Menu

Profesiku: Fundraiser/Membership Operations Coordinator, Ginanjar Adhi Priatna

Dalam seri Profesiku, kamu bisa berkenalan dengan profesi-profesi melalui cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi Fundraiser Coordinator bersama Ginanjar Adhi Priatna.

Ginanjar Adhi Priatna bekerja sebagai Fundraiser (penggalang dana)/Membership Operations Coordinator di The Nature Conservancy, suatu NGO yang bergerak dalam pelestarian lingkungan. Adhi lulus dari STIE Swadaya Jakarta, jurusan Akuntansi‍, angkatan 2002.

Profesiku:

"Fundraiser / Membership Operations Coordinator di The Nature Conservancy."

Tugas sehari-hariku:

"Tugas sehari-hari saya adalah memberikan pelatihan dan motivasi untuk tim fundraiser (penggalang dana) di sebuah perusahaan NGO.

Ini adalah pekerjaan yang menarik, karena saya jadi bisa berbagi pengalaman kepada teman-teman fundraiser yang lain tentang hal-hal yang pernah saya lakukan dulu ketika bekerja di lapangan, berbagi cerita suka dan duka berhadapan dengan masyarakat, dan ketika ditolak masyarakat ketika saya menyampaikan informasi. Saya juga harus menncari lokasi yang pas untuk tim fundraiser, agar mereka bisa memberikan sosialisasi dan penyadaran tentang pentingnya lingkungan hidup."

Modal yang perlu dimiliki untuk pekerjaan ini:

"Tidak harus punya skil yang luar biasa, sih. Mungkin salah satunya adalah komunikasi, tetapi itu bisa dilatih kok. Jadi nggak harus punya bakat luar biasa untuk berkomunikasi, yang penting punya kemauan untuk belajar."

Tangga karier untuk mencapai posisi kamu yang sekarang:

"Memang butuh waktu yang sangat panjang, kurang lebih lima tahun, untuk mencapai posisi saya sekarang. Apalagi latar belakang pendidikan saya adalah Akuntantasi bukan Komunikasi, jadi saya nggak mendapatkan ilmu dasarnya saat kuliah. Tetapi dengan ketekunan, akhirnya saya bisa sampai juga di posisi ini."

Hal-hal yang kamu sukai dari profesi ini:

"Hal yang disukai banyak sekali. Selain bisa ngobrol sama orang-orang yang baru kita kenal setiap hari, saya juga bisa memberikan informasi yang sebenernya bernilai bagi masyarakat banyak, namun belum dimengerti sebagian besar dari mereka. Karena perusahaan saya sekarang ini bergerak di bidang lingkungan, paling tidak saya bisa membantu menjadikan Indonesia hijau kembali."

Tantangan bekerja di profesi ini:

"Tantangannya adalah menghadapi penolakan dari masyarakat. Soalnya siapa, sih, yang mau ditolak, hehehe..."

Tips untuk anak-anak muda yang mau bekerja di profesi kamu:

"Harus mau belajar hal yang baru, walaupun mungkin tidak sesuai dengan bidang pendidikan kamu. Dan kalau kamu mau menekuni suatu bidang, belajarnya jangan setengah-setengah, karena apapun profesi yang kamu ambil nanti, pasti bisa kamu kuasai, asalkan tetap konsisten dan mau belajar."

(sumber gambar: Ginanjar Adhi Priatna)

LATEST COMMENT
M Dhiyaul Muafi | 1 hari yang lalu

kak nilai UTBK itu masuk ke persyaratan untuk masuk kuliah kah?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Gilang Gilang | 1 hari yang lalu

Kak terima hasil UTBK nya secara online??

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Alisha Dharmawan | 1 hari yang lalu

Maaf kak apa tahun ini ada peraturan bahwa bila memilih 2 ptn, salah satunya harus di satu provinsi?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©