Menu

Jaket Kuning Untuk Semua, Kisah Inspiratif Mahasiswa UI Peraih Beasiswa

Bagi yang sempat merasa hampir menyerah untuk masuk perguruan tinggi impian karena berbagai halangan khususnya biaya, baca  deh Jaket Kuning Untuk SemuaUniversitas Indonesia, kumpulan cerita mahasiswa Universitas Indonesia peraih beasiswa yang penuh perjuangan.

Salah satunya adalah kisah pemuda asal Yogyakarta, Gigih Prastowo. Pelajar SMK berakreditasi B ini tinggal bersama dengan kakek dan neneknya. Sejak belia ia sudah terbiasa berjualan untuk membiayai sekolah. Walau hidup pas-pasan Gigih Prastowo punya mimpi untuk kuliah di Fakultas Ekonomi UI. Ia belajar dengan sungguh-sungguh, sampai niat banget "menyelinan" ikutan kuliah umum bidang Ekonomi di Universitas Gadjah Mada.

Sayangnya, Gigih gagal masuk PTN. Ia lantas bekerja sebagai office boy di hotel. Banyak sekali skill yang ia dapatkan dengan bekerja. Namun Gigih tidak melupakan cita-citanya. Di sela waktunya, ia belajar mempersiapkan ujian masuk PTN idaman, Universitas Indonesia. Tahun depannya ia berhasil masuk prodi Manajemen Universitas Indonesia.

Mahalnya biaya kuliah sempat membuat ia gentar, namun Gigih tetap mencoba ke Jakarta. Ia mengurus persiapan masuk UI hingga mendapatkan keringanan biaya. Saat kuliah, ia pun mengikuti seleksi beasiswa dan berhasil memperolehnya. Alhasil semua biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung beasiswa tersebut. Gigih pun memanfaatkan waktunya di kampus semaksimal mungkin.

“Ekspektasiku tentang UI memang terpenuhi, di sini aku sudah merasakan sekali conference  lokal, menjuarai lomba Marketing Plan tingkat nasional, menjadi Best Delegates di Conference Marketing terbesar di Indoneisia pada tahun pertama serta terlibat dalam berbagai kepanitiaan acara di FEUI yang membuatku menghapus dan mengubur jauh-jauh anggapan bahwa aku adalah bocah tak beruntung sejak kecil,” ungkap Gigih.

Itulah sekelumit kisah nyata yang diangkat dalam buku Jaket Kuning Untuk Semua. Buku ini berisi kumpulan pengalaman para mahasiswa UI dengan segala rintangan dan keterbatasan dalam mengejar cita-cita. Tak sekadar enak serta ringan dibaca, free ebook ini juga memberikan motivasi pada kamu yang akan kuliah, terutama yang terkendala biaya.

Kamu juga bakalan tahu nih, seperti apa tipe mahasiswa yang mengejar dan berhasil mendapatkan beasiswa, serta apa saja yang mereka usahakan. Banyak hal menarik yang bisa dijadikan masukan serta pelajaran saat membacanya.

Menariknya lagi, buku ini memuat 23 cerita mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi. Beberapa di antaranya juga membocorkan bagaimana cara mereka sukses menembus prodinya. Semua dikisahkan dari sudut pandang orang pertama.

Selain kisah Gigih office boy yang masuk Manajemen UI, masih ada cerita anak penjual salak jadi mahasiswi Kedokteran, korban broken home dengan prestasi gemilang di FISIP UI, serta banyak lainnya. Ya, Jaket Kuning Untuk Semua ingin menyampaikan pesan bahwa semua orang berhak mendapatkan pendidikan. Dan walaupun ada seribu aral merintang, masih ada sejuta jalan keluar, asalkan bertekad kuat dan berusaha.  

Semangat!

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 6 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 10 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 17 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©