Film Hacksaw Ridge: Belajar dari Desmond Doss, Kisah Nyata Pahlawan Penyelamat Pasukan yang Berperang Tanpa Senjata.

Desmond Thomas Doss (diperankan Andrew Garfield) adalah pemuda sederhana dari Virginia, Amerika Serikat. Goal hidupnya simpel saja, dia pengen menyelamatkan orang. Sayang, Doss nggak mampu sekolah tinggi dan jadi dokter.

Pas Perang Dunia II, seperti banyak pemuda Amerika lainnya, Doss pun merasa terpanggil untuk mengabdi pada negara. Ia menyusul sang kakak mendaftar menjadi prajurit sukarelawan sebagai prajurit bagian medis.

Yang jadi masalah adalah Desmond punya prinsip dan kepercayaan untuk tidak menggunakan kekerasan dan senjata. Bahkan ia menolak belajar menggunakan senjata api untuk membela diri. Padahal ‘kan, prajurit bagian medis (bukan dokter) bakal ditugaskan di lokasi perang, tempat adu senjata berlangsung.

Sikap Doss ini menjadi masalah besar. Sebelum diberangkat ke medan perang sekalipun ia sudah mendapat pertentangan dari militer. Bahkan Doss sempat dibully, mendapat hukuman, serta disidang segala lho. Sebab prinsipnya yang anti kekerasan dan anti senjata dianggap sebagai pembangkangan terhadap militer dan negara.

Bagi saya, cerita Desmond Doss yang diangkat dari kisah nyata ini bisa jadi pelajaran, yakni:

Pertama prinsip itu sifatnya pribadi dan nggak bisa dipaksakan. Selama masih dalam koridor yang benar dan nggak melanggar peraturan, prinsip layak diperjuangkan.

Tapi memang sih, kalau punya prinsip yang "nggak biasa" dan "beda" dari yang lain, akan jadi beban tersendiri. Apalagi kalau dapat tekanan dari sekitar. Seperti Desmond yangdinyinyirin, dimusuhin, bahkan digebukin sama teman-teman di pasukannya sendiri.

desmond doss militer

Ada kenalan saya, misalnya, yang punya prinsip untuk nggak bekerja dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk rokok dan alkohol. Jadi, seandainya, ada kegiatan dengan sponsor rokok atau alkohol, dia nggak akan ikutan jadi panitia.

Trus, seorang teman yang merupakan wartawan hiburan menolak pekerjaan untuk meliput berita yang menyangkut “aib” seperti membongkar perselingkuhan. Walaupun diangkat dengan mengemukakan fakta dan berimbang, tapi menurutnya berita semacam itu nggak etis dan nggak penting.

Sama seperti Desmond yang merasa bahwa lebih baik berjuang tanpa kekerasan. Ia yakin bahwa ia bisa tetap membela bangsa tanpa senjata.

So be yourself, but play with the rules.

Kedua, niat, kesungguhan dan kerja keras bakal terbayar. Do our best!

Desmond berhasil melakukan hal yang orang lain pikir nggak akan mungkin dilakukan, yaitu menjadi prajurit, membela bangsa, menyelamatkan banyak nyawa, dan berjuang di medan laga TANPA SENJATA.

Nggak masuk akal?

desmond doss perang

Jadi bergini, ceritanya. Walaupun menolak memegang senjata dan memang nggak belajar memegang senjata, Desmond jago di pelatihan lain yang penting dalam peperangan. Seperti ketahanan fisik dan kegesitan. Bahkan, ia berusaha ekstra keras dibanding yang lain. Sebagai prajurit bagian medis, Desmon juga belajar dengan sungguh-sungguh.

Di medan perang, ia berjuang dengan sepenuh hati. Niatnya tulus untuk menyelamatkan nyawa. Alhasil, si prajurit tanpa senjata ini benar-benar dapat diandalkan, bahkan di pertempuran Hacksaw Ridge—yang menjadi judul film—Desmond lah pahlawan yang menyelamatkan banyak nyawa. Ups, spoiler much?! Hehehehe…

Di sisi lain, ini menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan kesungguhan kita bisa mengatasi kekurangan.

Mungkin Desmond “kurang” dalam masalah senjata. Dalam artian dia nggak punya senjata buat membela diri. Namun, ia bisa mengatasi hal tersebut dengan taktik dan usaha kerasnya.

Setuju?

desmond doss

Desmond Doss yang asli.

(sumber gambar: screenrant.com, archtecturaldigest.com, joworld.blogspot.com, adventistreview.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1