Menu

Jurusanku: Informatika Telkom University, Raihan Hamid Suraperwata

Dalam seri "Jurusanku" kali ini kamu bisa menelusuri jurusan kuliah Informatika lewat cerita mahasiswanya. Kali in, Raihan Hamid Suraperwata, mahasiswa prodi Informatika Telkom University  akan berbagi mengenai jurusannya.

Alumni MAN 19 Jakarta jurusan IPA ini merupakan mahasiswa yang aktif. Selain bergabung dengan kegiatan kampus, Raihan juga menjadi BukaFigur atau student brand ambassador Bukalapak. Simak cerita mahasiswa yang setelah lulus ingin berkarier sebagai AI Researcher ini, yuk!

Jurusanku:

“Jurusan Informatika dulunya disebut Teknik Informatika. Inti jurusan ini adalah mempelajari algoritma. Di sini kita belajar bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan algoritma. Umumnya, masalah tersebut diselesaikan menggunakan teknologi yang sedang berkembang.

Contoh sederhananya adalah perusahaan ojek online. Masalah awal pada contoh ini adalah hanya tersedia ojek konvensional yang hanya bisa dicari di tepi jalan atau pangkalan ojek. Nah, untuk mempermudah mengakses ojek, dikembangkanlah ojek online dengan menggunakan algoritma yang diterapkan dengan aplikasi mobile. Alhasil, sekarang kita bisa pesen ojek dari rumah, nggak perlu lagi cari-cari ke jalan atau pangkalan."

raihan mahasiswa telkom university

Alasan memilih jurusan ini:

“Aku pilih Informatika karena  meliat prospek kerjanya yang ini luas dan (lulusannya) akan sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Mata kuliah yang menurut aku penting itu Dasar Algoritma Pemrograman, Logika Matematika dan juga Implementasi Algoritma.

Di mata kuliah Dasar Algoritma Pemrograman, kita belajar dari dasar mengenai cara implementasi algoritma yang kita buat ke dalam bahasa pemrograman. Mata kuliah ini sangat penting, khususnya bagi mahasiswa yang asalnya bukan dari SMK seperti aku.

Kalau di mata kuliah Logika Matematika, kita belajar gimana cara menyusun algoritma yang baik. Nah, dalam kuliah Implementasi Algoritma, mahasiswa belajar untuk membuat sebuah program, programnya boleh website, aplikasi, atau teknologi keren lainnya

Mata kuliah yang paling aku suka adalah Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Di mata kuliah ini, kita belajar dasar untuk buat suatu program yang bisa melakukan kegiatan seperti kegiatan manusia. Contohnya, kita belajar membuat bot untuk membalas pesan singkat (chat) seperti yang dilakukan oleh customer service. Contoh lainnya adalah membuat program yang bisa menyeleksi pelamar ketika penerimaan pekerjaan.”

Tipe mahasiswa yang cocok masuk prodi Informatika:

“Kalau kita minat di bidang komputer, game development, web/app development, atau data science, jurusan ini cocok banget untuk mengembangkan minat tersebut.”

Mata pelajaran di SMA yang membantu perkuliahan:

“Matematika. Karena dalam pelajaran Matematika kita dibiasakan untuk teliti dan juga mengikuti langkah-langkah atau petunjuk yang ada untuk menemukan jawaban. Hal ini mirip dengan jurusan Informatika.

Berdasarkan cerita teman -teman yang berasal dari SMK (program teknik/teknologi), mereka sudah mempelajari dasar-dasar materi perkuliahan Informatika (sejak di bangku sekolah).Tapi anak SMA atau MA nggak perlu takut ketinggalan, soalnya di bangku kuliah benar-benar belajar dari awal.”

Peminatan/konsentrasi dalam program studi ini:

"Di Semester 6 akan ada peminatan yang dipilih mahasiswanya, dan pilihannya adalah:

  • ICM (Intelligents Computer Multimedia atau fokus Kecerdasan Buatan),
  • SIDE (System Information and Database Engineering)
  • Telematika (Jaringan)

Rencananya, aku akan ambil ICM karena tertarik dengan bidang kecerdasan buatan.”

Tugas dan ujian:

“Tugasnya relatif banyak, tapi nggak menyita waktu. Tugas yang diberikan sangat sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas, sehingga tidak terlalu sulit dan nggak lama mengerjakannya.

