Menu

7 Tempat Makan di Solo yang Asik, Terjangkau, dan Instagramable

Nggak kalah dengan kota-kota besar lain di Indonesia, Solo juga punya banyak tempat makan yang asik dan kece, lho. Dari sekian banyak kafe dan restoran yang ada, saya pilihkan tujuh favorit saya. Tempat-tempat ini juga merupakan tempat tongkrongan anak muda yang populer di Solo, karena rasa hidangannya enak, harganya terjangkau, tempatnya asik dan keren buat foto-foto. Langsung, deh, minta akses wi-fi di sana (nge-hemat, sob!), trus cusss… update Path, Instagram, sampai Snapchat!

1. Cafe Tiga Tjeret

youthmanual kuliner solo

Menu: Wedangan alias jajanan khas Solo, berupa aneka gorengan (tempe, sosis, bothok, dan banyak lainnya) serta nasi kucing (nasi bungkus ukuran mini). Untuk minuman, yang jadi favorit antara lain, cokelat-jahe, kopi, dan kencur-jeruk-jahe. Pas banget buat yang kepengen icip-icip jajanan angkringan!     

Suasana: Setting Cafe Tiga Tjeret ini semi terbuka, dengan bangku-bangku kayu serta pencahayaan yang temaram. Pernak-pernik kafe ini—termasuk lampu-lampunya—terbuat dari barang-barang daur ulang, seperti botol plastik, sehingga menciptakan kesan kreatif sekaligus moderen. Tempat ini asik buat nongkrong santai malam hari bareng teman-teman. 

youthmanual - kuliner solo

Harga: Rp1,500 – Rp10,000-an. Traktir teman seangkatan pun berani kalau di sini, hahaha!
Lokasi: Jl. Ronggowarsito 97, Ngarsopuro, Solo
Instagram: @cafetigatjeretsolo

2. Xocolatl

youthmanual kuliner solo

Menu: Segala macam dessert, seperti aneka cake, éclair, plated desserts (dessert spesial kreasi Xocolatl dengan penyajian super kece), pastries, scone dan cokelat. Sebagai teman dessert, kamu bisa memesan kopi, teh, jus (biar lebih sehat!), atau favorit saya, hot / ice chocolate. Sugar rush!

Suasana: Dessert house yang baru soft opening akhir Desember lalu ini punya interior minimalis dengan dominasi warna hitam. Cantik dan elegan! Kayak aku! *cuih* Pas bingit, deh, buat ngemil-ngemil kece bareng teman atau loved ones. Ahey!

youthmanual kuliner solo

Harga: Rp10,000 – Rp30,000. Hampir setengah harga di coffee shop franchise. ‘Mayan, ‘kan?
Lokasi: Jl. Dr. Radjiman 374, Solo
Instagram: @xocolatl.solo

3. Mom Milk

youthmanual - kuliner solo

Menu: Menu paling khas di restoran ini adalah menu minumannya, yaitu susu dalam berbagai rasa seperti cookies, coffee, green tea, hazelnut, taro, bubblegum dan sebagainya. Untuk makanannya, sih, mereka menyediakan pilihan-pilihan yang sudah familiar banget, antara lain sosis, spaghetti, scramble egg, chicken steak, dan sapi lada hitam. Pas banget untuk sarapan atau ngemil-ngemil santai (yes, cemilan saya steak, HUAHAHAHAHA!)

Suasana: Dengan dinding grafiti, stiker pada kaca, serta detail-detail unik aliannya, konsep desain Mom Milk memang “anak muda banget”. Terbukti, tempat ini sering dipenuhi anak sekolah atau kuliah, terutama di malam minggu.

youthmanual - kuliner solo

Harga: Rp10,000–Rp35,000-an.
Lokasi: Manahan
Instagram: @mommilk_solo

4. EATernity

youthmanual - kuliner solo

Menu: Berbagai hidangan a la Amerika (burger), Eropa (pizza, pasta, dessert) dan Indonesia. Konsep menunya agak random, sih, tapi rasanya nggak mengecewakan!

