Menu

Tips Jadi Fashion Stylist Beken A La Ribka Budiman

Makin banyak brand fashion serta desainer muda yang terus bermunculan—seiring berkembangnya dunia fashion. Selain itu, pekerjaan di bidang ini juga mulai bervariasi dan semakin dilirik, lho. Salah satunya, pekerjaan sebagai seorang Fashion Stylist.

Saat ini, banyak orang yang semakin peduli dengan penampilan. Hal itu tentunya membuat pekerjaan sebagai Fashion Stylist semakin digandrungi.

Taukah kamu, apa aja yang dikerjakan oleh seorang Fashion Stylist? Nah, kalau belum, simak kisah Ribka Budiman tentang gimana cara dia menata busana untuk orang lain.

1. Sejak Kecil, Ribka Sudah Menyukai Dunia Fashion

Ribka Budiman O. Sugiharto adalah seorang Fashion Stylist asal Surabaya. Perempuan yang akrab disapa Ribka ini telah menekuni profesi ini selama tiga tahun.

Dari kecil, dia memang telah menyukai dunia fashion dan ingin menekuni pekerjaan di bidang itu. Hal itulah yang membuat dia memutuskan untuk menjadi seorang Fashion Stylist.

2. Pekerjaan Seorang Fashion Stylist Nggak Cuma Sekadar Mix And Match Outfit Aja, Lho

Menurut Ribka, pekerjaan utama seorang Fashion Stylist sebenarnya nggak cuma memadumadankan pakaian aja, lho, gaes. Seorang Fashion Stylist juga harus memerhatikan di mana dan pada saat apa pakaian tersebut akan dikenakan.

Ribka Budiman

Jadi, selain memadumadankan pakaian itu sendiri—seorang Fashion Stylist juga harus mampu memadumadankan anatara outfit dengan venue. Bakhan mereka pun turut memikirkan gaya rambut dan make up seperti apa yang cocok.

Selain itu, seorang Fashion Stylist juga harus kreatif dan tegas. Hah, kenapa emangnya?

Soalnya, saat melakukan sesi pemotretan, keadaan lokasi nggak selamanya sesuai dengan apa yang ada di bayangan, ‘kan? Sehingga, mereka harus pandai melakukan improvisasi terhadap dekorasi. Mereka juga harus mengingatkan fotografer ketika sesi pemotretan telah habis dan harus berganti dengan baju atau lokasi berikutnya.

Intinya, sebagai seorang Fashion Stylist harus memiliki suatu konsep yang detail untuk setiap projek yang dikerjakan.

3. Karakter Seseorang Juga Harus Diperhatikan Saat Melakukan Styling

Ada beberapa kategori dalam dunia Fashion Stylist—mulai dari selebriti stylistpersonal stylist, editorial stylist, hingga wedding stylist. Ribka sendiri memfokuskan diri sebagai wedding stylist—yang artinya mengurus penampilan sepasang calon mempelai.

Berbeda dengan lainnya, seorang wedding stylist harus menata penampilan dua orang sekaligus, lho, gaes. Selain gaun, make up dan venuewedding stylist juga harus memerhatikan karakter dari masing-masing pasangan dan jiwa mereka.

Jadi, gaun sebagus apa pun atau jas semahal apa pun, nggak akan terlihat bagus jika nggak cocok dengan karakter pengantin.

4. Ribka Punya Cara Khusus Agar Klien Tampil Percaya Diri

Selera orang tentunya nggak selalu sama dengan selera Fashion Stylist-nya. Jadi, yang harus dilakukan (pertama kali) oleh seorang Fashion Stylist adalah memberikan edukasi tentang pekerjaannya dan mengharuskan kliennya percaya pada dirinya. Kenapa?

Soalnya, selain dari segi baju, seorang Fashion Stylist juga harus memerhatikan bentuk tubuh dan dari karakter orang tersebut. Nah, Ribka pun mempunyai cara khusus agar kliennya percaya diri saat mengenakan pakaian pilihannya.

Dia selalu memperlihatkan hasil fotonya tersebut ke kliennya dan menyuruh kliennya sendiri untuk menilai. Apakah baju yang dikenakannya terlihat bagus atau tidak. Dan lain sebaginya.

