamu cuma boleh bermain game selama maksimal dua jam di waktu yang memang nggak mengganggu kegiatan lain, terutama kegiatan belajar.

Selain menetapkan jam bermain game, coba obrolin juga sama orang tua soal manfaat bermain game itu sendiri. Soalnya, ternyata bermain game itu tetap punya segudang manfaat, lho. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, game aksi dan strategi punya efek positif pada perkembangan kemampuan berfikir, kesehatan mental dan kehidupan sosial pada anak muda.

Sebuah studi tahun 2013 di Belanda juga menyebutkan bahwa bermain game jenis shooter meningkatkan kapasitas pemain untuk berpikir tentang obyek dalam tiga dimensi, sama seperti program akademik untuk meningkatkan keterampilan grafis. Wah, bermain game jadi seperti belajar juga, ya.

Selain manfaat yang saya sebutkan di atas, bermain game punya dampak penting untuk pendidikan dan pengembangan karier, lho. Game jenis teka teki dan role playing membentuk kekuatan keterampilan spasial untuk prestasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika

Selain itu, game juga terbukti menyumbang kemampuan bahasa asing yang baik bagi si pemainnya. Hampir sebagian besar pelajar SMA/SMK dan mahasiswa (terutama laki-laki) mengaku menguasai bahasa Inggris dari bermain game. Wih!

Wow, ternyata banyak juga manfaat bermain game ya, gaes. Last but not least, buat kamu yang doyan main game online, seperti DotA atau Counter Strike juga meningkatkan integritas dan loyalitas dalam interaksi sosial.

Melihat manfaat-manfaat di atas, nggak heran ya kalau banyak universitas di Indonesia yang sudah membuka jurusan game. Misalnya, Universitas Bina Nusantara yang sudah mencetak game developer sukses yaitu Toge Production yang terkenal dengan game flash-nya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang membuka program S2 jurusan Teknologi game, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang membuka jurusan game untuk pendidikan D4, dan Institut Teknologi Bandung yang merupakan sarangnya game developer diantaranya Nightspade, Agate studio, Arsanesia, Digital Happiness dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang mau serius belajar di jurusan Game, Youthmanual punya rekomendasi khusus laptop untuk para gamers nih, gaes. Salah satu masalah yang cukup sering dihadapi para gamers adalah mesin laptop yang terasa panas kalau kamu bermain dalam waktu lama. Belum lagi kalau fan laptop mengeluarkan suara berisik. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu keseruan dan proses belajar kamu, kan?

Namun, masalah-masalah seperti itu nggak bakal kamu temui jika menggunakan Nitro 5 dari Acer. Mau main game aksi kayak Battlefield Hardline atau menjelajah planet di Star Trek: Bridge Crew, semua pasti akan berjalan mulus tanpa adanya fan laptop yang bermasalah. Tentunya hal tersebut juga dibekali dengan performa mesin yang telah mengalami upgrade!

Berkat dapur pacu yang ditenagai oleh prosesor Intel Generasi ke-7 seri i7-7700HQ, performa CPU Nitro 5 bisa melaju lebih kencang dari prosesor versi sebelumnya. Nggak berhenti sampai di situ, Nitro 5 juga didukung oleh kartu grafis GeForce® GTX 1050Ti/1050 dengan GDDR5 VRAM yang kinerjanya meningkat dua kali lebih cepat apabila dibandingkan kartu grafis sebelumnya.

Selain itu, Nitro 5 juga dibekali dengan memori berkapasitas besar hingga bisa upgrade hingga 512GB of PCle Gen3 x4 SSD maupun type NVMe yang lebih cepat 111% dari SSD biasa. Artinya, waktu loading saat main game bisa berlangsung lebih cepat. Hebatnya, konsumsi energi Nitro 5 justru menurun hingga 16%!

Nitro 5 juga telah dibekali oleh 2×2 802.11ac MU-MIMO yang bisa memberikan koneksi nirkabel super cepat. Aktivitas main game jadi nggak terganggu dengan adanya isu lagging. Di samping itu, Nitro 5 juga telah dilengkapi dengan koneksi port yang dibutuhkan oleh para gamers, termasuk di antaranya adalah Giga Ethernet.

Yang paling saya suka dari Nitro 5 adalah tampilan laptopnya yang modern abis dengan dominasi warna hitam dan merah. Let’s Cool Down the Machine, Heat Up the Battle!

 

(Sumber gambar: makeuseof.com, topyaps.com, acerid.com)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 5 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 9 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 16 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©