Suasana: Tempatnya cukup luas dan nyaman, dengan desain bergaya semi-industrial. Servisnya juga menyenangkan. Cuma sayang, di sini nggak ada sofa, padahal kursi empuk adalah elemen cukup penting agar pengunjung betah nongkrong.

youthmanual - kuliner solo

Harga: Rp15,000 – Rp60,000-an (kecuali wagyu steak)
Lokasi: Jl. Ir. Soekarno 27, Solo Baru
Instagram: @eaternity_solo

5. Marakez Café

youthmanual - kuliner solo

Menu: Hidangan khas Timur Tengah, seperti nasi mandhi, nasi bukhari, shish touk (potongan daging, paprika merah, paprika hijau, dan bombay dihidangkan di sebuah tusukan seperti sate, disajikan dengan roti prata), dan sebagainya. Bagi yang nggak suka makanan Timur Tengah, no worries! Di sini ada menu makanan “netral”, kok, seperti ayam, club sandwich, dan spaghetti carbonara. Rasa dan porsi menu di sini mantap, gan!

Suasana: Ambience-nya homey dan sweet banget, terutama karena resto ini berlokasi di sebuah rumah bergaya oldies, lengkap dengan halaman yang luas. Kita bisa pilih duduk di dalam, teras atau sekitar halaman supaya suasana makannya tambah romantis. Agar nuansa “Timur Tengah”nya terjaga, pemilik Marakez Café ini memajang kutipan-kutipan dari berbagai sufi, sastrawan, dan tokoh Arab. Nice!

youthmanual  kuliner solo

Harga: Rp15,000 – Rp60,000-an
Lokasi: Jl. Untung Suropati No. 76
Instagram: @marakezcafe

6. Warung Orange

youthmanual - kuliner solo

Menu: Di sini, mereka menyajikan menu 3 in 1, yaitu hidangan Meksiko, Italia, dan Amerika di satu restoran. Menunya variatif–dari menu breakfast hingga menu dinner—dan unik, seperti chili con carne dan chicken cannelloni, yaitu potongan ayam yang diolah dengan tiga jenis keju, saus, dan dibungkus pasta. Plating-nya ciamik dan rasanya top! Tapiii, pembuatan hidangan di sini relatif lama, jadi mesti sabar, ya. #orangsabardisayangpacar

Suasana: Tempatnya nggak luas, tapi cozy. Banyak spot dan detail fotogenic di dalam dan di luar restoran berdinding bata ini.

youthmanual kuliner solo

Harga: Rp10,000 – Rp50,000 (kecuali steak)
Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon
Instagram: @warungorangesolo

7. The Halal Bro

youthmanual -kuliner solo

Menu: Wah, Solo nggak mau ketinggalan tren gyro a la street food New York City, sob. Sama seperti The Halal Guys yang asli di New York City, The Halal Bro menjual gyro, yaitu nasi basmati dengan potongan daging ayam, kambing, atau keduanya yang disajikan dengan potongan tortilla dan white sauce. Nggak cuma itu, The Halal Bro juga menyediakan tortilla sandwich, lasagna, burger dan beraneka minuman segar.

Suasana: Walau berada di pinggir jalan, gerai yang didominasi warna putih ini tetap nyaman dan kece. Saran saya, kalau berencana foto-foto dengan handphone, pakai yang flash-nya oke. Soalnya, tempat ini cuma buka dari sore (pukul 16.00) sampai malam, dan pencahayaan di gerai ini remang-remang.

youthmanual kuliner solo

Harga: Rp7,000-Rp30,000. Relatif lebih hemat dari tempat makan yang serupa (dengan rasa nggak jauh beda) di Jakarta.
Lokasi: Baturono, Pasar Kliwon
Instagram: @thehalalbro

(sumber gambar: Alwi, Twitter/@PetaWisataSolo, Nyicipkuliner.blogspot.com, Instagram/@xocolatl.solo, @mommilk_solo, @marietaeu, @marakezcafe, @solodelicious, @warungorangesolo, @eaternity_solo)


LATEST COMMENT
Yoga Satriya | 7 jam yang lalu

Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (UM) Alhamdulillah sudah terakreditasi A :) http://www.um.ac.id/page/akreditasi-prodi

Kampus Terbaik Jurusan Sastra Inggris dan Serba Serbi Jurusan Ini
Pelentt Piakk | 12 jam yang lalu

free endorsementt. bole cek IG ku ya guys..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
ades | 15 jam yang lalu

Ilmu komunikasi ui masuk rumpun ipa apa ips

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©