Menu

Profesiku : Staf Administrasi, Ossi Fajria

Dalam seri profesiku kamu bisa berkenalan dengan suatu profesi melalui cerita senior yang menekuninya. Kali ini yuk kenalan dengan profesi Staf Administrasi bersama Ossi Fajria

Ossi Fajria adalah Staf Administrasi di Fakultas HukumUniversitas Esa Unggul‍. Ossi merupakan lulusan MatematikaUniversitas Andalas angkatan 2012. Yuk cari tahu apa yang dikerjakan Ossi sebagai Staf Administrasi.

Profesiku:

"Staf Administrasi di Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul."

Tugasku sehari-hari:

"Yang pasti adalah tugas pengarsipan surat masuk dan surat keluar. Saya juga bertugas untuk membuat surat pengantar fakultas jika ada mahasiswa yang perlu berurusan dengan institusi lain. Terus, di musim menjelang wisuda, saya yang mengatur jadwal sidang skripsi. Kalau terkait kebutuhan dosen, saya bertugas dalam mengurus nomor induk dosen, perubahan status dosen (dari honorer ke tetap), dan bertanggungjawab dalam pengumpulan serta pengarsipan soal ujian.

Modal yang dibutuhkan:

"Pastinya harus siap mental, karena dituntut untuk bisa melakukan semuanya, termasuk jadi teknisi kalau komputer tiba-tiba error. Kemampuan berbicara juga perlu, terutama ketika berhadapan langsung dengan dosen dan mahasiswa."

Pengalaman paling berkesan:

"pengalaman paling berkesan adalah ketika komputer saya hilang di kantor. Saya pun harus bolak-balik berurusan ke kantor polisi untuk mengurusnya."

Tantangan terbesar :

"Tantangannya adalah harus bisa memberikan ketegasan kepada mahasiswa, karena kita punya prosedur yang harus diikuti. Nggak bisa asal-asalan atau dadakan (untuk membuat surat dan keperluan administrasi lainnya). Sering juga ada pengalihan tanggung jawab, artinya yang mestinya dikerjakan dosen, malah kita yang mengerjakan."

Jenjang karir :

"Kalau jenjang karir sebenarnya nggak ada, yang ada adalah pemindahan ke biro-biro lain. Ini juga tergantung dari kinerjanya."

Tips untuk anak muda yang ingin menekuni profesi ini :

"Sebagai staf administrasi, harus bisa mengerti semua prosedur yang ada, harus teliti dan detail terutama terkait pengarsipan surat, dan harus sabar menghadapi permintaan dosen dan mahasiswa yang mendadak atau nggak sesuai prosedur."

(sumber gambar : staffleasing-pro.com, Dok. Pribadi Ossi Fajria)

LATEST COMMENT
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Tambahan: Bisa juga dalam bentuk rasio. Misal DT2018 jumlahnya 10, peminat 2018 ada 1.000. Rasionya 10:1.000 atau 1:100 yang bisa diartikan 1 kursi dalam prodi di PTN tersebut diperebutkan oleh 100 orang

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Just adulting: (Sal) | 7 jam yang lalu

Keketatan itu perhitungan Daya Tampung 2018 dibagi Peminat 2018 dan dikali 100, hasilnya dalam bentuk persen. Semakin kecil persentase keketatan berarti semakin sulit masuknya sekalipun DT-nya banyak karna peminatnya sudah pasti banyak, begitu sebaliknya

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Johan adham p | 9 jam yang lalu

Apakah memungkinkan kalo jurusan ipa masuk hi tapi ke univ swasta?

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Dela Amelianta Ginting | 11 jam yang lalu

Kak maksud tingkat keketatan itu yg gimana ya, apa harus ambil tingkat keketatan yg tinggi biar peluang lulus besar?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©