Menu

Profesiku: Programmer Komputer, Billy Saputra Lombu

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi Programmer Komputer, bersama Billy Saputra Lombu!

Billy Saputra Lombu atau yang biasa disapa Billy adalah seorang Programmer Komputer‍ yang bekerja di PT. Maybank Finance Indonesia sejak enam bulan yang lalu. Billy adalah lulusan Universitas Gunadarma‍ jurusan Teknik Informatika‍ tahun 2015. Sekarang, Billy sudah menjabat sebagai IT Junior Supervisor di perusahaan tempatnya bekerja, lho. Keren!

Profesiku:

"Programmer di PT. Maybank Finance Indonesia. Saya membuat aplikasi mobile hybrid menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan dikonversi menjadi aplikasi android."

Tugasku sehari-hari:

"Tugas saya di kantor adalah membuat suatu aplikasi komersil berbasis web yang akan di konversi menjadi aplikasi mobile. Tentunya nggak sembarangan, karena sebelumnya aplikasi ini diminta khusus dan telah diberikan gambaran oleh atasan saya.

Lalu, saya juga melakukan pengembangan, perbaikan dan maintenance rutin jika terdapat kesalahan atas aplikasi yang sudah saya buat."

1

"Modal" yang dibutuhkan untuk menjalani profesi ini:

"Pastinya yang nomor satu harus punya personal computer sendiri, ya. Kalau nggak punya, mau kerja pakai apa? Hahaha.

Lalu, kamu juga harus memiliki penguasaan yang mumpuni mengenai konsep dan bahasa pemrograman tertentu. Beda program, tentu beda pula bahasa pemrogramannya. Nah, karena saya membuat program untuk aplikasi android, saya tentunya harus menguasai bahasa pemrograman PHP. Semua tergantung apa pun jenis aplikasi atau program yang akan kamu buat.

Terakhir dan yang nggak kalah penting adalah kemampuan berpikir secara logis dan terstruktur untuk membuat alur program yang baik, serta jiwa seni yang jempolan untuk dapat menciptakan desain aplikasi yang user friendly dan tampilan yang menarik.

Oh, sama kopi, biar kuat melek di depan layar komputer berjam-jam! Hahaha."

Tahap untuk mencapai posisi ini:

"Sebelum saya menjabat sebagai IT Junior Supervisor di perusahaan tempat saya bekerja sekarang, dulu saya sempat bekerja di bidang serupa selama 1 tahun 2 bulan sebagai Java Developer pada salah satu perusahaan vendor IT.

Selama bekerja pada perusahaan lama, saya "nyambil" belajar konsep pemrograman android dan membantu membuat apikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan modal tersebut, saya pindah kerja dan karier sebagai Programmer, khususnya dalam aplikasi mobile dengan jabatan IT Junior Supervisor."

Hal yang disukai dari profesi ini:

"Saya merasa senang ketika saya bisa menemukan solusi ketika terjadi error pada program, membuat alur dan tampilan aplikasi menjadi lebih baik, dan tentunya sangat terkesan saat melihat orang yang menggunakan aplikasi buatan saya. Rasanya seperti berhasil mencapai suatu accomplishment!"

Apa, sih, kendala dan hal yang paling menantang dalam profesi ini?

"Kendala yang sering saya temui adalah ketika aplikasi yang saya yakini sudah dapat berjalan dengan baik ternyata masih terdapat kesalahan. Kesalahan-kesalahan yang nggak terduga seperti ini bikin saya deg-degan, hehehe. Ketika berasa dalam situasi seperti ini, yang pertama saya lakukan adalah tetap tenang. Setelah itu barulah saya coba analisa dari awal alur program untuk menemukan akar kesalahan.

Lalu, ada juga ketika saya mendapat permintaan dari pengguna yang membuat aplikasi saya berubah alur atau berubah tampilan secara drastis. Biasanya saya bakal kongkalikong (tawar menawar) dengan pengguna undtuk mendapatkan jalan tengahnya.

Kalau soal tantangan, sih, lebih ke penguasaan bahasa atau konsep pemrograman baru, kali, ya? Tapi, untuk mengakalinya, saya biasa menggunakan cara klasik yang saya yakin mayoritas programmer masih menggunakan cara ini, yaitu menggunakan mesin pencari seperti Google untuk melakukan eksplorasi."

2

Miskonsepsi umum tentang profesi ini:

"Banyak yang mengira Programmer (atau orang-orang yang bekerja di bidang IT) itu jago melakukan apa aja yang berhubungan dengan komputer. Bahkan saya pernah ditanya bagaimana cara print hasil sablon kaos!

Padahal sebenarnya dunia per-IT-an itu luas banget. Contohnya, saya Programmer, tapi belum tentu bisa memperbaiki laptop yang rusak, dan saya juga belum tentu bisa membuat desain grafis yang baik. IT mempunyai banyak sekali "cabang", bahkan untuk Programmer sendiri mempunyai spesialisasi yang berbeda beda."

Kasih tips, dong, untuk anak-anak muda yang ingin bekerja di profesi ini:

"Kejarlah ilmu setinggi-tinginya! Hahaha.

Soalnya, menurut saya, peran pendidikan formal bakalan membantu banget dalam pembentukan pola pikir sebagai sebagai seorang tenaga IT. Tapi, yang terpenting adalah kamu harus mempunyai rasa ingin tahu yang besar akan perkembangan dunia teknologi informasi terkini, karena teknologi informasi berkembang begitu cepat.

Saran saya, jangan takut dan ragu untuk mulai merealisasikan ide-ide apa pun yang ada dalam benak kamu. Dengan begitu, kemampuan kamu akan semakin terasah dan kamu akan semakin dekat dengan kesuksesan."

(sumber foto: dok. pribadi)

LATEST COMMENT
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 47 menit yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 3 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 7 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Masbro | 20 jam yang lalu

Terimakasih sudah mau berbagi info <a href="https://www.kampusajaib.com/2017/08/berkas-wajib-untuk-pelamar-bidikmisi.html">syarat kelengkapan berkas bidikmisi</a> kak,

Syarat Kelengkapan Dokumen dan Berkas SBMPTN, SNMPTN, Bidikmisi, Serta Ujian Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©