Menu

Jurusanku: Sastra Korea Universitas Indonesia, Amelia Devi

Sebelum kalian membaca lebih lanjut, singkirkan dulu anggapan bahwa jurusan ini isinya cuma fangirl oppa-oppa Korea, atau hanya mempelajari soal drama Korea dan K-pop; karena itu salah besar. Amelia Devi atau yang biasa dipanggil Ami yang merupakan mahasiswa jurusan Sastra Korea di Universitas Indonesia sharing soal serba-serbi jurusan yang merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya ini.

Hint: it’s way more than just about K-Pop and K-Drama.

Jurusanku:

“Sastra Korea, atau kalau pakai nama resminya sih Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia.”

Alasan memilih jurusan ini:

“Dari SMA emang aku tertarik sama jurusan sastra atau yang berhubungan dengan bahasa gitu sih, meskipun bellum tau mau jurusan apa. Pas ngulik-ngulik lagi ternyata di UI ada jurusan Bahasa da Kebudayaan Korea. Karena aku ngerasa ini jurusan kayaknya paling pas dan emang tertarik sama apa yang dipelajari makanya langsung tancap gas aja tuh semangat masuk sini. Terlebih prospeknya bagus dan restu langsung turun dari ortu.”

Mata kuliah yang penting dan menarik di jurusan Sastra Korea:

“Kalo ditanya matkul penting sebenernya menurutku semuanya penting sih, hehe. Tapi mungkin yang paling utama itu mata kuliah Bahasa Korea kali ya, karena terbagi ke 6 semester. Sesuai sama nama jurusannya Bahasa dan Kebudayaan Korea, jurusanku ini nggak fokus ke bahasa aja tapi ke semua bidang gitu sih. Mata kuliahnya jadi ada macem-macem kayak sejarah sampe kesusastraan.

Kalo aku pribadi sih, yang paling menarik itu kalo udah belajar tentang kesusastraan, karena itu nanti terbagi juga ke kelas prosa, drama, dan puisi. Dan itu seru banget!

Banyak yang ngira jurusan Sastra Korea bakal belajar seputar Hallyu Wave aja. Dan ini juga yang bikin orang nganggep jurusan ini semua anak-anaknya adalah pecinta K-Pop padahal nggak.

Hal-hal yang dipelajari di jurusan ini nggak sebatas K-Pop dan K-Drama aja lho. Di sini kita juga belajar tentang hal lainnya seputar Korea kayak sejarah dari masa kerajaan atau karya sastra dari masa penjajahan. Pokoknya macem-macem semua tentang Korea dari masa lalu sampai masa kini, deh.”

Bentuk tugas dan ujian di jurusan ini:

“Nggak cuma bikin makalah aja sih, tugasnya ada yang mengarang cerita, bikin subtitle drama di kelas terjemahan, sampai bikin dubbing cerita rakyat pakai bahasa korea. Semuanya seru-seru banget sih kalo menurut aku.

Kalo ujian biasanya normal aja sih, ada ujian tulis sama take-home. Terus paling ditambah ujian lisan untuk kelas berbicara”

Peminatan/konsentrasi di jurusan Sastra Korea:

“Nggak ada sih.”

Pelajaran SMA yang mendukung perkuliahan:

“Waduh apa ya? Paling pelajaran SMA yang berguna di jurusan ini tuh Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris, mungkin. Kalo Bahasa Indonesia kayaknya nggak perlu dijelasin lagi kali ya namanya juga masuk jurusan bahasa. Nah, kalo Bahasa Inggris di sini tuh dibutuhin banget karena di jurusan aku materi kuliahnya kalo nggak Bahasa Korea ya pake Bahasa Inggris.”

Kemampuan dan karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan Sastra Korea:

“Karena semuanya diajarin dari awal banget, kayaknya untuk skill khusus yang dibutuhkan sih nggak ada. Mungkin lebih ke karakter kali ya, kalo mau jadi mahasiswa sastra apapun harus lebih rajin baca aja sih mungkin karena bakal ketemu tugas yang mengharuskan kamu untuk baca materi dengan baik dan benar.”

Prospek kerja jurusan Sastra Korea:

“Kayak yang udah aku bilang sebelumnya, prospek kerja di jurusan ini tuh banyak banget. Bisa jadi interpreter, translator, sampai kerja di perushaan-perusahaan Korea dan masih banyak lagi.”

Tips sukses menjalani kuliah di jurusan ini:

“Harus giat belajar terus dan jangan pernah patah semangat. Apalagi kalo kamu dari awal emang udah ngikutin passion pasti bakal oke-oke aja sih dan bisa survive. Mungkin dari sekarang belajar manajemen waktu aja karena bakal banyak banget kegiatan-kegiatan lainnya yang bakal kamu ikutin selain kuliah di kelas.”

***

Itu dia cerita dari Ami tentang jurusannya, Sastra Korea Universitas Indonesia. Mau jurusan kamu mejeng juga di jurnal Youthmanual kayak Ami? Yuk klik link ini dan bagikan cerita seru tentang jurusanmu kepada ribuan pembaca jurnal Youthmanual lainnya!

Baca juga:

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©