Makin Semangat Buat Sehat dengan Aplikasi Olahraga

Bagi anak muda jaman sekarang, kesehatan bukan hanya sekedar kebutuhan, tetapi juga gaya hidup. Lari, senam, yoga, freeletics, goyang dombret menjadi banyak diminati, seiring dengan munculnya komunitas hits yang berciri-ciri outfit keren berwarna gonjreng. Ajakan dan aktifitas mereka adalah sesuatu yang positif—supaya kita bisa hidup lebih sehat dan sayang sama tubuh sendiri.

Saya sendiri rutin jogging seminggu sekali bareng teman-teman. Setiap Rabu malam, kami janjian di Komplek Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, untuk lari bareng, meskipun setelah itu tetap nimbun lemak dengan makan empal gentong, sih. Tetapi semenjak rutin olahraga, pikiran saya menjadi jauh lebih positif dan badan saya nggak gampang drop.

Para developer aplikasi juga nggak mau ketinggalan tren gaya hidup ini dan berlomba-lomba menciptakan berbagai aplikasi olahraga. Kita tinggal search di toko aplikasi smartphones, dan voila! Puluhan aplikasi olahraga bisa langsung kita download.

Salah satu manfaat berolahraga dengan aplikasi adalah kita jadi bisa memantau aktifitas tubuh dan menyimpan catatannya. Selain itu, kita jadi bisa langsung pamer hasil olahraga ke media sosial! :p Sukur-sukur banyak yang terinspirasi dan jadi rajin olahraga.

Dari sekian banyak “asisten olahraga pribadi” elektronik, berikut beberapa andalan saya.

Nike+ Training Club (NTC)

Konsep dasar NTC adalah personal trainer virtual yang memandu kita berolahraga dengan cara melakukan gerakan-gerakan dasar. Gerakan-gerakannya, sih, sederhana, seperti pushup, plank atau jumping jacks—dan kebanyakan nggak memerlukan alat olahraga sama sekali—namun sangat efektif. Aplikasi ini bisa digunakan untuk latihan individual atau sebagai bagian dari program khusus di gym.

Latihan-latihan dalam NTC dikembangkan oleh para pelatih profesional Nike yang terinspirasi dari atlet-atlet kelas dunia dan berdasarkan penelitian Nike selama bertahun-tahun. Lewat penelitian mereka, aplikasi ini menghadirkan 114 gerakan olahraga untuk divariasikan oleh penggunanya. Canggih, ya?

Lalu, dengan deskripsi foto dan demonstrasi video yang diperagakan oleh atlet-atlet asli, kita dijamin nggak bakal bingung mengikuti setiap gerakan NTC. Latihannya pun jadi terasa menarik, sehingga durasinya nggak berasa. Tau-tau pingsan!

NTC juga bisa membantu kita mencapai goal tertentu. Apakah kita mau ngurusin badan? Mau mengencangkan otot? Mau meningkatkan endurance? Atau mau fokus melatih bagian badan tertentu? Ngecilin perut yang buncit, misalnya. Semua bisa dicapai. Kita tinggal menentukan goal terlebih dahulu sebelum memulai program latihan, kemudian kita akan diberikan set latihan dengan gerakan spesifik.

Saat latihan, kita juga bakal dipandu oleh countdown timer. Jadi, setiap melakukan gerakan, kita tahu kapan harus mulai dan kapan harus berhenti. Catatan semua timing ini akan tersimpan di profile kita. Oya, kalau mau hasil workout kita terus terpantau, kita harus latihan sesuai schedule yang ditentukan aplikasi, sementara latihan di luar jadwal ini nggak bakal dihitung. Yah, untuk mendapatkan hasil terbaik memang harus disiplin, sih.

Apakah kita harus punya sportswear merk Nike untuk menggunakan aplikasi NTC? Ya, nggak, dong. NTC adalah aplikasi yang bisa dipakai siapa saja, kok.

Endomondo

Endomondo adalah salah satu aplikasi ukur olahraga paling popular. Meskipun kebanyakan orang menggunakan Endomondo untuk mengukur jarak serta durasi lari, sebenarnya aplikasi ini dapat digunakan untuk olahraga lainnya, seperti berjalan, bersepeda, renang, badminton dan tenis. Yang menarik, Endomondo nggak cuma bisa melacak durasi atau jarak aktivitas yang kita lakukan, namun juga berapa banyak kalori yang terbakar saat berolahraga.

Kita juga bisa menentukan program latihan kita sendiri, misalnya menentukan jarak tempuh yang diinginkan, beban latihan atau target durasi yang ingin dicapai. Sama seperti NTC, Endomondo juga dilengkapi fitur untuk mendengarkan musik saat kita berolahraga, supaya cemungudh, kakaak.

Masih malas berolahraga juga? Coba tantang teman kamu yang juga punya account Endomondo! Misalnya, nih, tantang dia untuk lari dengan total jarak 25km dalam waktu sebulan. Siapa yang paling cepat mencapai target tersebut, menang! Jadi lebih terpicu berolahraga, ‘kan? Dengan Endomondo, selain bisa melihat hasil olahraga temanmu, kamu juga bisa ngasih komentar terhadap hasil latihannya. Bisa cela-celaan nggak berujung, nih…

7-Minute Workout

Aplikasi olahraga ini berbasis HICT (high intensity circuit training) alias pelatihan intensitas tinggi yang terbukti paling "aman, efektif, dan efisien" untuk meningkatkan kebugaran otot. Cukup dengan tujuh menit berolahraga, kamu sudah bisa ngerasa lebih segar. Bahkan menurut para ilmuwan, 7-Minute Workout adalah latihan dengan investasi minimal, namun hasil maksimal.

Aplikasi ini terdiri dari 12 gerakan dasar yang harus dilakukan selama 30 detik, dengan 10 detik istirahat di antara setiap latihan. Ulangi 2-3 sirkuit ini sesuai dengan waktu yang kamu punya. Seperti NTC, gerakannya simpel-simpel kok, seperti crunch, step-up dan squat. Perlengkapannya juga nggak ribet. Kamu hanya perlu sebuah kursi dan dinding, tapi jangan dipake buat bengong di pojokan, ya, hehehe. Kalau masih penasaran sebelum mau mencoba, Huffington Post juga berbagi pengalaman mereka di sini setelah latihan dengan 7-Minute Workout.

***

Kalo kata pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis, Mens sana in corpore sano—di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Yuk, semangat buat sehat!

(sumber gambar: Cosmopolitan UK, BlackBerry, Windows Central)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1