Jadi, meski nggak biasa mengenakan pakaian tertentu, Ribka berusaha meyakinkan kliennya bahwa mereka terlihat memesona dengan outfit tersebut.

5. Ribka Sangat Bangga Bisa Styling Seorang Kahiyang, Sang Putri Presiden

Pengalaman yang paling berkesan bagi Ribka adalah saat dirinya mendapat kesempatan untuk menata gaya dari putri Presiden Indonesia, Kahiyang Ayu. Tepatnya di Bulan September lalu, saat Kahiyang Ayu melakukan pre-wedding.

Pre Wedding Kahiyang dan Bobi

"Awal bertemu ya agak canggung dan sedikit gugup karena harus bertemu dengan anak presiden. Namun setelah ngobrol, Mbak Kahiyang baik banget. Jadi, kayak ngobrol sama teman sendiri. Proses pemotretan pun jadi nggak tegang dan berjalan lancar," ujar Ribka.

Hal itu juga yang menjadi achievement terbesar bagi perempuan lulusan Univeristas Kristen Petra ini, lho.

6. Tips Buat Kamu Yang Ingin Jadi Fashion Stylist Ala Ribka

Bagi Ribka, memiliki kecintaan terhadap fashion dan selalu update tentang tren fashion menjadi kunci kesuksesan dari seorang Fashion Stylist, lho. Gimana caranya? Gampang banget, gaes.

Kamu bisa mulai dari membaca majalah-majalah fashion atau mengikuti perhelatan fashion week. Selain itu, kamu juga harus mengetahui outfit yang pas dengan postur tubuh seseorang.

Jika kamu memiliki style yang menonjol (di antara teman-temanmu) dan sering memberikan masukan tentang style yang cocok untuk mereka, bisa jadi kamu sudah memiliki bakat menjadi Fashion Stylist.

7. Apa Pun Impianmu, Teruslah Berusaha Dan Jangan Pernah Berhenti Melangkah

Menurut Ribka, hal yang paling utama adalah jangan pernah berhenti mencoba.

"Dulu aku juga pernah berada di posisi bawah. Agar aku bisa mencapai impianku ini, setiap hari aku selalu mengirimkan minimal 20 email dalam sehari pada setiap vendor wedding. Dalam email tersebut aku menanyakan apakah mereka sedang membutuhkan seorang stylist atau tidak. Aku nggak peduli mau dibalas atau tidak—yang penting aku harus mencoba dulu," ungkap Ribka.

Dalam bidang apa pun impianmu, selama kamu mau berusaha dan nggak patah semangat, Ribya yakin, Tuhan pasti akan memberikan jalan untukmu. Karena banyak sekali orang yang ingin meraih impiannya, tapi nggak pernah berani melangkah.

Nggak masalah jika di jalan nanti kamu akan terjatuh di lima lubang sekaligus. Pada akhirnya kamu akan tahu di lubang mana kamu akan survive. Jika kamu nggak pernah mencoba, kamu pasti nggak akan pernah tahu kan kapan kesuksesan itu akan datang, ‘kan?

Jadi lakukanlah mulai dari sekarang dan jangan sampai menyesal, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: womanblitz.com, stylo.gird.id, memecomic.id)

 

LATEST COMMENT
Tiara | 10 menit yang lalu

Min, jadi kalo kita keterima di snmptn, tapi berniat mencoba sbmptn dan mundur dari pilihan snmptn, apa tetep gak bisa diajukan min?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Tisam Ali | 1 jam yang lalu

Hai Aldi. Ya, ini dari sumber resmi. Bisa saja ada perubahan/pergeseran jadwal. Selama beberapa tahun terakhir, beberapa kali terjadi pergeseran jadwal. Misalnya, batas akhir pendaftaran SBMPTN. Namun, biasanya akan diumumkan bila ada perubahan. Update terus informasinya, ya!

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
alfa media | 8 jam yang lalu

lombok nusa tenggara barat min bukan nusa tenggara timur

15 Kata Unik Yang Ternyata Ada di KBBI
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©