Profesiku: Pilot, Richard Clausen

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi pilot bersama Richard Clausen!

Richard Clausen adalah salah seorang Pilot, Kopilot dan Ahli Penerbangan ‍di salah satu maskapai komersial kelas dunia, Cathay Pacific. Richard sudah bekerja di industri penerbangan selama 20 tahun dan bekerja bersama Cathay Pacific selama 10 tahun terakhir. Dalam sebuah video resmi yang ditayangkan vimeo.com, “A Day in the Life of a Pilot”, Richard bercerita tentang profesinya sebagai pilot pesawat Airbus.

Profesiku:

Senior First Officer atau Pilot di Cathay Pacific Airlines di Hong Kong”

Tugasku sehari-hari:

* Biasanya, Richard bersiap-siap tiga jam sebelum jadwal terbangnya. Dari rumah, Richard bisa melihat rute informasi terbang di komputer pribadi, lalu mendownload dokumen persiapan yang dibutuhkan.

* Richard juga memastikan bahwa cuaca di rute terbangnya hari itu cukup aman. Kalaupun cuacanya lagi kurang mendukung, paling nggak Richard merasa sudah lebih siap.

* Dua jam sebelum jadwal terbangnya, Richard berangkat dari tempat tinggalnya ke kantor, alias markas Cathay Pacific. Begitu sampai di kantor, Richard bakal melihat siapa yang akan menjadi tim terbangnya hari ini. Menurut Richard, siapapun yang akan ditempatkan bersamanya di tim terbang, orang yang baru Richard kenal sekalipun, nggak akan jadi masalah. Soalnya, sistem di Cathay Pacific sudah terintergrasi, sehingga semua staf sudah paham Standar Operating Procedure (SOP) untuk terbang bersama.

* Setelah itu, Richard bakal ketemu crew members lain untuk pre-flight briefing di dispatch table. Di sini, Richard akan mendiskusikan cuaca, termasuk rute alternatif kalau ternyata rute yang mereka tempuh mengalami kendala, dan lain sebagainya.

* Setelah pre-flight briefing, Richard akan menuju pesawat dan melakukan pengecekan keseluruhan fungsi pesawat, sebelum benar-benar terbang. Setelah semuanya beres, pilot akan memerintahkan cabin crew untuk menutup pintu pesawat dan siap terbang.

Hal yang disukai selama menjalani profesi pilot:

Richard mengaku suka banget sama pesawat terbang sejak kecil. Menurut Richard, selain bisa menerbangkan pesawat, hal yang paling disukainya adalah hal-hal baru yang ia temui setiap hari. Seorang pilot bisa ketemu tim baru, rute baru, kondisi baru, dan tentunya penumpang yang berbeda-beda setiap hari. Apalagi, jadwal penerbangan komersial ada banyak banget setiap harinya.

Kendala yang dihadapi selama menjalani profesi pilot:

Tanggung jawab pilot sangatlah besar, karena kita harus melakukan segala sesuatu dengan tepat di waktu yang tepat juga. Bayangkan, keselamatan ratusan penumpang ada di tangan kita, lho!

Tips untuk anak muda yang mau menekuni profesi pilot:

Richard selalu membawa peralatan renang kemana-mana. Richard berenang kapanpun dia sempat, untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Buat Richard, tubuh yang fit membuat pikiran dan jiwanya jadi kuat. Hal tersebut sangat dibutuhkan seorang pilot.

Selain itu, Richard juga sering melakukan tindakan kecil untuk penumpang yang punya kondisi khusus. Misalnya, Richard pernah mendapat laporan bahwa di penerbangannya hari itu, ada anak kecil yang sedang demam. Dia menyempatkan diri menelpon temannya, seorang dokter yang kebetulan sedang bertugas di bandara, untuk naik ke pesawat dan memeriksa kondisi anak tersebut secara umum. Hal ini dilakukan agar penerbangannya bisa berjalan dengan aman.

Hal-hal kayak gini harus banget dimiliki seorang pilot, ya!

(sumber gambar: cathaypacific.com, vimeo.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1