Disiplin Belajar Bahasa Asing dengan Duolingo

Gaes, tahukah kamu kalau saat ini menguasai bahasa asing adalah salah satu skill yang penting dimiliki? Jangan berpuas diri dulu dengan bahasa Inggris yang udah cas-cis-cus karena saat ini semakin banyak peluang kerja dan beasiswa yang menjadikan kemampuan bahasa asing (selain bahasa Inggris) menjadi salah satu pertimbangan.

Tapi nggak perlu resah dan gelisah, karena ada website oke yang bisa kamu pakai untuk belajar berbagai macam bahasa asing: Duolingo.

Yuk ah, langsung browsing ke "tkp", www.duolingo.com

Langsung klik aja 'Get Started' untuk memulainya. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini.

Di sini kamu bisa milih bahasa apa yang ingin kamu pelajari. Ada 20 bahasa yang bisa kamu piliih gaes. Saya memilih German alias bahasa Jerman. Seperti yang kalian bisa lihat, ada 31,5 juta akun yang belajar bahasa Jerman.

Setelah itu, kamu bakal diminta untuk memilih daily goal. Ini nih salah satu fitur yang saya suka dari Duolingo. Situs ini mengajarkan kita untuk memasang goal serta bekomitmen dengan target harian tersebut.

Kamu pun bakal diminta untuk tes. Ada dua pilihan tes yaitu basic test dan placement test. Kalau kamu udah pernah dikit-dikit belajar bahasa Jerman, kamu bisa aja coba milih placement test. Untuk yang ingin belajar dari awal banget klik option 'Basics'.

Pada dasarnya kamu nggak harus bikin akun terlebih dahulu untuk menggunakan Duolingo. Hanya saja, kalau kamu bikin akun, kemajuan kamu dalam belajar akan tersimpan dengan rapi. Selain itu kamu bisa mendapatkan email notification sebagai pengingat kalau kamu lupa (atau malas) belum lanjutin kursus bahasa online tersebut.

Duolingo sebenarnya sudah ada dalam versi apps untuk smartphone, gaes. Sayangnya di hape baru dikembangkan untuk belajar bahasa Inggris. Kalau penasaran, kamu bisa download aplikasinya di Play Store.

Saya mengenal Duolingo sekitar setahun silam. Sejauh ini, saya mengambil course German, Spanyol, Perancis, dan satu lagi Esperanto. Borong semua!

Yang menarik dari Duolingo menurut saya adalah fitur progress report alias penilaiannya. Karena Duolingo sudah menyimpan data daily goal penggunanya, maka mereka akan dinilai berdasarkan target harian tersebut.

Misalnya nih, kamu udah netapin daily goal 10 menit per hari. Kalau dalam hitungan waktu tertentu kamu udah lama nggak buka Duolingo dan nggak lanjutin lagi pelajarannya, maka indikator progress atau kemajuan kamu dalam belajar akan berkurang untuk setiap pokok bahasan. Kamu akan lupa/kurang menguasai pelajaran, karena sudah lama absen.

Saya sendiri udah lama nggak buka Spanish course sehingga progress-nya sampe turun banget ke angka nol. Sadis?

Faktanya, memang ternyata saya juga udah lupa semua sama materi bahasa Spanyol yang udah saya pelajari di Duolingo. Saya pun harus belajar kembali dari awal.

Menurut saya, sistem yang diberlakukan Duolingo ini keren banget. Itu membuat kita jadi lebih disiplin belajar. Terutama buat orang-orang kayak saya yang suka "skip"  hehehe.

Tapi menurut saya ada yang kurang dari Duolingo. Duolingo belum punya fitur video chat yang memungkinkan kita berbicara langsung dengan native speaker. Sejauh ini semua pembelajaran yang ada di Duolingo ini sifatnya adalah penjelasan singkat berupa teks dan dilanjut dengan mini test. Agak monoton, sih. Mungkin kalau ditambah fitur video chat, Duolingo lebih mantap lagi karena kita bisa langsung berlatih bicara dan berkomunikasi dalam bahasa asing.

Walau demikian, menurut saya Duolingo adalah website yang harus kamu coba kalau kamu mau belajar bahasa asing.

(sumber gambar : manrepeller.com, duolingo.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1