Waktu yang tersisa pun masih banyak, sehingga bisa diisi dengan kegiatan lain, seperti ikut UKM, mengerjakan project dari luar (luar kampus),  atau mengembangkan produk sendiri. Sementara untuk ujiannya ada yang tertulis dan ada juga yang ditugaskan membuat program.”

Peluang karier lulusannya:

"Rencananya, aku mengambil posisi AI Researcher di Bukalapak. Sekarang aku berkontribusi sebagai BukaFigur Bukalapak, yaitu student brand ambassador dari Bukalapak.

Kalau alumni jurusan Informatika di Tel-U sekarang sudah ada di mana-mana. Kebanyakan bekerja di startup seperti Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, dan start up lainnya. Mereka bekerja sebagai UI designer, UX designer, Android Development dan lainnya.”

Perbedaan program studi Informatika di Telkom University dengan prodi yang sama di kampus lain:

“Perbedaan jurusan Informatika di Tel-U dengan kebanyakan kampus lainnya adalah di sini kita di-support banget dalam hal pengembangan skill yang dibutuhkan di dunia kerja, mulai dari hard skills sampai soft skills. Dukungan pengembangan kemampuan tersebut bisa diperoleh dengan ikutan komunitas atau laboratorium Informatika yang difasilitasi fakultas.”

raihan juara lomba chatbot line

Miskonsepsi atau salah kaprah mengenai jurusan Informatika:

“Pandangan bahwa (lulusan) jurusan Informatika itu kerjaannya di depan komputer terus. Ini tidak sepenuhnya benar, karena bisa juga pekerjaannya mengobrol (berkomunikasi) dengan klien/user untuk mengembangkan sebuah produk.”

Prodi yang serupa dengan Informatika:

“Untuk prodi lain yang mirip dengan jurusan Informatika ada Teknologi Informasi dan juga Sistem Informasi. Perbedaan Informatika dengan Teknologi Informasi ada pada fokus pembelajarannya, Informatika fokus pada algoritma yang digunakan pada suatu teknologi, sementara Teknologi Informasi lebih fokus pada berbagai teknologi yang digunakan. Sedangkan prodi Sistem Informasi lebih fokus pada analisis dari teknologi yang dikembangkan. Nah, Informatika ini sama dengan Ilmu Komputer, hanya berbeda penyebutan (nama prodi) saja.”

Tantangan dalam menjalani kuliah prodi Informatika:

“Manajemen waktu untuk membagi prioritas antara kuliah atau kegiatan di luar akademik seperti proyek serta kegiatan pengembangan diri di luar kampus. Solusinya harus belajar manajemen waktu dengan cerdas.

Caraku membagi waktu adalah pagi sampai sore untuk kegiatan akademik, sedangkan malam untuk non akademik (kegiatan di luar perkuliahan). Saat ini, kegiatanku selain kuliah adalah ikutan Mobile Innovation laboratory, bergabung dalam Marketing Crew Telkom University, dan menjadi BukaFigur Bukalapak. Selain itu aku juga mengembangkan proyek aplikasi chatbot untuk menerapkan ilmu yang dipelajari di kampus.”

Tips untuk junior yang ingin menambil prodi ini

“Pelajari materi-materi tentang programming, bisa tentang website, aplikasi mobile, bot, security, atau bidang lain yang disukai.

Menurutku, cara belajar paling efektif itu dimulai dari lihat contoh program (milik) orang lain. Tentu saja melihatnya dengan izin terlebih dahulu, ya.”

Baca juga:

(Sumber gambar: Matan Segev from Pexels, dokumentasi pribadi)

LATEST COMMENT
Iss kom | 6 jam yang lalu

Kak bagaimana jika sudah mendaftar utbk, tapi tidak jadi ikut karena satu dan lain hal? Apakah ada konsekuensi?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

syaratnya sih sesuai dengan jalur yang ditempuh, seperti SBMPTN atau SNMPTN. tapi kalau poltekkes aku gak tau karna aku kuliah di universitas

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
mentari elisabeth | 8 jam yang lalu

materi fisikadiperlukan saat mempelajari pola respirasi manusia, dll. jd inget lg pelajaran waktu SMA

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
julie haryanie | 9 jam yang lalu

Kak, kalau peserta bidikmisi bisa mengikuti ujian berapa kali?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Tisam Ali | 1 hari yang lalu

Tidak Nurul :)

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©