Menu

Aplikasi Google yang Bermanfaat dan Wajib Kamu Ketahui

Istilah “Mbah Google” udah jadi makanan sehari-hari di kalangan anak muda Indonesia. Soalnya, kalau mendengar kata Google, pikiran kita langsung melayang ke mesin pencarian internet yang bisa ngasih jawaban apapun. Tinggal ketik kata atau kalimat yang kamu pengen tahu lebih jelas, maka Google bakal langsung menampilkannya. Jadinya, memang kayak “Mbah” yang bisa kita tanya apa aja.

Tapi tahu nggak, sih, kalau Google bukan cuma punya “Mbah” yang bisa membantu kamu mencari ini itu. Beberapa aplikasi Google–yang seringkali sudah terinstal langsung di beberapa smartphone, tablet dan notebook–malah sering diacuhkan. Padahal, sistem integrasinya lumayan memberi kemudahan, lho. Yuk, kita cek beberapa aplikasi Google yang bermanfaat dan wajib kamu ketahui.

Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan yang diluncurkan Google sejak tahun 2012. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs. Intinya, layanan ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan gratis hingga 15 GB. Kalau kamu menyimpan files di Google Drive, kamu bisa mengaksesnya dari manapun dan bisa dengan mudah mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, atau meninggalkan komentar pada files tersebut. Jdi nggak takut gampang kehilangan files, deh!

Google Mail (Gmail)

Kayaknya zaman sekarang, hampir semua komunikasi dan layanan apapun menggunakan email ya, gaes. Komunikasi sama dosen, daftar media sosial, sampai mau jadi anggota toko online, semua butuh email. Makanya, nggak heran kalau anak muda harus selalu terhubung sama email mereka.

Nah, Gmail adalah aplikasi email yang mudah digunakan untuk menghemat waktu. Langsung terima pesan lewat notifikasi push di gadgets, kita bisa langsung baca dan jawab email secara online maupun offline. Mau cari email penting juga tinggal ketik di kolom search aja.

Google Map

Google Map adalah aplikasi resmi yang bisa diandalkan buat navigasi GPS, lalu lintas, transportasi umum, serta detil tentang banyak tempat. Google Maps juga bisa menunjukkan jam-jam sibuk yang bikin jalanan macet secara real-time. Nggak harus online, kamu bisa melihat lokasi suatu tempat dan keadaan sekitarnya secara offline juga, lho. Saya sendiri sering banget menyusun itinerary jalan-jalan pakai Google Map. Soalnya, saya bisa lihat jarak tempuh lokasi A ke lokasi B, restaurant terdekat, tempat wisata, atau hotel tempat menginap.

Google Earth

Pengen ngeliat bangunan asli di London atau Paris? Nah, kamu bisa ngeliat sebuah tempat secara 3D lewat Google Earth. Amati langsung suasana di sebuah tempat dengan Street View. Bahkan, Google telah bekerja sama dengan Sesame Street, BBC Earth, NASA, dan lainnya supaya kita juga bisa melihat tempat-tempat yang mereka kunjungi. Jadi kayak beneran ada di tempat tersebut, gaes!

Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang cepat, mudah digunakan, dan aman. Dirancang untuk berbagai platform, Chrome memberikan artikel berita yang dipersonalisasi, maksudnya, kamu jadi bisa dapat link yang lebih akurat tentang apa yang kamu cari. Katanya, sih, Chrome diklaim menghemat penggunaan quota internet sampai 60% dengan fitur kompresi teks, gambar, video, dan situs tanpa menurunkan kualitasnya.

***

Oh iya, buat kamu yang pengen lebih mudah menggunakan ekosistem Google, Acer punya notebook kece yaitu Chromebook 11 yang batrenya tahan sampai 10 jam!

acer

Sebagian besar Chromebook jarang dilirik karena cuma memiliki spesifikasi sederhana dan desain hambar. Tapi, Acer ingin mengubah citra tersebut melalui jajaran Acer Chromebook 11 (CB311-8HT/CB311-8H) terbarunya. Dirilis dalam perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2018 di Las Vegas, Acer Chromebook 11 versi terbaru ini menawarkan kinerja luar biasa untuk aktivitas sehari-hari, serta didesain menarik dengan pilihan layar sentuh dan layar biasa.

Chromebook mudah digunakan dan ideal untuk dibagikan ke beberapa pengguna. Cukup masuk ke akun Google, kamu bisa mengakses Gmail, Google Document, aplikasi, ektensi, bookmark, dan lainnya. Selain itu, OS Chrome juga menyediakan sistem keamanan tambahan di mana dapat diperbaharui secara otomatis untuk mencegah berbagai ancaman online yang terus berubah.

Makin mudah dalam menjelajah dunia maya kan, gaes! Yuk, optimalkan aplikasi Google dengan Chromebook 11 dari Acer!

(sumber gambar: youtube.com, acerid.com)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 5 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 9 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 16 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©